AKPER PEMKOT TEGAL

Hidup adalah Proses Belajar dan Berjuang Tanpa Batas

CARA MENGURANGI GEJALA RLS (Restles Leg Syndrome)

Posted by joe pada 17/12/2011

Sebelum mengetahui bagaimana Cara mengurangi gejala RLS, alangkah baiknya anda harus mengetahui apa itu RLS…

RLS atau Restless legs syndrome adalah kondisi di mana kaki terasa sangat tidak nyaman ketika duduk atau berbaring. Perasaan tidak nyaman ini akan hilang untuk sementara jika berjalan. RLS dapat membuat sulit tidur di malam hari dan membuat sulit ketika harus melakukan perjalanan dengan kendaraan. RLS juga diartikan sebagai suatu kondisi neurologis yang digambarkan dengan suatu keinginan yang tidak tertahankan untuk menggerakkan kaki.

Tanda dan gejala RLS adalah rasa tidak nyaman pada betis, paha, kaki atau tangan yang sering diekspresikan dengan :

• Merangkak
• Perasaan geli
• Kejang
• Merayap
• Menarik kaki saat berjalan
• Nyeri
• Perasaan seperti tersetrum
• Tidak nyaman
• Gatal
• Rasa seperti digrogoti
• Sakit
• Rasa seperti terbakar
• Kaku
• Sulit menggerakkan kaki

Menurut International Restless Legs Syndrome Study Group, terdapat empat kriteria yang harus terpenuhi sebelum didiagnosis RLS, diantaranya adalah :

  • Keinginan yang kuat untuk menggerakkan kaki yang tidak dapat ditolak. Seringkali keinginan tersebut disertai dengan sensasi tidak nyaman- merayap, gatal, tertarik, perih.
  • Keluhan ini mulai atau menjadi memburuk sewaktu istirahat.
  • Keluhan ini akan membaik jika menggerakkan kaki, baik menyeluruh ataupun hanya sebagian saja. Perbaikan akan menetap selama terjadi gerakan motorik.
  • Keluhan memburuk pada malam hari terutama sewaktu sedang berbaring.

Penyebab RLS sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Namun, para peneliti menduga adanya RLS disebabkan karena ketidakseimbangan dopamin, suatu kimiawi yang dihasilkan otak, yang akan mengirim sinyal ke otak untuk mengontrol pergerakan otot.

CARA MENGURANGI GEJALA RLS (Restles Leg Syndrome)

  1. Perbanyak mengkonsumsi makanan sumber zat besi, seperti bayam, brokoli, buncis dll. Atau suplementasi zat besi. Folat juga bisa membantu meminimalisasi keluhan restless Leg Syndrome (RLS)
  2. Hindari konsumsi alkohol, kafein termasuk juga obat-obat yang banyak mengandung kafein
  3. Hindari obat tidur. Obat-obat untuk sinusitis dan alergi juga bisa memunculkan gejala RLS
  4. Jaga tubuh tetap hangat dalam cuaca dingin , misal menggunakan kaos kaki dan jaket.
  5. Pijat di kaki menjelang malam juga bisa berguna menjegah RLS
  6. Berjalan-jalan sebelum tidur. Berjalan akan melepas endorfin yang berperan meningkatkan tidur lebih nyenyak
  7. Olahraga seperti jalan kaki baik untuk meringankan gejla RLS. Juga bisa lakukan peregangan untuk otot betis, bokong, paha sebelum tidur
  8. Mandi air hangat sebelum tidur akan merelaksasi otot-otot dan meminimalisasi gejala RLS
  9. Segera bangun dan berjalan-jalan selama beberapa menit, bila dirasa gejala RLS akan muncul. Goyang-goyangkan kaki ke depan dan belakang berulang kali. Bisa juga memberi kompres hangat atau kompres dingin pada bagian yang terkena
  10. Lakukan pernafasan dalam dan belajarlah cara melakukan relaksasi
  11. Ubah posisi tidur beberapa kali. Jadwal tidur yang teratur juga membantu membiasakan tubuh dan pikiran untuk menikmati tidur yang baik.
  12. Usahakan tidak makan terlalu banyak. Gerakan pencernaan mendekati waktu istirahat ini dapt memicu gejala RLS
  13. Istirahatlah jika merasa lelah

Satu Tanggapan to “CARA MENGURANGI GEJALA RLS (Restles Leg Syndrome)”

  1. […] Makeup Tips, Fashion, Fitness, Diet, Health and More – Ahealthblog.netRestless Leg SymptomsCARA MENGURANGI GEJALA RLS (Restles Leg Syndrome) #content-body,x:-moz-any-link{float:left;margin-right:28px;}#content-body, x:-moz-any-link, […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: