AKPER PEMKOT TEGAL

Hidup adalah Proses Belajar dan Berjuang Tanpa Batas

DETEKSI KANKER PROSTAT MELALUI JARI TANGAN

Posted by joe pada 28/12/2010

PANJANG jari ternyata bisa menunjukkan seberapa besar risiko kanker prostat yang diderita. Hasil studi Universitas Warwick dan Institut Riset Kanker di Inggris menyatakan, pria yang jari telunjuknya lebih panjang dari jari manis berisiko lebih rendah menderita kanker prostat.

Penelitian ini juga menemukan, risiko terserang penyakit bisa turun hingga sepertiga pada pria yang lebih muda.
’’Hasil studi kami menunjukkan, ukuran jari relatif digunakan sebagai tes untuk risiko kanker prostat, terutama pada pria di bawah 60 tahun,’’ kata Ros Eeles, profesor di Institut Riset Kanker yang menjadi salah seorang penulis hasil studi ini.

Pola jari ini bisa membantu mengidentifikasi pria mana yang harus menjalani pemeriksaan rutin. Menurut Eeles, pemeriksaan bisa dikombinasikan dengan uji genetik atau risiko lainnya seperti sejarah penyakit keluarga.
Riset dilakukan dengan mewawancarai 1.500 penderita kanker prostat di Inggris antara tahun 1994-2009. Lebih dari separuh partisipan memiliki jari telunjuk yang lebih pendek dari jari manis.

Ternyata mereka yang berjari telunjuk lebih pendek dari jari manis atau yang jari telunjuk dan jari maninya sama panjang memiliki risiko terserang kanker prostat sama, yaitu 19 persen. Namun pada mereka yang jari telunjuknya lebih panjang, risiko terserang penyakit prostat turun menjadi 33 persen.
Hasil penelitian juga menyebutkan, sebanyak 87 persen pria di bawah 60 tahun cenderung berisiko lebih rendah menderita kanker.

Peneliti mengatakan, panjang relatif jari telunjuk dan jari manis tampaknya bisa menjadi penanda berbagai level hormon seks pada bayi yang masih berada di dalam kandungan. Kurangnya testosteron berhubungan dengan panjangnya jari telunjuk.
Penelitian sebelumnya menunjukkan, testosteron mendorong pertumbuhan kanker prostat. (Suaramerdeka.com)

Satu Tanggapan to “DETEKSI KANKER PROSTAT MELALUI JARI TANGAN”

  1. artikel sangat bagus…. terima kasih sudah berbgai informasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: