AKPER PEMKOT TEGAL

Hidup adalah Proses Belajar dan Berjuang Tanpa Batas

NgAjI YuK..”REFLEKSI IDUL FITRI”

Posted by joe pada 04/08/2010

Selama sebulan kita melaksanakan ibadah puasa ramadhan. Kini kita berada di bulan syawal bulan peningkatan. Artinya, segala aspek kehidupan kita, idealnya menjadi meningkat lantaran latihan fisik dan mental secara ekstra keras selama Ramadhan.

Puasa yang kita laksanakan itu, merupakan pilar Islam yang sarat dengan muatan-muatan hikmah. Para ahli dari berbagai disiplin ilmu, banyak menguak hikmah dan muatan filosofis yang terkandung dalam ibadah yang satu ini. Ada yang meninjaunya dari perspektif kesehatan, manajemen, psikologi, ekonomi, sosiology, etika sosial dan sebagainya.

Dengan analisis itu, puasa disimpulkan dapat membuat orang menjadi sehat, baik jasmani maupun rohani, puasa dapat meningkatkan kedisiplinan, membentuk insan yang jujur, berkepribadian luhur, mempunyai kepekaan sosial yang tinggi, dapat melahirkan pencerahan etika dan perilaku positif. Tidak cuma itu, puasa dapat meningkatkan etos kerja dan produktifitas, bahkan dapat mewujudkan pencerahan spiritual dan intelektual. Demikianlah sebagian kekayaan hikmah yang terkandung dalam ibadah puasa ramadhan.

Namun, apakah hikmah puasa yang berlimpah itu tercapai pasca ramadhan sehingga puasa mempunyai dampak terhadap pencerahan perilaku, pembangunan manusia yang sehat fisik dan mental, jujur, berdisiplin, mempunyai kepekaan sosial, etos kerja tinggi, produktif, dan sebagainya?

Yang jelas, realita menunjukkan, masih banyak orang yang berpuasa, kesehatannya justru semakin menurun. Pasca ramadhan ia selalu ke rumah sakit dan menghubungi dokter. Kejujuran mulai dikesampingkan, kolusi dan korupsi dipraktikkan, etos kerja melempem, produktivitas menurun, semangat mengamalkan ajaran agama menjadi luntur, pencerahan spritual dan intelektual menjadi gelap, jiwa kepekaan sosial menjadi pekak, bekerja tetap tidak disiplin, kurang menghargai waktu, dan sebagainya.

Jika demikian, benarlah apa yang pernah dituturkan oleh Nabi kita, “Betapa banyak orang puasa, tetapi tidak mendapatkan hikmah sedikitpun dari puasanya, kecuali rasa lapar dan dahaga saja. Dan betapa banyak orang yang shalat di malam hari, tetapi tidak mendapat apapun kecuali sekedar bangun malam.” (HR. Ad-Darimi).

Dalam konteks inilah kita perlu melakukan evaluasi terhadap rangkaian ibadah yang telah kita lakukan selama ramadhan serta mencari sebab kegagalan puasa yang kita laksanakan.

133 Tanggapan to “NgAjI YuK..”REFLEKSI IDUL FITRI””

  1. AGUS MULYADI said

    SILAHKAN TINGGALKAN PESAN DISINI,WAJIB DIISI SEBAGAI TANDA BUKTI.

  2. ratih purnama sari 1B said

    Remidinya laen daripadA YG LAEN……untung aja buka situs akper jd langsung bisa ngerjain di kosan,g ketinggalan info…….

  3. Wahyuningsih 1B said

    wikwiew…. pak agus AAS ( ada ada saja)…… Ya udah pa makasih ya pa….

  4. novita handayani said

    bapak…. kmren aku bisa ngerjain ko iut remidi????????? hadududududududuuuuuuuuuuu……..

  5. FALASIFAH said

    soale kurang akeh pak,,,
    by_FALASIFAH_1A_09.020

  6. nurlaelatul qodriyah said

    pak q ikut….. ela IA

  7. Tri Yustia Oktiawati 1B said

    ya wez lah pak,,, makasih terserah bapak saja..
    q melu2 bae… hehehehehe

  8. erwin bakhtiae said

    gawe mumet pa……………………………………………………………………………………………………………………………………………..

    1a yang baik

  9. Putri said

    Remidi’a keren ah..
    By:
    PUTRI NUR AULIA

    NIM.09.039

    KELAS 1a

  10. pa..ni udah d kerjain…
    pokoe kdu olih A..
    ok..
    ok..

  11. Dian Maulina Pradhita 1c said

    pa agus..
    kaya’a aq remidi terus cii…
    kalo bisa aq dikasih nilai A+++++
    (itu kalo bisa lhoo…)

    kalo ga bisa ya mentok2e nilai ne B wess..

    (sing ikhlas ya pa..)

  12. Catur sepni 1c said

    pa..
    nih saya udah ngrjain tgs bapak..
    wes ya pa..
    percya oya..
    aq wes buka…

    nilai kudu A.

    tenkyu….

  13. LINA AFRIYANTI 1A said

    pak ana-ana ae cy Remidine.,

  14. istiqomah amaliyah said

    NAMA:ISTIQOMAH AMALIYAH
    NIM:09075
    KELAS:I B

    PDHAL DAH BELAJAR………………….!!!!!
    Tp suwun wis pak.

  15. Ratna Intani 1c said

    pa agus…
    ni saya udah buka soal2nya..
    jadi TERBUKTI kalo seorang intan udah ngrjain tugas dari bapaaaa….

    mpun nggih pa..

    mkasih…

  16. septianyudianto said

    pak remidi pke online ribet banget,yapi keren jadi update

    BY:SEPTIAN YUDIANTO 1B

  17. dewi amaliyah said

    pak,damai oo pak!!!!
    tak tunggu nilai A iaa..
    makasih

  18. GALIH INDRA P 1A said

    saia hadir pak
    suwun remidine!!!!

  19. Devi riyanti1c said

    devi udah ngrjain pa…

  20. EVA YUSNIATI 1A said

    terima kasih atas soalnya ya pa…

  21. nursidiq said

    pak remidine ribet
    tapi bagus buat mengikuti perkembangan jaman

  22. indri handayani 1c said

    pak,remidine ribet men c,,,
    makasih uist pak

  23. RinA FITRIni 1c said

    buat pa agus yang terhormat..

    remidi apa bae saya terima sing penting nilai ne aja C bae..
    ok pa..

    makasih..

  24. WINNY ARTAVIANI 1A said

    terima ksih pak soalnya+

  25. Carini Aryanti said

    Carini Aryanti 1B
    NIM :09.060

    Pa skrg keren bgt ych
    remidi aja pke buka di warnet
    hee…e

  26. Andriana said

    Pak,,, ko pke online ke warnet segala cie…
    keren wiz,,,,

  27. ikawati said

    pa’ aku ikut remdidi
    ika 1A

  28. SRI MURNI 1A said

    pa agus lg ngambek sung
    makatie ae wis pa……….

  29. Rizki Zuliani 1c said

    pak q dapat A ya???
    tak tunggu pak,

    1C 09-142

  30. Andri ani 1c said

    pa agus..
    ni aq dah koment berarti dah di buka ya,,,
    aq dah ngrjain nih pa,,

    nilai kudu A lho..

    mkasih pa..

  31. TITI said

    pak agus gantwng….
    nilainya yang abgus y pak….
    1C

  32. ANDI GUNAWAN 1A said

    andi cute hadir pak

  33. ade prisilia 1B NIM 09.052 said

    PA dah remidi kya gni berarti nilai nya hrus A smua ych……………

  34. IMRON 1A said

    ya wes melu pak,…
    team horeeeee…
    imron 1a

  35. RETNO INDRAWATI 1A said

    keRen akh pak.,

  36. melly pujiastuti said

    assalamualaikum pak…..
    kreatif jg yah….

  37. Siti Nuryani 1c said

    pa..wes remiidi nilai kudu apik owh…

  38. Devi.Sofiyana said

    Devi.Sofiyana 1A Berbicara

    Pak remidine keren ach mpe pusing pak,jngn lpa nilai A y pak,jooo laly pak.

    Nim:09.012

  39. MIFTAHUDIN 1A said

    jacksueR biebeR hadiR.,

  40. mona ayu mutia s said

    pak aku ikut remidi
    mona 1 a

  41. Zukru Filaela 1c said

    pa…wes komentar…ok

  42. nela hidayat said

    remidinya bikin puyeng,tp ko kasih komentar kaya di facebook……

  43. dwi laelatul achmad said

    DWI LAELATUL ACHMAD 09.065
    PAK….!!!!! Q DAH KOMENT NCH////!! NIL KDM HRUS A..!!!

  44. kholifah 1 C said

    pak ai sudah ngerjain remidinya bapak…….

  45. rudy awal saputra said

    pak q wes remidi y. . .heeee

  46. Dewi nur amaliya said

    Dewi Nuramaliya 1A

    Ach buknya tmbh gmpng kox tmbh sulit c pak…… nilai A loch pak.

    Nim:09.013

  47. DEFRI RATNASARI said

    Nama : Defri ratnasari
    Nim :09.061
    Kelas : 1B

    Pak aku dah remidi nih,,jangan di remidi lagi ya pak…
    mksih.

  48. Nur Amanah said

    Assaamualaikum….
    pak agues..remidinya bikin uangku berkurang.tp menyenangkan jg se…

  49. endang ariyani said

    NIM 09.067
    PAK AGUS KEREN AAABIZZZZ…….
    PAK NIL Q SING BGUS OH…!!!

  50. nur laeni,1A,09.038 said

    y wes pa,,,, q ngaku kalah,,,,penting nilainya apikkk yeee paaa,,,,

    piiiiiiiiiiiissssssssss,

  51. mella !a said

    pak aku ikt remidi…..
    kasih nilai bagus yak pakkk
    mela 1A

  52. Diyah cahyaningrum said

    Nama : Diyah Cahyaningrum
    Nim

  53. mmiftakhu surur 1b said

    pa, remidinya udah nie,,,,,
    kasih nilai baguz wowh,

  54. MIFROKHATUN SA'DIYAH said

    thankzzz ya pa agus yang ganteng remidine a tertulis langsung,,, oh ea pa mudah-mudahan nie remdi terakhir, kasih nilai A ya pa?hahahaha

    Mifrokhatun sa’diyah
    1C / 09.130

  55. khuzatul mufida said

    pak agus….
    remidinya bikin pusing..
    jd kapok remidi pak agus….

  56. endang ariyani 1 B 09.067 said

    PAK AGUS KEREN ABIZZZ…

  57. Mitha Tyas said

    pak… Remidine ribet si pa???
    soale kebanyakan pa???

    mITHA (1C)

  58. Diyah cahyaningrum said

    Nama : Diyah Cahyaningrum
    Nim :09.064
    Kelas :1B

    Aslm….
    Pak agus, dyah udah remidi nih…
    nilainya harus A yh pak,,hehe
    after n’ before thanks yah pak.
    Wass…

  59. Dody Sulaeman/1C/09.114 said

    Pa Agus,,nie gw udh coment,.
    Ksh nilai yg bgs knp bwt Aq,.trus lo ngsih soal yg gmpng aza,.Ok

  60. DwiFitri 1a said

    pak dwi cute hadir…..
    dwi 1A

  61. Ardy Prasetyo F. 1b said

    remidi Siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiaaaaaaaaaaap?

  62. DWI LAELATUL ACHMAD 1 B 09.065 said

    pak nil q kudu sing bgus y!!!!

  63. Robi SENTOSA said

    robi selalu ada untuk pak agus….
    robbi 1A

  64. INDRA SETIAWAN 1B said

    Pa makasih ya soal-soalnya kerjakan di rumah… Aq suka yang seperti ini. Ga bikin pusing kepala. Nilai A ya pa…. Adoh adoh sing MOGA geh pa, ra melas……………..

    INDRA SETIAWAN
    1B/09.074

  65. Vendy Satyatama F/1C/09.148 said

    Pa,gw vendy siap ngerjain soal remidi,ksh nilai yg bgs y pa,.Ok
    Mksh

  66. jamilah said

    pa……. aku dah buka ya…..
    nilainya harus A yach…..

    jamilah (1c)

  67. Eti Septianingrum said

    semangat online pak agus….
    remidinya TOP…

  68. HENDRI 1A said

    luph u pak
    sing penting njenengan k pak

  69. Agus FAuzi 1b said

    pa sing bener bae??? kaya q sg ora duwe laptop angel oh. piben akper pan maju……. remidi terus

  70. kris ari prapto 1c 09.126 said

    PAk kasih nilai yang plus-plus donk…..

  71. MARINA ATI WULANSIH said

    Pa makasih ya pa,,, soal- soalnya bikin pusing pikiran, tapi alhamdulillah bisa buka buku. Kasih Nilai A ya pa,,, adoh” sing petarukan .matur nuwun nggeh…..

    MARINA ATI WULANSIH
    1C / 09.128

  72. Yunan Ali firdaus 1b nim : 09.100 said

    pak Q dah remidi nch…
    kasih nilai yang bagus yah…

  73. RIZKA 1A said

    PAK AKU ITUT …..

  74. Lina Regiati 1c 09.127 said

    pak AGUS yang baik hati…. aku udah ikut remidi

    Nilai aku harus A ya????HARUZZZZ

    ^_^

  75. MUSTIKA ASIH said

    Makasih ya pa,,,, Insya Allah ntar ga remidi-remidi lagi,,,, Amien,,, Dapat nilai A ya pa,,, kan dah berusaha.Matur Nuwun

    MUSTIKA ASIH
    1C/09.133

  76. HENDRI 1A said

    SING PENTING NJENENGAN KA PAK….
    LUPH U WES POKOKE
    hendri 1a

  77. Wahyu budi prasetyo 1c 09.149 said

    nilai plus rejeki plus…
    ihirrr….

  78. Shofil Adiyan M said

    PA….. ari gawe soal sing umum…….

    shofil adyn m (1C)

  79. AGUS FAUZI said

    sING BENER BAE PA,,, kya kiye aq sing ora duwe laptop angel owwww…….. Piben akper pan maju remidi truz.

    AGUS FAUZI
    1B/09.053

  80. farkhatun fitriyah said

    farkhatun fitriyah /IB/ 09.070

    Pa agus, soalnya lumayan….
    jgn kelamaan langsung di kasih nilai A ja pa semua yg ikut remidi….
    He..He…

  81. Siska Ayu Wulandari said

    Siska Ayu W /1b/09.095

    yang laen komentar kl Q mo pantun aja wat pak Agus…..
    ikan paus dimakan buaya…….
    Assalammualaikum pak Agus nilai A nya ya……

  82. Wahyu Budi Prasetyo 1c said

    pa…

    kapan nilai ne aq A..(kapan2)
    yen gawe soal aja angel2 gen…
    wes lah..

    haaa..

    mkcih………

  83. Ahmad jaelani 1C said

    hadir um…….
    nilai A ya……

    by Ahmad jaelani 1C 09.104

  84. Atika winda pratiwi/1A/09.009 said

    Pa………… buka email’y penuh dengan perjuangan,

    Pa Agus yg caem,cool,gagah,baik hati,jujur,tidak sombng,dan suka menabung…ticka uda remidi nich,,kci nile A y paa,,,
    tlnk d bantu yaaaaaaaaaa??????????

  85. mamluatul Khasanah said

    Mamluatul Khasanah /1B/ 09078

    eeem…. remidinya bagus,, cara canggih ala mahasiswa…
    tapi agak pusing…makasih ya pa..

  86. agus tri wibowo 1C said

    TOLONG KUI EKSPRESINE BIASA BAEEEEEEEEE………..

    MAKASIH

    WONG PEMALANG KYE

  87. DWI STYAWATI
    1C/09.115

    pak.. uwis keh tugase!!!

  88. NURIDA BENITA said

    makasih pa uda ngasi soal-soal yang bikin sirah kliyeng – kliyeng.

    NURIDA BENITA
    1C / o9.136

  89. PAK.. UWIZ KEH TUGASE!!!

  90. Pa’perasaan soal’y gmpang tp ko’ Q ikt remidi ya……???? coba cek lg dech pa’??????

  91. HUMROH 1C said

    pa….
    remidine ada2 ja………

  92. soale angel pa!!!!!!

  93. pa’ agus yang cakep… q dh ngumpulin tgz, jgn lpa ksih nlai A yach………

  94. HUMROH 1C said

    pak………..
    remidine ana2 ae….

  95. soale angel pa!!!!

  96. ajibbbbbbb awh????
    bapake aquWh Diberi nilai “A” iah.???
    matur nuwun sangatD.

  97. MIKUM….
    NITA rokhyati HADIR…
    MKCH PAK…
    SOALE KURANG AKEH…
    WASSALAM…

  98. Mikum…
    mkch wat soalnya pak…
    wassalam…

  99. lanjutkan intervensi aja pak……..

  100. aduhaiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii……………
    mantaaaaappppppppp/…………..remidine

    Joko Prianto
    09.026
    1A

  101. Ahmad subhi said

    Banyak banget ci pa remidinya………

  102. Ahmad subhi 1B said

    Banyak banget ci pa remidinya……… makasih pa

  103. Pak …
    q dah ikut remidi y.
    Nilainya HARUS A!!!!

    Dinardini Ayu Setyanti
    09.014
    1A

  104. ismiati said

    pak……
    remidine gawe musmet……..

    ismiati
    09.025
    1A

  105. ilham fasih furqoni 1 B said

    ni pak saya udah hadir….. kasih nilai A ya pa

  106. nur atikah said

    waaaahhhh,,, kreatif banged pa..!!!

  107. moh. fandi satya p. 1 B said

    Bapake,,,, remidine aya aya ae…..

  108. Moh. Taufik A. 1B said

    akehhhhh men pak…… nilai”e kudu apik ah…..

  109. Rizka dwi Lutfiana said

    Pa.Ki q oL drRS khusus wat bpk. Tp menyusul ea pa jawabane nek q dah go to homz. Ya pak! HogeH. .
    Tp tenang paK. Tak krjKna ning Kene demi bpk. Hebat owya pak?!

  110. susianti IB said

    puyeeeeeeeeeeeng……maksih men remidine….nggwe sirah lara..!!!!

  111. Nofita linda wati said

    Permiziii. . .
    Set0r nma paaak. . .!!

  112. Rina Fitriana said

    Untuk pak agus yang terhormat,
    terimakasih buwat remidinya..
    Sekarang keren banget ah remidi aja pakai email..

    Rina Fitriana_1.B_09.090

  113. sri wulandari said

    yg sering” ajaah pak bkin soal kyagi,.. biar kita klompok belajar terus,..rame” se kelas, dadaine cpd pinter,
    hee,..
    “pokoke pak agus the best lagh”

  114. dhevita ayu kartika said

    gag efektif lagh pak,…
    gwe mumeeed,
    hahahag,:D

  115. nurhikmah said

    soal terlalu banyak pak’,….

  116. eko hadi irawan Ib said

    jangan terlalu banyak memberi soal yg jawabannya prosedur panjang……fuyeeeeeng pak….fuyeng…!!!!
    ai lop yu por eper…HIDUUUUP pa’ Agus….Cayoo pa’…

  117. Amaratun Khayati said

    co cweeet.,,,,,,,

    Nama:amarotun Khayati
    Kelas:I B
    NIM:09.055

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: