AKPER PEMKOT TEGAL

Hidup adalah Proses Belajar dan Berjuang Tanpa Batas

MENGENAL LEBIH DEKAT PENYAKIT GBS

Posted by joe pada 07/08/2011

Melihat tayangan di TV One yang membahas tentang penyakit GBS (Guillain Barre Syndrome), saya jadi tertarik sekali untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa sih penyakit GBS itu yang katanya harga untuk pengobatan sehari bisa lebih dari 10 juta rupiah, belum termasuk  biaya perawatan, dimana pasien dirawat di ICU dengan menggunakan alat bantu pernafasan (ventilator)…wow harga yang cukup fantastis. Bak selebritis penyakit GBS ini rame diperbincangkan di dunia maya. Di situs jejaring social “Facebook”  muncul gerakan  SERIBU RUPIAH Peduli  penderita GBS.

 APA YANG DIMAKSUD PENYAKIT GBS ?

 Guillain Barre Syndrome (GBS) atau yang dikenal dengan Acute Inflammatory Idiopathic Polyneuropathy (AIIP) atau yang bisa juga disebut sebagai Acute Inflammatory Demyelinating Polyneuropathy (AIDP) adalah gangguan di mana sistem kekebalan tubuh menyerang bagian dari sistem saraf perifer. Gejala pertama dari gangguan ini meliputi berbagai tingkat sensasi kelemahan atau kesemutan di kaki. Dalam banyak kasus sensasi kelemahan dan abnormal menyebar ke lengan dan tubuh bagian atas. Gejala ini dapat meningkatkan intensitas sampai otot-otot tertentu tidak dapat digunakan sama sekali dan, bila berat, pasien hampir sepenuhnya lumpuh

 GBS adalah penyakit langka yang menyebabkan tubuh menjadi lemah kehilangan kepekaan yang biasanya dapat sembuh sempurna dalam hitungan minggu, bulan atau tahun. GBS mengambil nama dari dua Ilmuwan Perancis, Guillain (baca Gilan) dan Barré (baca Barre), yang menemukan dua orang prajurit perang di tahun 1916 yang mengidap kelumpuhan kemudian sembuh setelah menerima perawatan medis. Penyakit ini menjangkiti satu dari 40,000 orang tiap tahunnya. Bisa terjangkit di semua tingkatan usia mulai dari anak-anak sampai dewasa, jarang ditemukan pada manula. Lebih sering ditemukan pada kaum pria. Bukan penyakit turunan, tidak dapat menular lewat kelahiran, ternfeksi atau terjangkit dari orang lain yang mengidap GBS.

GEJALA

Gejala awal antara lain adalah: rasa seperti ditusuk-tusuk jarum diujung jari kaki atau tangan atau mati rasa di bagian tubuh tersebut. Kaki terasa berat dan kaku atau mengeras, lengan terasa lemah dan telapak tangan tidak bisa menggenggam erat atau memutar seusatu dengan baik (buka kunci, buka kaleng dll)

Gejala-gejala awal ini bisa hilang dalam tempo waktu beberapa minggu, penderita biasanya tidak merasa perlu perawatan atau susah menjelaskannya pada tim dokter untuk meminta perawatan lebih lanjut karena gejala-gejala akan hilang pada saat diperiksa.

Gejala tahap berikutnya disaaat mulai muncul kesulitan berarti, misalnya: kaki susah melangkah, lengan menjadi sakit lemah, dan kemudian dokter menemukan syaraf refleks lengan telah hilang fungsi.

PENYEBAB

Kondisi yang khas adalah adanya kelumpuhan yang simetris secara cepat yang terjadi pada ekstremitas yang pada banyak kasus sering disebabkan oleh infeksi viral. Tetapi dalam beberapa kasus juga terdapat data bahwa penyakit ini dapat disebabkan oleh adanya kelainan autoimun.
Penyebab yang pasti sampai saat ini belum diketahui. Tetapi pada banyak kasus sering disebabkan oleh infeksi viral. Virus yang paling sering menyebabkan penyakit ini adalah Cytomegalovirus (CMV), HIV, Measles dan Herpes Simplex Virus. Sedangkan untuk penyebab bakteri paling sering oleh Campylobacter jejuni.
Lebih dari 60% kasus mempunyai faktor predisposisi antara satu sampai beberapa minggu sebelum onset, antara lain :
- Peradangan saluran napas bagian atas
- Vaksinasi
- Diare
- Kelelahan
- Peradangan masa nifas
- Tindakan bedah
- Demam yang tidak terlalu tinggi

PERJALANAN PENYAKIT

 sistem kekebalan tubuh mulai menyerang tubuh sendiri, menyebabkan apa yang dikenal sebagai penyakit autoimun. Biasanya sel-sel sistem kekebalan tubuh hanya menyerang bahan asing dan menyerang organisme. Dalam sindrom Guillain-Barré, bagaimanapun, sistem kekebalan tubuh mulai menghancurkan selubung mielin yang mengelilingi akson dari saraf perifer banyak, atau bahkan akson sendiri (akson yang panjang, ekstensi tipis sel-sel saraf, mereka membawa sinyal saraf). Selubung mielin yang mengelilingi akson kecepatan sampai transmisi sinyal saraf dan memungkinkan transmisi sinyal jarak jauh.

Dalam penyakit di mana selubung myelin saraf perifer ‘terluka atau rusak, saraf tidak dapat mengirimkan sinyal efisien. Itulah mengapa otot mulai kehilangan kemampuan mereka untuk menanggapi, otak perintah perintah yang harus dilakukan melalui jaringan saraf. Otak juga menerima sinyal sensorik lebih sedikit dari seluruh tubuh, yang mengakibatkan ketidakmampuan untuk merasakan tekstur, sensasi panas, nyeri, dan lainnya. Bergantian, otak dapat menerima sinyal yang tidak tepat yang mengakibatkan kesemutan, “merangkak-kulit,” atau sensasi menyakitkan. Karena sinyal ke dan dari lengan dan kaki harus perjalanan jarak terpanjang mereka yang paling rentan terhadap gangguan. Oleh karena itu, kelemahan otot dan sensasi kesemutan biasanya pertama kali muncul di tangan dan kaki keatas kemajuan.

Ketika Guillain-Barre didahului oleh infeksi virus atau bakteri, adalah mungkin bahwa virus telah mengubah sifat sel-sel dalam sistem saraf sehingga sistem kekebalan tubuh memperlakukan mereka sebagai sel asing. Hal ini juga mungkin bahwa virus membuat sistem kekebalan tubuh sendiri kurang diskriminatif tentang apa sel yang mengakui sebagai sendiri, yang memungkinkan beberapa sel kekebalan tubuh, seperti beberapa jenis limfosit dan makrofag, untuk menyerang myelin. Limfosit T peka bekerja sama dengan limfosit B untuk memproduksi antibodi terhadap komponen selubung mielin dan dapat berkontribusi pada kerusakan myelin

PENEGAKAN DIAGNOSA

Diagnosa GBS didapat dari riwayat dan hasil test kesehatan baik secara fisik maupun test laboratorium. Dari riwayat penyakit, obat2an yang biasa diminum, pecandu alcohol, infeksi2 yang pernah diderita, gigitan kutu maka Dokter akan menyimpulkan apakah pasien masuk dalam daftar pasien GBS. Tidak lupa juga riwayat penyakit yang pernah diderita pasien maupun keluarga pasien misalnya diabetes mellitus, diet yang dilakukan, semuanya akan diteliti dengan seksama hingga dokter bisa membuat vonis apakah anda terkena GBS atau penyakit lainnya.

Pasien yang diduga mengidap GBS di haruskan melakukan test:
1. Darah lengkap
2. Lumbar Puncture
3. EMG (electromvogram)

Sesuai urutannya, test pertama akan dilakukan kemudian test ke dua apabila test pertama tidak terdeteksi adanya GBS, dan selanjutnya.

Tanda-tanda melemahnya syaraf akan nampak semakin parah dalam waktu 4 sampai 6 minggu. Beberapa pasien melemah dalam waktu relative singkat hingga pada titik lumpuh total dalam hitungan hari, tapi situasi ini amat langka.

Pasien kemudian memasuki tahap ‘tidak berdaya’ dalam beberapa hari. Pada masa ini biasanya pasien dianjurkan untuk ber-istirahat total di rumah sakit. Meskipun kondisi dalam keadaan lemah sangat dianjurkan pasien untuk selalu menggerakkan bagian-bagian tubuh yang terserang untuk menghindari kaku otot. Ahli Fisioterapy biasanya akan sangat dibutuhkan untuk melatih pasien dengan terapi-terapi khusus dan akan memberikan pengarahan-pengarahan kepada keluarga adan teman pasien cara-cara melatih pasien GBS.

PERAWATAN KHUSUS

Pasien biasanya akan melemah dalam waktu beberapa minggu, maka dari itu perawatan intensive sangat diperlukan di tahap-tahap dimana GBS mulai terdeteksi. Sesuai dengan tahap dan tingkat kelumpuihan pasien maka dokter akan menentukan apa pasien memerlukan perawatan di ruang ICU atau tidak.

Sekitar 25% pasien GBS akan mengalami kesulitan di:
1. Bernafas
2. Kemampuan menelan
3. Susah batuk

Dalam kondisi tersebut diatas, biasanya pasien akan diberikan bantuan alat ventilator untuk membantu pernafasan.

WAKTU PENYEMBUHAN

Setelah beberapa waktu, kondisi mati rasa akan berangsur membaik. Pasien harus tetap wapada karena hanya 80% pasien yang dapat sembuh total, tergantung parahnya pasien bisa berjalan dalam waktu hitungan minggu atau tahun. Namun statistic membuktikan bahwa rata-rata pasien akan membaik dalam waktu 3 sampai 6 bulan. Pasien parah akan menyisakan cacat dibagian yang terserang paling parah, perlu terapi yang cukup lama untuk mengembalikan fungsi-fungsi otot yang layu akibat GBS. Bisanya memakan waktu maksimal 4 tahun.

PENGOBATAN

Obat nya hanya ada 1 macam yaitu GAMAMUNE ( Imuno globuline ) yang harganya 4jt – 5 jt rupiah /botol biasanya obat ini diinfuskan kepasien dg jumlah yang dihitung dari berat badan. Penggunaan sehari bisa mencapai 4  5 botol.

PENCEGAHAN

Karena penyebab pasti GBS tidak dapat menunjuk, tidak ada cara yang diketahui untuk mencegahnya. Namun, penting untuk segera mencari perawatan  untuk setiap gejala kelemahan otot dan hilangnya refleks. Perawatan dini meningkatkan prospek untuk pemulihan.

About these ads

56 Tanggapan to “MENGENAL LEBIH DEKAT PENYAKIT GBS”

  1. isti said

    saat ini sya sdang kesemutan di tangan dan hampir 1jam masih kesemtan..saya tkut dok..itu pengaruh dari penykt GBS apa tdk?terima kasih

  2. iriyanti said

    saya mempunyai keponakan yang sekarang usianya 18tahun, waktu duduk di bangku kelas 2 smp, dia terinfeksi penyakit GBS dan di rawat di RS lebih dari 2 bln di ruang ICCu,,,walaupun saat keluar dari RS kondisinya masih lumpuh tapi karena rutin melakukan pengobatan dan terapi… allhamdulillah saat ini sudah bisa hidup normal,yang ingin saya tanyakan apakah GBS ini penyakit yang dapat kambuh sewaktu2… terima kasih

  3. ya allah semoga derita penyakit ini cepat sembuh ini semua kuasa mu

  4. [...] http://perawattegal.wordpress.com/2011/08/07/mengenal-lebih-dekat-penyakit-gbs/, http://news.okezone.com/read/2011/08/01/338/486719/gbs-penyakit-mematikan-yang-diawali-kesemutan [...]

  5. ridho said

    kalo yang alami bisa gag ?????

  6. ridho said

    kalo dg obaty yang alami bisa gag ?????
    dan ada gakkk ??

  7. widyanto said

    Apa kah penyakit ini bisa menular apa tidak???

  8. widyanto said

    Apakah penyakit GBS ini bisa menular atau tidak????

  9. surya said

    Sy juga mengalami gejala2 yg sama,tidak bisa mengengam suatu benda dengan erat,dan tidak bisa berdiri jika dalam posisi jongkok,tapi saya sll melawan rasa kaku ini dengan cara lari di tempat dan sekali2 jinjit,dan juga menghentakan ke 2 tangan saya!!dan itu membuat rasa pegal dan kaku saya lama2 hilang juga,dan anda yg juga mengalami nya boleh juga mengikuti saran saya tidak salah nya mencoba kan!!

  10. siti khoirina said

    seorang temanku… hampir satu bulan ini dirawat di Ruang ICU RSAM B.Lampung…seluruh badannya lumpuh hanya kepalanya saja yg bs digerakkan. dia masih bicara normal, bs tersenyum, dan makan/minum.
    menurut dokter dia terserang virus GBS….mesti dirawat intensif dan hrs cuci darah….ya Alloh beri dia dan keluarganya kekuatan dan kesabaran menghadapi penyakitnya ini….amin

  11. Bang Ole said

    kepada saudara-saudaraku yang mendapatkan musibah virus GBS,sy suami dari dwi yang jg penderita GBS alhamdulillah istri saya sekarang sdh boleh pulang dari RS PERTAMINA jakarta yang mana istri saya di rujuk dari RS Lampung……kejadian ini sangat menjadi pukulan bagi saya yang mana saya lagi memiliki anak yang berumur 10bulan.kepada saudara-sadara yang membutuhkan informasi tentang penaganan virus GBS seperti yang telah kami lakukan bisa menghubungi saya!!!saya suadah berjanji untuk membantu menberikan informasi kepada saudara-saudara dalam hal penanganan dan langkah-langkah cepat yang akan di ambil.begitu juga saya juga mengharapkan info-info juga penanggulangan lanjutan istri saya terimaksih (bpk ole tlp 0811795279)

    • alpie said

      saya mau bertanya, dengan cara apa ya istri anda bisa sembuh ?
      suami saya sekarang terserang virus GBS, dan sekarang belum ada perubahan, mohon bantuannya.

      • bang ole said

        sdh berapa lama mbak???istriku di rawat 21 hari di RS pertamina menggunakan obat GAMMARAS hrg 3.3jt menghabiskan 40botol n ada jg korban GBS jg sembuh dengan mengkonsumsi susu kolesterum hrgnya beda-beda mbak pertama aku beli 390rb/karton trs beli yg ke 2 harga 250rb/karton hanya ada di apotik-apotik besar!!!!yg penting masnya di beri semangat GBS secara medis bs di sembuhkan jgn berfikir negatif sabar n kerja keras mbak….salam dr kami

      • alpie ketaren said

        mulai lumpuh pada tgl 04 november sampai skrg blm ada perubahan. tp saya bingung,suami saya hanya pada kedua tangan saja.
        selain obat ada terapi yg lain mas ? soalnya kita udah sampai ke penang dan dianjurkan infus gammaras sbnyk 80 btl krn suami saya gendut.
        tp kita hbgi dkter yg di medan,kita di suruh balik ke medan,sampai di mdn hanya disuruh terapi dan plasma change.tp sampai skrg blm ada perubahan,
        tolong balas ke email saya saja mas.
        alpieketaren@yahoo.com

      • bang ole said

        klo menurut sy mbak suaminya sdh melewati masa kritis info dr dokter GBS masa kritisnya 3minggu klo sdh melewati masa itu tinggal lg pemulihan bisa melakukan fysioterapi,emg bener mbak gamaras tu jumlahnya berdasarkan berat badan istriku beratnya 55Kg jd di kasih 40btol.sekarang sy sarankan swaminya di bantu dgn mengosumsi susu kolestrum hrgnya sktar 250rb per karton berdasarkan pengalaman yg pernah sy hubungi da yg sembuh kok tanpa pakai gammaras hanya dgn susu itu.

      • alpie ketaren said

        terima kasih atas infonya, suami saya skrg sudah mengkonsumsi susu kolostrum, dan keadaan nya jg sudah membaik krn dibarengi dgn fisioterapi.

    • destika said

      Pak….skrg ini mama sy sakit GBS,kondisinya sudah drop pa,mm sy skrg hanya bisa terbaring lemah ditempat tidur,mm sy susah tidur,gelisah,nafas sering sesak,kaki kanannya bengkak,dan kaki dan tangan beliau sering pegel pegel smua….sy mohon tolong sy pak…sy ingin ibu sy sembuh…

    • atik said

      Saya mau nanya pada sabtu pagi anakku mengeluh kakinya sakit tp setelah itu sembuh tapi pd minggu siang mengeluh pahanya sakit klu buat jalan ud tak bawa kedoktr dan dikasih obat apakah kejala itu seperti gbs saya takut sekali

  12. seli said

    sbner y pnyakit gbs itu gelaja yang paling mudah di kenali tuh sprti apa y?
    sy dah bca” beberapa tntng penykit gbs tp msh bingung tuk memahaminya,tlong bagi ilmu y?

    • bang ole said

      gejalanya sgt sederhana mbak bahkan kami tdk mengira akan kena virus GBS gejalanya:punggung n lengan seperti di tusuk-tusuk tp tidak terlalu sakit hanya agak ngilu-ngilu n pegel seperti masuk angin esok harinya bgt bagun tdr mulai terjadi kelumpuhan yg berawal dr kaki hingga tangan setelah 1minggu kemudian naik ke muka..tdk ada rasa sakit ketika sdh terjadi kelumpuhan..

  13. dessy said

    omq sekarang kena GBS…udah 5 hari ini di RS..tolong kasi saran obat apa yg lebih cepat bisa nyembuhin…

    • bang ole said

      aku n istri turut prihatin mbak ya!!!!!penganan istriku dgn mengginakan obat yang namanya GAMMARAS dgn cara di infus hrgnya 3.3jt di RS PERTAMINA ada jg korban GBS sembuh dgn mengonsumsi susu kolesterum hrgnya 390rb/karton isi 25bh dan aku pernah dapet yg hrg 250rb/karton adanya di apotik-apotik besar…..tenang n semangat aja mbak GBS bs di sembuhkan tp butuh semangat n kesabaran…klo krg jelas SMS/TLP aku ja!!!!!

  14. Elin said

    tangan sya slit tuk menggenggam tp lw sdh d kusuk agak mendingan, jd tu skt apa ya??????

    • bang ole said

      tuk jelasnya tanya ma dokter tuk gejalanya yg seperti mbak…tp klo GBS kayaknya ga deh mbak krn gejalanya ga seperti yg mbak rasain GBS tu bergeraknya sgt cpt htungan jam sdh lumpuh n karakternya kelumpuhannya mulai dr bawah ke atas..

  15. rismawati sidik said

    assalamualaikum.
    saya mau nanya , kira2 3 thn lalu saya menderita penyakit GBS.
    untuk saat ini saya apabila lemah sedikit saya langsung lemah, saya mau tanya kira2 bisa kambuh lg atau tdk penyakit itu.
    saya gak mau kemungkinan itu terjadi .
    terimakasih dok.

  16. intan said

    Dok gejala penyakit ade saya hampir sama dengan penyakit GBS, sekitar 6 bulan yang lalu ade saya seperti orang kejang atau kaget saat tidur kemudian keluarga saya anggap itu byasa saja, tapi semkain ke sini dia tdak bisa memegang barang yang sedikit berat untuk mengangkat piring yang berisikan nasi saja tidak kuat, setelah itu dia mengalami tiba” dia terjatuh dan itu bisa beberapa kali, setelah kami bawa ade saya ke rumah sakit yang cukup besar sudah rotgen dan di berikan obat dan kemabali baik, tapi sekarang malah jd menurun, ade saya sulit untuk berbicara, sulit untuk menggerakan badannya malah terkadang tidak sesuatu yang dia lakukan atau tidak ingat kepada orang lain, apakah itu bisa di sebt penyakit GBS?

  17. Yohanna said

    Adikku mengidap penyakit GBS, tapi awalnya kami mengetahuinya karena setelah perawatan selama 4 kali keluar masuk rumah sakit dok mendiaknosa ada saraf yg terjepit di tulang ekor. Tapi pada waktu bulan 9/2011 dirumah sakit yg berbeda barulah terdeteksi penyakit Gbs yg diderima dengan status darah leukosit 20ribu dan kalium 1. Selah mengalami perawatan dgn menyuntikkan kalium dokter berkata 2 botol saja pasti kalium akan normal tapi ternyata tidak kalium hanya naik 0,3 saja. Dokter berkata harus bedres total tapi samuel tetap semangat untuk kuliah. Akhirnya setelah 2minggu perawatan pulanglah dariRS. Tapi bulan 11 tiba2 samuel demam dan dibawa ke RS. Lalu dokter mendiaknosa gejala tipus pada tgl 18/11/2011 kemudian pulang kerumah tanggal 23/11/2011 tapi pada hari juma’at malam samuel kembali masuk keRS dgn keluhan nyeri dada dan sudah mulai lumpuh, besok harinya samuel pun mengalami penurunan kamipun tdk mengetahui apa yg harus diperbuat bernapas dan menelan sudah susah dan pada hari minggu jam 1 dini hari dia dimasukkan ke ICU dan pada jam 3 lewat dia pergi untuk selamanya meninggalkan penyakit yg diderita. Selamat tinggal Samuel.

  18. rara zein said

    apakah penyakit GBS merupakan penyakit mematikan di dunia ? dan apa yang dapat dilakukan jika seseorang mengidap penyakit tersebut . dan apakah seseorang tersebut dapat sembuh total ??

  19. saya dlu thn 1997 pernah terkena penyakit gbs,,saat itu tdk bsa terdtksi pnykt trsbt stlh sy mnglmi nklumpuhan barulah dkthui kl sy mndrita gbs,wktu itu sy cm dksh vitamin2 syaraf saja,skt gbs yg sya alami sngt mnyakitkan,slrh tbuh saya skit sprti dtsk2 jarum dan sprti disetrum,lama sekali waktu pemulihanya,bahkan stlh 15 thn pun skrang kl kndsi badan sy lgi ga fit saya masih sering merasakan sakit sprti ditusuk2 jarum di kaki dan tangan saya,,,
    yg ingi sy tanyakan apa itu berarti virus trsbt msh ada dlm tbuh saya,,,?

  20. ida fitria said

    ibu saya saat ini sedang dirawat di RS karena setelah di diagnosa ternyata mnderita GBS. awalnya ibu saya masih bisa bicara meski sudah tdk bs bergerak (lumpuh), tp kemarin tiba2 beliau kritis dan masuk ICU. sampai saat ini blm ada perkembangan. yg ingin saya tanyakan, apakah masih ada harapan ibu saya sembuh total? apakah ada proses penyembuhan yg cepat?

  21. stephani said

    sy punya seorang murid 3 hr lalu dia terpaksa dipulangkandr sekolah krn badannya dingin sekali+bibirnya yg merot,stlh berobat n dichek up dy divonis menderita GBS n teryta sblmnya dy mengeluh srg kesemutan,tersedak2 wktu makan n hipertensi n dy jg sempat terguling2 disekolah pd saat dy mau berdiri stlh duduk. skrg dy dlm perawatan RS di Kdri.kira2 butuh berapa lm ya dy bedrest mengingat sbntr lg dy hrus mengikuti try out2 n ujian nasional SMP?mohon dukungan doa.

  22. derava said

    anak saya umur 3thn positif terkena virus GBS dirawat di rmh salkit islam jakarta feb’2012, Alhamdulliah hanya 2 minggu diruang ICU,semua jg berkat mujizat dr allah swt,& sekarang sedang menjalani fisioterapi untuk pemulihan anak saya…….

  23. yusi septi said

    Apa yg drasakan azka sama seperti apa yg saya rasakan.jd sy pham bethul.azka dan yg laen hruz kuat..karna saya juga pernh mengidap gbs.smangat doaku untk xan

  24. Wayan Suparwa said

    Salam untuk semuanya,saya adalah penderita GBS yang saat ini sudah sembuh,mudah2an tidak kumat lagi.Terakhir penyakit saya kumat bulan mei 2011.Kalau tidak salah sudah 5 kali saya bolak balik rumah sakit dari tahun 2000.Dan tadi sore saya ketemu anak perempuan kecil umur 9 th menderita GBS juga di daerah Gianyar Bali.Kondisinya sangat memprihatinkan,dia terserang GBS sejak 6 bulan lalu dan sampai saat ini belum bisa berjalan.hanya bisa duduk saja karena ketidakmampuan orang tuanya menebus obat gammaras yang harganya luar biasa mahal.Saya sendiri pernah pakai gammaras 6 botol karena kondisi saya saat itu kata istri saya sangat kritis,saya sendiri tidak begitu sadar.Penyakit ini memang tergolong penyakit mahal.obatnya tidak ditanggung JAMKESMAS.Memang pada awalnya saya tidak perduli dengan gejalanya.Awalnya kaki terasa pegal seperti habis mendaki gunung,terus saya gosok pakai minyak urut.Dipikiran saya ini kecapekan biasa karena saya bekerja sebagai sopir.Tapi lama2 tangan juga mulai lemah seperti tidak ada tenaga dan kadang2 waktu jalan jatuh sendiri karena kaki saya yang sebelah kiri tidak bisa saya kontrol,kadang juga mati rasa.Tapi setelah istirahat normal kembali.
    Dan hal yang paling mengejutkan saya pada saat pergantian tahun 1999 ke tahun 2000.Disaat asyik nonton acara pergantian tahun,saya tidak bisa bangun dari tempat saya duduk untuk buang air.Kaki awalnya terasa seperti kesemutan yang sebelah kiri dan langsung mati rasa.Istri saya menggosak pakai minyak anget,bukannya membaik malah mati rasanya menjalar ke kaki kanan terus naik ke tangan kiri kemudian ke tangan kanan.selanjutnyta saya tumbang di tempat tidur karena sudah tidak merasakan apa2 dipinggang,dada rasanya seperti ditindih benda berat sehingga bernafaspun sulit.Untungnya rumah sakit dekat dari rumah,+/- 5menit.Dalam perjalanan kerumah sakit tubuh saya benar2 lumpuh total.jangankan menggerakkan tangan atau kaki,menggerakkan jari saja tidak bisa.Dari ujung kaki sampai ujung kepala rasanya kesemutan semua.Sampai di RS langsung masuk ICU dan besoknya mendapatkan suntikan gammaras.Setelah mendapatkan obat gamaras berangsur2 membaik dan hari ke 8 sudah bisa pulang karena sudah bisa berjalan normal.
    Dan hal seperti ini saya alami sampai 5 kali,mungkin kondisi tubuh kurang fit penyakit kambuh lagi.
    Semoga penyakit ini tidak pernah menyerang anda,disamping penderitaan yg luar biasa membutuhkan biaya yang tidak sedikit.Dan mari kita doakan juga semoga saudara kita yang sudah kena GBS diberi kesembuhan.

  25. Delmasdion said

    assalamu’alaikum mba, istri saya menurut dokter juga mengalami penykit gbs, sudah 4 kali masuk rs, pertama januari 2011, 5 hari, agustus 2011 tiga hari, pebruari 2012 empat hari, dan tgl 28 maret 2012 tiga hari, gejalanya sama yaitu: kesemutan mulai dari ujung jari kaki, merambat keatas secara perlahan, yang akhirnya sampai ke dada sehingga nafasnya sesak, lemas. namun begitu diobati oleh dokter, sakitnya hilang, tapi proses lemasnya lama sekali bisa memakan waktu 1-2 minggu.
    yang ingin saya tanyakan:
    - apakah ini benar gbs? sebab analisa sy penyakit ini datang nya disaat istri saya kurang fit, ( bisa saat mens, kelelahan atau lg ada pikiran )
    - berobatnya di rs mana mba? sebab di rs yang kami tempati saat ini hanya bisa menghilangkan, rasa sakit bukan menghentikan, ( tidak tuntas, karena sakitnya berulang kali )
    - obat alternative pakai apa mba?

    Mohon bantuannya, untuk shering dengan kami, semoga Allah menyembuhkan kita semua.
    Wassalam

    dion

  26. penyakit GBS biayanya mencapai 24Juta sehari -_-

  27. yoppy said

    Sumbangan terkumpul sampai tgl 5 april 2012 Rp.45 jutaan…. Sedangkan Ibu Tjujana masih di ruang ICU biaya yg timbul telah Rp 180 jutaan….Ť♓ªΩќ ¥☺Ü ya bagi yg telah meringankan biaya ibu Tjujana.Tuhan memberkati selalu….

    TOLONG SUMBANGANNYA – catatan ; Mama saya dg nama Tjujana dalam kondisi lumpuh dan sakit di rawat RS Premier Jatinegara (telepon Rumah sakit 021 2800 888 ) dari tgl 25 maret 2012 hingga sekarang karena Penyakit GBS (Gullian Barre Syndrome) yaitu System Kekebalan Tubuh menyerang bagian dari Sistem Saraf Perifer.penyakit ini adalah penyakit MAHAL dg obat Gamamune ( imuno globuline).Berhubung obatnya sangat mahal bagi kami yaitu dg harga Rp 130 juta (diperlukan selama 5 hari ) untuk satu macam obat Gamamune ( imuno globuline),membuat kami kesulitan dalam pembiayaan,apalagi ditambah macam-macam biaya obat tambahan,mesin-mesin di ruang ICU,biaya dokter dan lain-lain….

    Untuk itu sekiranya,bagi yg terketuk hatinya, untuk membantu meringankan dengan menyisihkan ke Rekening BCA 6450 784 999 a/n yoppy supaya proses pengobatan mama saya dapat dilanjutkan, jika hasil pengumpulan dana ini melebihi dari biaya yg ada,saya bejanji tidak akan mencari keuntungan dalam musibah ini,kelebihan dana akan saya sumbangkan ke panti asuhan.

    Bagi yg ingin melihat mama saya,beliau di ruang ICU lantai 4 ranjang nomor 5 di RS Premier Jatinegara yg di tangani oleh dokter Jimmy Liman.atau hubungi keluarga :

    Yoppy 021 92 784 999. atau. 0878 80 784 999.

    pin:2206BA26

    Tolong bantu broadcast /Bagikan / Share ke rekan-rekan krn mama saya benar2 butuh pengobatan ini…

    Please……….

    Ť♓ªΩќ ¥☺Ü ya…..
    http://www.facebook.com/photo.php?fbid=383440128345254&set=a.126774470678489.15020.100000378107136&type=1&theater
    http://www.facebook.com/photo.php?fbid=383440128345254&set=a.126774470678489.15020.100000378107136&type=1&ref=nf

  28. atik said

    Saya mau nanya anak saya umur 6 th 2 hari lalu mengeluh kakinya sakit tp sembuh dg sendirinya tp sehari setelah itu mengeluh pahanya sakit klu jalan kira2 itu penyakit apa mohon petunjuknya krn q takut sekali

  29. atik said

    Tolong jawab pertanyaan saya karena saya bener2 takut sekali

  30. sy mw tnya, adik sy bru msuk rmh skit kemarin siang, sblmny sdh 3 hri skit drmh awal2 skit dada sesak,perut skit,meriang dn ga bsa bangun kakinya ga bsa di gerakin sdkit pun, diagnosa awal rmh skit adalah GBS,
    tp blm pasti krna blm scara detail lg,
    apa yg sy hrus lakukan,??thanks

  31. Abraham sirait said

    Minta doanya krn saudara saya sudah 3 minggu terkena virus gbs & masih terbaring di RS THAMRIN SALEMBA .yg menangani dr fredy Sitorus .

  32. Dewi Suryani said

    Hari ini anak Sahabat saya Luh Susanawati a/n I Putu Bagus Arya Divayana dirawat diRuang PICU RSUP Sanglah Denpasar (telepon Rumah sakit 0361227911) dari tgl 23 Agustus 2012 hingga sekarang karena Penyakit GBS (Gullian Barre Syndrome) yaitu System Kekebalan Tubuh menyerang bagian dari Sistem Saraf Perifer.penyakit ini adalah penyakit MAHAL dg obat Gamamune ( imuno globuline).Berhubung obatnya yang sangat mahal 10juta perhari (diperlukan selama 5 hari ) untuk satu macam obat Gamamune ( imuno globuline),membuat Beliau & Keluarga kesulitan dalam pembiayaan,apalagi ditambah macam-macam biaya obat tambahan,mesin-mesin di ruang ICU,biaya dokter dan lain-lain….

    Untuk itu sekiranya,bagi yg terketuk hatinya, untuk membantu meringankan dengan menyisihkan ke Rekening BRI 057401004701504 a/n Dewi Suryani Hp.085 637 194 19 (pin 27BED0A9) atau bisa ke keluarga langsung a/n Luh susanawati Hp.085 737 709 200 supaya proses pengobatan Bagus dapat dilanjutkan,saya berjanji tidak akan mencari keuntungan dalam musibah ini,kelebihan dana akan saya sumbangkan ke panti asuhan.

    Bagi yg ingin melihat langsung,Bagus dirawat di ruang PICU RSUP Sanglah Denpasar.

    Tolong bantu broadcast /Bagikan / Share pesan ini kerekan rekan sekalian ya..karna Bagus sangat membutuhkan pengobatan ini..

    Terima Kasih…..GBU

  33. Abdul Rasjid said

    Ijinkan saya ikut menceritakan pengalaman saya… Saya sejak sebelum Lebaran kemarin, badan terasa lemas, tangan dan kaki 1/2 lumpuh, mengunyah susah, menelan susah, meremas dan membuka kunci misalnya kurang mampu…batuk susah, wahing ya agak susah… kalau sdh jongkok tak mampu berdiri, naik tangga yg tingginya 10 cm tidak mampu… Akhirnya saya ke dokter, stelah mengalami diagnosa beberapa kali, akhirnya saya diputuskan terkena penyakit GBS. Dokter hanya memberi obat NEUROCHOL (harga obat ini cuma Rp. 3.700,-/per-kapsul dan bisa dibeli tanpa resep). Sehari diminum 2x. Alhamdulillah, reaksi obat itu terasa banget dan saya berangsur2 membaik… skarang hanya minum sehari 1x. Saat saya menulis ini, saya sdh bisa menjalankan aktifitas sehari2 dng baik, naik spd mtr sdh bisa walau pelan2. Yah, boleh dibilang sdh 80% membaik. Sejak sakit hingga saat ini -/+ sdh 2 bln. Setelah membaca beberapa kasus di atas, saya akan coba minum susu kolesterum seperti yg dianjurkan Bang Ole… Terimakasih infonya…

    • Abdul Rasjid said

      Maaf, ada koreksi…harga obat NEUROCHOL = Rp. 11.000,-/per-kapsul. Saat ini saya masih minum sehari 1x.

  34. yuli said

    setelah membaca tentang virus GBS, menakutkan juga… apalagi obatnya mahal sekali ya…mutdah2an segera diberi kesembuhan untuk para penderita GBS…
    sekedar share saja… ada seorang tante voni sseorang ibu rumah tangga namun beliau alumni farmasi dan pernah bekerja di lab produsen obat, tinggal di bdr lampung. berkat racikan juice herbal buatan tante voni anakku sembuh dr kelainan tulang belakang, suami beliau pernah terkena sirosis sembuh total, anak beliau terkena leukemia sembuh total, dan masih banyak lagi yang lain terbantu dengan racikan juice herbal tante voni….

  35. dedydedot said

    sya adlah slh seorang penderita GBS, dulu sy pernah mengalami penyakit mengerikan ini saat sy duduk di bangku kls 2 SMA tepatnya di tahun 2005 tetapi sy tdk seperti pasien yg lain yg harus berada di rumah sakit dan menggunakan alat bantu pernafasan, saya hanya di tangani seorang dokter ahli prof.dok. wuisang akan tetapi beliau telah wafat… sy menjalani masa penyembuhan selama 3 bulan dan sy hanya mengkonsumsi resep2 obat yg di buat sang dokter, setiap hari sy juga melatih pelan2 thap demi thap bagian tubuh saya dan akhirnya dlm waktu 3 bulan sy bisa masuk kembali bersekolah mesipun jarak dri rumah ke sekolah sy sangat dekat tpi butuh tenaga yg sangat extra kuat untuk bisa sampai sy selalu brusaha untuk sebisa mungkin berjln meskipun itu sangat sulit dan sakit rasanya. 6 bulan kemudian sy sudah mulai normal kembali bahkan sh bisa berlari dan skrang sy sudah sembuh meskipun saya agak sulit untuk berlari mungkin krn sy tdk pernah lagi berolah raga… buat teman2 yg menderita GBS jgn pernah putus asa selalu berusaha sebaik mungkin dan sllu ingat untuk berdoa meminta pertolonagn yg maha kuasa..

  36. Saya pernah menderita penyakit ini (April-Mei 1996), lumpuh dr ujung kaki sampai sebatas leher, hidup tergantung dari mesin pernapasan….. saat ini hidup normal, lulus dari GBS

  37. Annisa Ismayanti said

    kilas cerita tentang sy dan GBS.
    ya, sy penderita GBS tahun 2011,awalnya sy mengalami kesemutan hebat dari kaki lalu merambat ke atas sampai bagian suara, alhamdulilah belum sampai otak. lalu sy mengalami lumpuh total dan ga bisa menelan apapun. saya pun dilarikan ke rs eafa husada malang, krna sy orang kebumen sy pun di bawa ke RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, sy di rawat di PICU RSUP Dr. Srdjito selama 24hari, dan alhamdulillah sy sekarang sudah bisa beraktivitas seperti biasa, dan belum pernah kambuh. sy menjalani pengobatan dengan Plasma Sell, semacam cuci darah, tp ini cuci sel, sebanyak 4 x, dan reakisnya hebat.
    Setelah 2 hari dibangsal sy diijinkan pulang, dan berada di rumah setengah bulan, sy sudah bisa berangkat sekolah lagi seperti biasa.
    Terima kasih dan syukur sya kepada Allah SWT. Dan terima kasih kepada Dokter” Muda yg membantu proses pengobatan saya.

  38. herlindawati said

    makasih banget infonya …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 35 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: