AKPER PEMKOT TEGAL

Hidup adalah Proses Belajar dan Berjuang Tanpa Batas

SURAT EDARAN MTKI terkait STR (Surat Tanda Registrasi Tenaga Kesehatan)

Posted by joe pada 05/12/2011

Dari       : Ketua Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI)

Kepada  : Seluruh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota

Perihal   : Pelaksanaan Registrasi dan Sertifikasi Tenaga Kesehatan

Dalam rangka pelaksanaan Peraturan Menteri Kesehatan Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1796/MENKES/PER/VIII/2011 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan dan mempermudah tenaga kesehatan untuk dapat menjalankan pekerjaan sesuai dengan keahlian dan kewenangan serta sambil menunggu diterbitkannya Surat Tanda Registrsi (STR) bagi tenaga kesehatan yang bersangkutan, maka dapat diambil langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Tenaga Kesehatan yang dimaksudkan dalam Peraturan Menteri Kesehatan tersebut adalah Tenaga Kesehatan selain Tenaga Medis dan Tenaga Kefarmasian.
  2. Bagi tenaga kesehatan yang telah memiliki:
    1. SIP bagi Perawat berdasarkan Permenkes Nomor. 1239/Menkes/SK/XI/2001dan Nomor. 02.02/MENKES/148/I/2010
    2. SIF bagi Fisioterapis berdasarkan Permenkes Nomor. 1363/Menkes/SK/XII/2001
    3. SIPG bagi Perawat Gigi berdasarkan Permenkes Nomor. 1392/Menkes/SK/XII/2001
    4. SIRO bagi Refraksionis Optisien berdasarkan Permenkes Nomor. 544/Menkes/SK/VI/2002
    5. SIB bagi Bidan berdasarkan Permenkes Nomor. 900/Menkes/SK/VII/2002 dan Nomor. 1464/MENKES/PER/X/2010
    6. SITW bagi Terapis Wicara berdasarkan Permenkes Nomor. 867/Menkes/Per/VIII/2004
    7. SIR bagi Radiografer berdasarkan Permenkes Nomor. 357/Menkes/Per/V/2006
    8. SIOT bagi Okupasi Terapis berdasarkan Permenkes Nomor. 548/Menkes/Per/V/2007
    9. baik yang belum habis masa berlakunya maupun yang telah habis masa berlakunya dapat memperoleh SIK atau SIP berdasarkan Permenkes tersebut diatas. Dengan demikian Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota tetap dapat mengeluarkan SIK/SIP berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan tersebut.

 

  1. Bagi tenaga kesehatan yang belum memiliki:
    1. SIP bagi Perawat berdasarkan Permenkes Nomor. 1239/Menkes/SK/XI/2001dan Nomor. 02.02/MENKES/148/I/2010
    2. SIF bagi Fisioterapis berdasarkan Permenkes Nomor. 1363/Menkes/SK/XII/2001
    3. SIPG bagi Perawat Gigi berdasarkan Permenkes Nomor. 1392/Menkes/SK/XII/2001
    4. SIRO bagi Refraksionis Optisien berdasarkan Permenkes Nomor. 544/Menkes/SK/VI/2002
    5. SIB bagi Bidan berdasarkan Permenkes Nomor. 900/Menkes/SK/VII/2002 dan Nomor. 1464/MENKES/PER/X/2010
    6. SITW bagi Terapis Wicara berdasarkan Permenkes Nomor. 867/Menkes/Per/VIII/2004
    7. SIR bagi Radiografer berdasarkan Permenkes Nomor. 357/Menkes/Per/V/2006
    8. SIOT bagi Okupasi Terapis berdasarkan Permenkes Nomor. 548/Menkes/Per/V/2007
  1. dapat memperoleh SIK atau SIP berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan tersebut diatas. Dengan demikian Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dapat mengeluarkan SIK/SIP berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan tersebut.
  1. Tenaga kesehatan untuk memperbaharui:
    1. SIP bagi Perawat berdasarkan Permenkes Nomor. 1239/Menkes/SK/XI/2001dan Nomor. 02.02/MENKES/148/I/2010
    2. SIF bagi Fisioterapis berdasarkan Permenkes Nomor. 1363/Menkes/SK/XII/2001
    3. SIPG bagi Perawat Gigi berdasarkan Permenkes Nomor. 1392/Menkes/SK/XII/2001
    4. SIRO bagi Refraksionis Optisien berdasarkan Permenkes Nomor. 544/Menkes/SK/VI/2002
    5. SIB bagi Bidan berdasarkan Permenkes Nomor. 900/Menkes/SK/VII/2002 dan Nomor. 1464/MENKES/PER/X/2010
    6. SITW bagi Terapis Wicara berdasarkan Permenkes Nomor. 867/Menkes/Per/VIII/2004
    7. SIR bagi Radiografer berdasarkan Permenkes Nomor. 357/Menkes/Per/V/2006
    8. SIOT bagi Okupasi Terapis berdasarkan Permenkes Nomor. 548/Menkes/Per/V/2007berdasarkan Permenkes Nomor. 548/Menkes/Per/V/2007
    9. dengan STR diajukan kepada Ketua Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) secara kolektif melalui Organisasi Profesi, Institusi Pendidikan dan/atau Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan /atau Majelis Tenaga Kesehatan Provinsi.
  1. Bagi tenaga kesehatan tang telah memperoleh STR dari MTKI wajib melaporkan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota selambat-lambatnya 2(dua) minggu setelah menerima STR.
  2. Bagi tenaga kesehatan yang belum diatur Surat Izin Kerja (SIK) nya dapat memperoleh Surat Izin Kerja (SIK) dengan mengajukan permohonan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dimana dia bekerja dengan melampirkan ijazah tenaga kesehatan yang bersangkutan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dapat menerbitkan SIK bagi tenaga kesehatan tersebut sambil menunggu STR bagi tenaga kesehatan yang bersangkutan diterbitkan.

Tenaga kesehatan dimaksud meliputi:

a. Tenaga Nutrisionis

b. Tenaga Perekam Medis dan Informasi

c. Tenaga Teknik Gigi

d. Tenaga Kesehatan Lingkungan

e. Tenaga Elektro Medik

f. Tenaga Teknik Laboratorium Kesehatan

g. Tenaga Perawat Anastesi

h. Tenaga Akupuntur

i. Tenaga Fisikawan Medis

j. Tenaga Ortotik Prostetik

Demikian Surat Edaran ini disampaikan, untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, November 2011

Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia

Ketua,

FAIQ BAHFEN

Tembusan disampaikan kepada yth:

1. Menteri Kesehatan (sebagai laporan)

2. Sekretaris Jenderal (sebagai laporan)

3. Kepala Badan PPSDM Kesehatan (sebagai laporan)

4. Para Eselon I di Lingkungan Kementerian Kesehatan

5. Para Kepala Dinas Kesehatan Provinsi

6. Para Kepala BKD Provinsi

7. Para Ketua MTKP

8. Para Kepala BKD Kab/Kota

9. Para Ketua PP Organisasi Profesi

About these ads

154 Tanggapan to “SURAT EDARAN MTKI terkait STR (Surat Tanda Registrasi Tenaga Kesehatan)”

  1. Murti susanti berkata

    sebenarnya ada ujian kompetensi g untuk jateng?? soalnya kok di jawa barat SIB sudah keluar saat wisuda, padahal tahun lulusan 2011 juga. trmkksh

    • joe berkata

      untuk lulusan sebelum tahun 2011, bisa langsung mengajukan pemutihan tanpa ada ujian kompetensi. tetapi bagi lulusan tahun 2011 keatas tetap dilakukan ujian kompetensi.

      • Murti susanti berkata

        trs kira2 STR keluarnya kpn dari kita setelah uji kompetensi???

      • joe berkata

        Klo lulus nanti akan diproses MTKP u/ dilaporkan ke MTKI..oleh MTKI akan dibuatkan sertifikat kompetensi dan di proses u/ penerbitan STR

      • murti susanti berkata

        Trus sistem ujiannya gmn ya???
        OSCA ato gmn??
        diberi kesempatan berapa kali??
        trimakasih

      • murti susanti berkata

        kpn ne STR jadi???
        ud ujian ini…
        n alhmdlh lulus

  2. rego berkata

    seandainya sudah punya SIP yg masa berlakunya sampai 2015,,apakah tetap ikut pemutihan STR??

    • joe berkata

      SIP tersebut masih bisa tetap berlaku apabila tdk dilakukan pemutihan, tetapi apabila yg bersangkutan menghendaki dilakukan pemutihan dipersilahkan untuk lulusan sebelum tahun 2011 tanpa ada Ujian kompetensi.kita belum tahu pasti kebijakan di tahun 2012 untuk penerbitan STR seperti apa…krn itu pemutihan str perlu dilakukan untuk jaga2

  3. yuliz berkata

    saya binggung, apa benar SIB sekarang tdk berlaku dan di ganti STR?…..ini hanya untuk jawa timur apa seindonesia. Tk

    • joe berkata

      SIB lama masih berlaku jika masa aktifnya masih berlaku..tetapi jika mau memperbarui lagi/memperpanjang masa berlakunya dipersilahkan melakukan pemutihan tanpa ujian kompetensi bagi lulusan sebelum tahun 2011,baik yang sebelumnya sudah punya SIB atau belum…sebelum tahun 2012.

      • erna berkata

        syarat2 pmutihan apa bs dikirim lgs k mtki?kolektif teman2 1 instansi tnp melalui org profesi?

      • joe berkata

        untuk pemutihan bisa saja langsung ke MTKI..OP memudahkan saja dalam kordinasi

  4. erna berkata

    klo bisa,alamtnya dimana?

  5. achza berkata

    kalo yang lulusan baru tahun 2011.harus daftar STR nya di MTKP atau di MTKI yaaa??? terus apa masih tetep ikut ujian juga yang lulusan tahun 2011 ini??? mohon infonya yaaa… Trimakasih

    • joe berkata

      Bagi lulusan baru thn 2011, yg belum ujian kompetensi/yang sdh ujian kompetensi tetapi tdk lulus/mengulang hrs mengikuti ujian kompetensi dulu melalui MTKP.Bagi yg sdh ujian kompetensi dan lulus akan mendapatkan sertifikat ujian kompetensi dari MTKP, sertifikat tsb oleh MTKP di bawa/diajukan ke MTKI untuk penerbitan STR.Untuk wilayah jawa tengah, bagi lulusan thn 2011 yg belum lulus ujian kompetensi/belum ujian kompetensi akan difasilitasi oleh MTKP jateng dilakukan UJIAN KOMPETENSI pada tanggal 24 desember 2011..silhakan koordinasi dg institusi pendidikan masing-masing atau dg Organisasi profesi tempat masing masing.

    • march syafrianto aritonang berkata

      march..
      untuk lulusan analis kesehatan tahun 2011 dari sumatera selatan/ aoakah harus ngurus di sumsel atau apakah bisa mengurus di jakarta

  6. NN berkata

    lha kalo yang udah lulus uji kompetensi dan belum mendapat sertifikat kelulusan, gimana? UJI Kompetensi yang dimaksud apa sama dengan uji kompetensi yang terdahulu (OSCA)…

    • joe berkata

      iya betul uji kompetensi yg dimaksud a/ OSCA. yg sdh ujian tinggal menunggu proses penerbitan STR

  7. Dewi hariyanti berkata

    Kt nya dinkes prov sum-sel tdk setuju dg pemutihan str,kami blh lgsng krm k mtki?

    • joe berkata

      tiap provinsi memang kebijakan bisa saja berbeda, Sertifikat kompetensi dan STR yg mengeluarkan adalah MTKI..klo dipusat saja menyetujui adanya pemutihan mengapa tidak..Sekarang adalah masa transisi diterapkanya permenkes 1796,batas pengajuan pemutihan a/ sampai tgl 30 desember 2011. dimasa transisi aturan dan kebijakan kadang tidak jelas. disini dibutuhkan ketegasan dari organisasi profesi.

      • march syafrianto aritonang berkata

        apakah lulusan analis kesehatan dari sumsel bisa mengurus di jakarta..
        mohon info dari bapak..

  8. Pak Sawi berkata

    Bagaimana menghubungi MTKI, saya mau undang sebagai Pemateri Seminar Nasional

  9. NSR berkata

    apabila sudah mengajukan pemutihan STR ke MTKI, kira2 kapan penerbitan STRnya setelah pengajuan?apakah ada pemberitahuan kepada instansi yang mengajukan jika STRnya sudah terbit? bagaimana proses pengambilan STR yang sudah terbit?apakah bisa langsung diambil ke MTKI?

  10. dian berkata

    kalau saya krm lgsg ke mtkp jateng boleh ga? Mslhny maw d ti2pin ke ibi ranting udh telat.atau lgsung d krm ke mtki pusat persyrtn str nya,.

  11. dyan ayunugraheni berkata

    hari ini saya baru dapat pemberitahuan lewat email.dan paling lambat 2minggu dr sekarang.sedangkan di tempat saya (jepara) katanya sudah tidak bisa,karena pengumpulan paling lambat ekitar 2 hr yg lalu.trs apa tindakan saya. apa bisa klo saya kirim langsung melalui pos,terus alamatnya kemana harus saya kirim?
    terimakasih.

  12. anti berkata

    pak apa tujuan pembuatan STR???

    • joe berkata

      tujuan biar tenaga kesehatan teregistrasi..dan sbg perlindungan hukum jika terjadi ssuatu bagi tenaga kesehatan

  13. dyan ayunugraheni berkata

    persyaratan mtki dan alamat pusatnya mana ya??

  14. Ariesta berkata

    Berkas2 na apa saja yg hrus d krm ke MTKI? Mksd na secara kolektif apa ya? Trimakash?

    • joe berkata

      Syarat pemutihan :fc ijazah terahir legalisir 2 lmbr,fc ktp,pas foto 4×6 4 lmbar dg bagroun merah,fc SIP lama jika ada. dimasukan ke stopmap.Kolektif artinya dikordnir bareng2 dg yg lain.

  15. diancahyadi berkata

    Mau tanya soal pemutihan ijasah.
    Apakah berlaku juga bagi ibu rumah tangga yang tidak bekerja tapi merupakan alumni kesling D-III?
    Soalnya tadi sy dapat sms disuruh untuk ngurus pemutihan….kalo tidak katanya ijasahnya hangus. nah maksudnya hangus disini apaan? disuruh bayar pula 350 ribu.
    atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

  16. inar berkata

    klo g ikt pemutihan skrang gmn? SIB sy hbs thun 2015 klo msalkan buat STR thun 2015 nanti dpt pemutihan g???

    • joe berkata

      tidak masalah krn SIB anda msh berlaku. Klo thn 2015 permenkes 1796 sdh diterapkan tdk ada pmutihan. perpanjangan STR dilakukan melalui platihan,seminar atau semacamnya sesuai bidang profesi..dimana slama 5 tahun minimal dapat 25 SKP di sertifikat.

  17. Charmin ngawi berkata

    kami dari segelintir perawat dari RSUD ngawi yang peduli dengan STR, kami cari informasi ke PPNI kabupaten jg tidak jelas, apakah surat edaran dari MTKI tidak sampai ke daerah kami….. setelah tahu prosesnya harus kolektif, kami harus melapor kemana??? apa tidak bisa perorangan..??? ya daripada kami tidak bisa mengikuti pemutihan. Terima kasih

  18. fiah berkata

    SIB dan Surat Bukti Registrasi saya terbit januari 2011, berlaku sampai februari 2016. apa harus diperbaharui lagi desember ini???

  19. Muchlis Adenan berkata

    Surat edaran ini tertanggal berapa dan nomor suratnya berapa bung Joe? Tks

  20. erfin berkata

    saya sudah ujian kompetensi SIP bln oktober 2011..tp SIPnya keluar bulan januari 2012…itu gmn za?hrs ujian lagi pa g untuk ngurus STR nya?

  21. SALIM berkata

    Maaf pak, Perkenalkan saya Salim (Tenaga K3 di salah satu RS Pertikal Kemenkes)
    saya mau nanya ni…
    Tentang “Tenaga Kesehatan Kerja” Baik Dari Diploma 3 (D3 Hiperkes atau K3) dan S1 Kesker (Kesmas Jurusan Kesehatan Kerja)
    1. Apakah tidak masuk dalam wajib Registrasi?
    2. Dalam Permenkes tentang Reg.T.Kesehatan bahwa untuk pengurusan STR harus melampirkan Sertifikat Kompetensi Tapi Kami belum memiliki sertifikat Kompetensi sebagai Tenaga K3?
    3. Dari SE di atas “Tenaga Kesehatan yang di Maksud” tidak terdapat didalammnya tenaga Kesehatan Kerja (Tenaga K3), Bagaimana?
    4. Jika Memang tdk harus diregistrasi apa alasannya, kr menurut saya Tenaga Kesehatan Kerja adalah merupakan salah satu tenaga Profesi juga (Kemenkes 1807 tahun 2010 dan Kemenkes Nomor 432 tahun tahun 2007)

    Mohon Penjelasannya Pak

    Salim
    salimkesja@yahoo.com
    081355335027

  22. eltan berkata

    kalo yang blm krj gmn mw bwt ny ya,,, sy binggung??????

  23. khudri berkata

    apakah STR ini wajib di miliki oleh setiap tenaga kesehatan terlampir di atas meskipun sudah memiliki SIP/SIB dll…..???
    trims

    • joe berkata

      betul wajib dimiliki tenaga kesehatan yg terlampir, aplagi RS2 to user sekarang mensyaratkan setiap tenaga kesehatan yg terlampir memiliki STR. SIP/SIB yang masa aktifnya masih berlaku, masih tetap berlaku sampai masa aktifnya habis..Silakan baca PMK No.1796 tahun 2011 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan.

  24. Ritha berkata

    assalamualaikum,bpk/ibu Sebenarnya pengurusan STR ini pergantian SIB atau bukan,bagi yang SIB nya masih berlaku apa STR harus diurus lagi?dan apakah pakai ujian kompetensi bagi yg telah mmiliki SIB? Soalnya saya pergi mengurus STR kedinas kesehatan profinsi,ini belum berlaku atau tepatnya belum bisa diurus 2011 tapi pengurusannya tahun 2012. Banyak diantara kami dibingungkan oleh STR ini,atas jawabannya terima kasih bpk / ibu.

    Wasalam

    • joe berkata

      Walaikumsalam,Untuk mengetahui STR ini alangkah baiknya baca PERMENKES 1796 TENTANG REGISTRASI TENAGA KESEHATAN.SIB/STR sama2 sbg bukti registrasi.istilah STR ini nantinya akan menggantikan SIB/SIP. Bagi yg SIB nya msh berlaku tidak diwajibkan mengurus pemutihan STR. tetapi apabila yg bersangkutan menginginkan untuk dilakukan pemutihan STR Dipersilahkan selagi ada program pemutihan dari MTKI tanpa ada ujian kompetensi lagi bagi lulusan sebelum tahun 2011.

  25. risa berkata

    jadi OP hanya mempermudah saja ya, bukan sbg syarat utama? Boleh tau, Bapak Joe pengurus MTKP atau MTKI? Salam kenal:-)

  26. buhari berkata

    Salam buat semua…
    Apresiasi kami buaWeb perawat ini..bagus!!
    Bagaimana degan perawat yg saat ini bekerja di luar negeri, sedangkan SIP-nya yg dulu diterbitkan di indonesia telah kedaluwarasa..Mohon pentunjuknya bagaimana cara mengurus STR/SIP dan kemana?
    Terimaksih.

    • joe berkata

      Bisa diurus perpanjangan, sebelum akhir tahun 2011 bisa langsung dilakukan pemutihan dengan melampirkan berkas2 yg dibutuhkan ke MTIK (Majlis Tenaga Kesehatan Indonesia) Jakarta

      • buhari berkata

        Trimaksih atas balasannya..tapi kami baru pulang cuti pebruari 2012..apakah tetap dg prosedur yg sama jika diurus akhir 2011?

  27. didi berkata

    kapan untuk wilayah banyuwangi / jatim diadakan uji competensi tersebut..karna sy dan temen2 baru wisuda dan akan mengurus str mohon infonya untuk jadwal dan tanggal uji kompetensi tersebut…thanks

  28. didi berkata

    sy dan teman2 baru lulus dan wisuda..mohon info untuk tgl ujian kompetensi pembuatan STR untuk wilayah banyuwangi atau jatim…
    krn sy bingung infonya tidak jelas…thanks

  29. arie berkata

    salam..
    aku lulusan ners bulan september 2011 kmrn n ikut ujian SIP jg bulan september, sampai skrg SIP ku blm jadi,,,gmn tuh caranya aku buat STR? aku masih bingung soal STR…
    mohon jawaban,tenkz . .^^

  30. ridho fitrah akbar berkata

    Selain untuk praktek perawat. denagn adanya STR kenapa tidak perawat diberikan tunjangan sertifikasi..???

  31. M. ridho fitrah akbar berkata

    Mungkin ngak ya.. perawat mendapatkan tunjangan sertifikasi..??? ayo kita perjuangkan PPNI…

  32. YUSRIZAL berkata

    ka[pan siap menerimsa kami dari aceh tuk pembuatan STR mbak

  33. march syafrianto aritonang berkata

    untuk lulusan analis kesehatan diwajibkan yah memiliki STR.
    apakah boleh lulusan analis kesehatan dari provinsi sumatera selatan bisa mengrus di jakarta..
    mohon info dari bapak/ibu

  34. puji berkata

    Klo blm punya SIP,blh lgsg bikin STR ga

  35. dewi ariwidyastuti berkata

    biayanya sebenarnay berapa sih untuk pembuatan STR, yg di jateng ada yg 100 rb ada pula yg 300 rb pake ujian pula.

  36. dewi ari widyastuti berkata

    seandainya pengumpulan syarat syarat untuk pembuatan STR terlambat bagaimana?apakah kita harus ujian kompetensi sedangkan kita lulusan sebelum tahun 2011

  37. afri berkata

    U/ pengumpulan berkas STR pling lmbat smpai kpan?tks

  38. mulya berkata

    saya baru lulusan spk(sekolah perawat keasehatan) 2011 tapi saya belum bekerja apakah saya harus mengurus sip atau str kalo perlu saya harus buat dimana , terimakasih

  39. kant berkata

    ko di jatim harus ujian kompetensi?padahal katanya lulusan sebelum tahun 2011 diadakan pemutihan?mohon penjelasannya

    • joe berkata

      Itu adalah kebijakan MTKP jawa timur, yg mensyaratkan ujian kompetensi bagi lulusan sblm thn 2011 yang sebelumnya blm pernahsama sekali mengikuti ujian kompetensi.Di MTKP jawa tengah sendiri juga MENYARANKAN bagi yg belum pernah ikut ujian kompetensi untuk mengikuti ujian kompetensi.Itu dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas lulusan perawat.

  40. sigit prihandana berkata

    saya sudah mempunyai SIR berlaku sampai 2013, apakah sekarang saya harus wajib menggantinya dengan STR ?

  41. erfin berkata

    saya sudah dapat STRP…setelah ujian kompetensi kemarin dr MTKP jatim…yg saya tanyakan…apakah harus melaporkan ke dinas kesehatan?kalau tidak melaporkan gmn za?

  42. nad berkata

    Ass..saya bidan lulusan 2011. mohon informasi bila ingin mengajukan STR kolektif seangkatan langsung ke MTKI bagaimana? dan berapa biaya administrasi nya?
    mohon infonya dg segera.trimakasih.

  43. DWIANA PUTIK P berkata

    saya mau tanya dan tolong bantu saya,,
    saya lulusan akbid di jogja bulan agustus 2011, lalu diadakan uji kompentsi bln desember, lalu baru jadi sertifktny januari tgl 16, kami diminta apabila ingin mndptkn sib dan str hrs mngmpulkn syarat2 sib dan str tg 20 jan dan membayar biaya 150rb ke rek IBI jogja.
    pertanyaan saya apa pembuatan sib dan str itu pakai biaya??
    sib itu dikeluarkan oleh siapa??
    pembuatan str apakah harus dikirimkan ke jakarta?? dikirim kemana??
    tk.
    ditunggu scptny balasannya..

    • NADYA F berkata

      putik :
      SIB dikeluarkan oleh dinkes prov jogja dan pengurusan ada di lantai 2.tanpa biaya administrasi dan jadi 9 hari.
      STR tidak wajib ngurus karena SIB kita berlaku sampai 2017 nantinya. jika ingin mengurus kolektif harus ada surat permohonan dr kampus.
      putik,sms aku donk! penting!

  44. umi sulistyo berkata

    saya lulus apikes th 2004, untuk pengurusan STR saya bingung, karna mau melalui op katanya sudah terlambat jadi di tolak, kalau misalnya saya kirim sendiri tanpa melaui op langsung ke mtki pusat bisa di prosess gak, ??? trims

  45. bujank bejji berkata

    Lebih baik memikirkan dengan serius UU.Keperawatan….

  46. dewi berkata

    saya dewi lulusan analis kesehatan surabaya th 2011..
    saya mau tanya,, apakah setelah mandapatkan STR,saya jg sekaligus mendapatkan sertifikat uji kompetensi?
    soalnya saya dan teman2 saya juga ikut mendaftar uji kompensi yang dilaksanakan pada tgl 30 januari 2012..
    kalau saya mendapat 2 sertifikat uji kompetensi, apa fungsinya sama??
    lalu mana yang harus saya dahulukan??
    soalnya ketika pengurusan STR salah 1 berkas saya ada yang ketinggalan..

    mohon penjelasannya,, karena hal ini menjadi perdebatan teman 1 angkatan saya.
    trims..

    • erfin berkata

      setelah dinyatakan lulus…nti ngambil dlu sertifikat uji kompetensi di dinkes surabaya (itu kalau di jatim) sesuai tanggal yg dijadwalkan…setelah itu ngambil STR di gedung P2T..sertifikat uji kompetensi itu syarat pengambilan STR..

  47. susi harossy berkata

    ass,sy llusan 2008,sy blom punya SIP,sy jg blom bkrja,bgai mn crax sy mgrus str,pa hrs ikt ujian kompetensi?

  48. susi harossy berkata

    sy llusan D3 kep sumatera utara,tp sy berdomisili di sumatera barat,jdi sy hrs ngurus str ny dmn??trims,,

  49. annisa f berkata

    kpan str kmi lulusan 2011 keluar y pak?? sdh berbulan2 tak ad kabar… mw mencari pkerjaan jdi sush, dpt pnggilan tp kendala di sib… y Allah….

    • js berkata

      Mba Tria, jangan berkecil hati,, masih panjang perjalananmu menempuh suasana,, memang demikian Indonesia,tiaptahun bikin kelinci percobaan dan peraturan membuat semuanya dan semaunya merubah keinginan. kalau dipikir terus bikin musmet mba Tria,, sehat sakit disyukuri, senang susah diilhami, dan jadi belum jadi ya ditunggu saja, mudah-mudahan cepet, lakukan dulu saja kegiatan yang sedang dijalani,, ok mba Tria,,

  50. Mau tanya,,apa lulusan D3 jg harus pnya STR Ns ya ?? Trimakasih

  51. occy chitra berkata

    sy occy D III KEBIDANAN llusan oktober 2011..
    Sy n tmn satu angktn sy bigung…apakh angktn sy ini uji kompetensi ataw tidak?
    semntra berkas2 TUK DPTIN SIB tlh dikirm 2 bln yg llu..brta trakhir yg sy dngar berkas tu msh d mtkp sumbar..
    nmun slh satu institusi d III KEBIDANAN YG ada di sumbar tmtan 2011 sdh mndapatkan str dr pihak mtki..
    jdi sbnrny ni bgaimana sy n tmn stu angkatan jd bigung n ssh tuk dptin pekerjaan?
    dn apakh bs sy n tmn stu angktan sy tuk ngurus lngsng k mtki?
    mhon info na agar smw lbh jls,trims

  52. n urlela, s.Kep berkata

    nurlela, S.Kep
    mau tanya, saya lulusan spk dan saya melanjutkan pendidikan s.kep bagaimana saya mengurus strnya??

  53. Dian berkata

    Sebenar’a buat nyoba bidan PTT memerlukan STR atau tidak yah???

    Trims

  54. devi pusparini berkata

    Knpa dr kmpus tidak boleh membuatkan surat rekomendasi bahwa peserta sudh mengikuti ujian STR dan dinyatakan lulus…???sdngkn STR nya saja belum ada kejelasan yang pastii kpn keluarnyaa….gimana dengan nasib para bidan lulusan tahun 2011 neee…..terimakasihhh…

    • joe berkata

      betul kampus tidak berhak untuk membuat Surat keterangan lulus uji kompetensi, Silakan mengurus ke MTKP…kampus hanya sebagai mediator

  55. pangeran berkata

    yang gak kerja apa harus ada str atau gak???????

  56. ai rostika berkata

    assalamualaikum maaf pa mau nanya SIB saya hbs smp mei 2012 cara perpanjangan nya melalui dinas provinsi apa bs k dinas kabupaten? syarat perpanjangan sib apa aja?

  57. Diajeng Hastie berkata

    mari kita jangan sampai ketinggalan……………….STR penting bagi kita

  58. pran berkata

    BERAPA NILAI KETUNITASAN MINIMAL UJI KOPETENSI, SUMBER DARI MANA, MOHON INFO

  59. hj nanang karnasih berkata

    info 2 terkini sangat dibutuhkan terutama uji kompetensi, bicara ttg str sebaiknya untuk registrasi ulang untuk mencapai angka 25 dalam waktu 5 th kriteria kegiatan apa saja yg sdh ditetapkan oleh profesi bidan

  60. Fitri Ridianti berkata

    saya mau tanya kalo buat STR paling lambat kapan ya?apa harus melalui organisasi profesi..saya lulusan Analis kesehatan tahun 2008…pas saya mau buat STR ternyata telat katanya..apa saya harus ikut ujian kompetensi…

  61. Ade berkata

    Assalamu”a;aikum..mw nnya nih…sy jurusan analis kaesehatan llsan thun 2009 ,sy tinggal d papua sdngakn sy kuliah d makassar..kmrin sy mengrmi berks smpai dsana sdah trlmbt,,,apakah say akan mngkuti ujian kmptensi…????at ad kbjakan lain..mhon solusinya. trima ksih…

  62. marsya berkata

    ada gak surat keterangan lulus yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan sebelum STR keluar…????

    • aini berkata

      iyaa ada gak yaa… ?? saya dikasih surat edaran uji kompetensi , tap[i itu tidak berlaku,,, gimana tuh? mohon infonya

  63. ABDUL WASIS berkata

    Pak Joe yang terhormat sebelumnya perkenalkan saya D3 perawat lulusan 2007 karena sesuatu hal saya terlambat ikut pemutihan STR dan baru mau mengurus STR mau tanya bagaimanya prosesnnya kalo kita mau mengurus sendiri STR ke MTKI,

    1. Apakah kita tetep harus uji kompetensi karena sudah lewat dri th 2011, sekedar info saya sudh ada uji kompetensi waktu bikin SIP dan sampai 2015
    2.Seandenya saya tidak uji kompetensi karena sudah punya dan blum habis masanya Kalo kita mau mnegurus sendiri apakah harus datang langsung ke MTKI, kalo hanya dengan kita kirimkan semua berkas syarat2 pembuatan STR ke MTKI via pos/tiki, bisa ga ?

    Terima kasih seblumnya mohon diberikan penjelasan.

    Best regard,

    Abdul Wasis

  64. succy ajah berkata

    saya succy D III KEBIDANAN
    llusan oktober 2011..
    Sy n tmn satu angktn sy
    bigung…apakh angktn sy ini
    uji kompetensi ataw tidak?
    semntra berkas2 TUK DPTIN
    SIB tlh dikirm 2 bln yg
    llu..brta trakhir yg sy dngar
    berkas tu msh d mtkp
    sumbar..
    nmun slh satu institusi d III
    KEBIDANAN YG ada di
    sumbar tmtan 2011 sdh
    mndapatkan str dr pihak
    mtki..
    jdi sbnrny ni bgaimana sy n
    tmn stu angkatan jd bigung
    n ssh tuk dptin pekerjaan?
    dn apakh bs sy n tmn stu
    angktan sy tuk ngurus
    lngsng k mtki?
    mhon info na agar smw lbh
    jls,trims

  65. lidya nofika berkata

    saya tamatan 2010 karna lain hal saya tidak mengikuti ujian sib. trus saya udah daftar di ibi padang buat str, kapan sih kelar nya, apa ngak ada surat pengantar pengurusan nya. bingung crii kerjaan niij pak

  66. rizal berkata

    bagaimana bagi kami yg belum bekerja dan belum punya SIP bagaimana kami mendapatkan STR kami jauh di daerahb kalimantan mohon bantuang dan solusinya

  67. sudiarni berkata

    Kami ingin menanyakan proses STR bidan kab.b elitung apakah sudah selesai?terima kasih

  68. sudiarni berkata

    Kami dari Kab. Belitung ingin menanyakan apakah STR kami sudah selesai?kami sudah kirim berkas lewat Provinsi pada januari 2012. Terima kasih

  69. chie afney berkata

    gmana dengan STR sumatera utara bng?

  70. Luci Asrina berkata

    Assalamu’alaikum, Wr.Wb……
    maaf sblumnya saya sudah daftar ke MTKI n mendapatkan STR Sementara. Saya mau tnya kpn STR yang Aslinya kluarnya….msalahnya sngat sulit skali memperoleh pekerjaan bagi yg lulusan tahun 2011? terima kasih

  71. Marni Purba berkata

    str sumut gmn bg??
    saya lulusan tahun 2011 sampai sekarang belum ada kepastian ujian atau pemutihan.
    mohon infonya bg.
    terimakasih sebelumnya…

  72. vinan berkata

    untuk mahasiswa tingkat akhir sebelum wisuda apakah bisa mengikuti uji kompotensi STR.?

    berapakali batas max uji kompotensi,apakah bnar hanya 3 x saja.?
    terimakasih.

  73. romaulina simatupang berkata

    kapan sebenarnya STR keluar?
    karena STR kami terhambat tuk mencari pekerjaan dimana persyaratan yang diminta tidak lengkap…
    tolong kami????
    kami ingin bekerja dengan ilmu yang sudah kami peroleh….
    kami tidak ingin mengnggur,,,,

  74. marwoto berkata

    mas kapan y STR saya jadinya

  75. ritwan siahaan berkata

    pak apa bedanya ya sertifikasi dengan registrasai bagi non paramedis?

  76. maria berkata

    kapan sebenarnya STR selesai ?
    saya tidak bisa melamar pekerjaan< karena STR belum selesai

  77. Uyi Ana berkata

    tlg informasi str untuk prov jambi kapan keluar kami menggar trhambat str,tlg permudahkan kmi

  78. Uyi Ana berkata

    tlg str nya pak<kasihan angktan kami sekrg< < permudahkan dg surt keterangan krna kami butuh pekerjaan sesuai bidang kami pak

  79. handarei berkata

    Tlng pak,kami lulusan 2011 Jambi sdh 6bulan menunggu STR,mhn bantuannya pak kpn kepastiannya STR dikeluarkan?kami kesulitan kerja pak karna blm ada STR, Kami tdk bisa mengikuti PTT bidan dgn alasan seluruh provinsi tdk bisa menerima STR sementara yg dkeluarkan dinkes provinsi tp harus STR ASLI tp sampai saat ini belum ada kejelasan dri pusat kpn STR bisa kami terima,Tlng ,Tlng pak kami benar2 bingung ,pusing pak dgn nasib kami thn 2011,krn blm ada kejelasan dri pusat pak?

  80. yanti berkata

    perkenalkann nama saya yanti, saya lulusan analis kesehatan 2006. saya bingung bagaimana cara mengurus surat tanda registrasi (STR) di wilayah jawa timur. apakah sy langsung ke dinkes atau bagaimana. terus syarat2nya aapa saja. terima kasih banyak atas bantuannya.

  81. Pepy noviantini berkata

    Mau tanya, saya sudah mengajukan permohonan STR ke MTKI secara kolektif melalui kampus di jateng, tetapi saya kerja di jatim, yg saya tanyakan, apabila STR saya sudah habis masa berlakunya apakah saya bisa memperpanjang di jatim? Makash

  82. nabila berkata

    mhon informasinya kapan str kebidanan di sumbar dikeluarkan,kami mau mendaftar ke s1 kebidanan tidak bisa karna yg diminta str asli,kami mau melamar pekerjaan juga tidak bisa krn surat ket str dr mtki tidak diterima di institusi.pdhl kami sudah sjk desember 2011 mengurus str ini.kenapa ya sampai sekarang blm selesai juga.mhon jawabannya

  83. wahyu berkata

    kalo mau legalisir sip di mtkp ato di dinkes ya……btw aq llus th 2010 n lom pnya str…mhon sekali bantuanya…..trimakasih

  84. Sumiharsih Asih berkata

    kpan ada uji kompetensi utk bidan di dinkes jogja ? ato ada pemutihan gak ?sblm th 2013?

  85. chitraresmi berkata

    semisal ada cpnsd,, syarat yg dibutuhkan adlh sib/str…kalo mau ikut cpnsd tsb ttpi baru mempunyai sertifikat kompetensi bidan bgmn ya??apa bisa??
    trimakasih..,

  86. hany berkata

    Sy hani, sy mau tanya bagaimana cara mengurus SIB sendiri ya? Krn SIB sy tidak diproses sm skali oleh kampus dikarenakan alasan saya terlambat mengumpulkan syarat, pdhal sy kumpulkan tepat di hari terakhir pengumpulan syarat.. Mohon bantuannya ya.. Sy kuliah di kampus kebidanan jakarta. Tk

  87. riri MS berkata

    SIB saya habis 2011,STR sedand diurus,untuk sementara bisa ga saya pepanjang SIB dulu sambil nunggu STR jd?

  88. nana berkata

    dari tulisan di atas gak ada buat lulusan analis kesehatan … apa STR ndak berlaku buat analis Kesehatan ?

  89. nonik berkata

    bner ta skr bidan wajib ikut APN dan mempunyai SIPB???

  90. saya mau tanya tahun ini SIB atau STR,ikut ujian kompetensi sendiri sendiri atau pihak kampus yang mengrus???mhon konfirmasi nya,trims

  91. ratnawati berkata

    saya lulusan ESPEKA tahun 1987 lalu ambil D3 keperawatan tahun 1998 kemudian ambil S1 keperawatan lulus tahun 2010 apakah perlu mengambil NERS lagi ?
    Trims…

  92. ratnawati berkata

    saya lulusan SPK tahun 1987 lalu ambil D3 keperawatan tahun 1998 kemudian ambil S1 keperawatan lulus tahun 2010 apakah perlu mengambil NERS lagi ? dan apa ke rugian saya bila tidak mengambil ners?
    Trims…

  93. diman berkata

    pak saya lulusan AKPER tahun 2008 apa saya dapat pemutihan klo ngurus STR……???

  94. cinta berkata

    Entalah dengan birokrasi Indonesia ini, setelah menuntut ilmu bertahun-tahun dengan pengorbanan waktu, energi dan biaya yang sangat2 besar, tapi sekarang kami putra putri bangsa Indonesia yang ingin menerapkan ilmu kita ke masyarakat terganjal dengan kepastian yang tidak jelas kapan keluarnya. SUNGGUH SEDIH KAMI SEMUA PUTRA PUTRI INDONESIA

    • Aya berkata

      Sy sangat sepakat dgn km,stlah bertahun-tahun kita berjuang dan berusaha menuntut ilmu,tiba saat kita ingin realisasikan pengetahuan kita,tp terganjal hanya krn mslh STR.

  95. cinta berkata

    ROSULULLAH BERDOA KEPADA PEMIMPIN YANG DZALIM :

    “YA ALLAH, SIAPA SAJA YANG MENJADI PENGATUR URUSAN UMATKU KEMUDIAN
    IA MEMBERATKAN MEREKA, MAKA BERATKANLAH IA”. AMIN.

  96. anis mega berkata

    ass, mohon maaf sebelumnya, saya mau tanya saya sudah ujian STR dri th.2011 dan saya cm dapat STR sementara, sedangkan saya butuh buat daftar PTT, syarat nya cm kurang STR aja, mohon balasannya kapan STR dikeluarkan, karena saya berdomisili di brebes,

  97. desiherianti berkata

    Kami Bidan dari Prop. Sumbar sudah mengirimkan berkas untuk pengurusan STR tanggal 4 Januari 2012, tapi sampai sekarang STR tersebut belum keluar juga. Sementara izin praktek kami sudah berakhir di tahun 2010 namun untuk perpanjangan izin harus menunggu STR yang entah kapan akan dikeluarkan sementara itu kami tetap melayani pasien setiap hari. Mohon kasih solusi dong…….

  98. Aya berkata

    Assalamualaikum. Pak joe sy soraya lulusan Kebidanan 2011,sy mau tanyakan,sy sdh krm berkas u/ STR pada bln desember 2011,tp knp sampe skrng blm jd jg.
    Tlong pak agar prosesx di percepat,kami butuh pekerjaan,sampai kapan hr menganggu dan menunggu STR itu jd.
    Tlng u/ MTKI agar mengutamakan yg lbh prioritas.trims..

  99. Aya berkata

    Sy sangat sepakat dgn km,stlah bertahun-tahun kita berjuang dan berusaha menuntut ilmu,kini tiba saat nya kita ingin realisasikan pengetahuan kita,tp terganjal hanya krn mslh STR. Indonesia lihat lah nasib kami seorg bidan yg tak tahu kemna arahnya,apakah km hanya akan tnggal diam aja??

  100. eman sulaeman berkata

    udah setahun str belum keluar juga?kapan jadinya?saya perawat bogor.trims

  101. kasrang ero berkata

    saya sudah masukkan berkas dari tahun 2011 yang lalu tapi strnya belumsaya dapatkan,dimana saya bisa mengambilnya, soalnya str tersebut saya butuhkan untuk pengurusan sipb. tolong balasannya saya sangat membutuhkannya.

  102. jemmy berkata

    bagaimana dengan tenaga DIII Farmasi…? apakah tidak perlu mengurus STR ataukah pengurusannya tidak melalui MTKI.? karna pada poin 2 diatas (surat edaran MTK) DIII Farmasi tidak termasuk didalamnya……………..trim”s

  103. anie chan berkata

    maap saya baru lulus akhir tahun 2012 ini, saya ingin membuat STR. Caranya bagaimana ya?
    saya lulusan Rekam medis

  104. yenni berkata

    Akbid henderson tidak sebagus dari luarnya, begitu mahasiswanya lulus STR nya tak berujung hingga tamatan Akbid Henderson tak ubahnya tamatan SLTA.

  105. coffee' latte tries berkata

    kayak mana melihat STR yg sudah keluar untuk SUMUT, yg di urus tahun 2012 kemarin.
    atau apa nama alamatnya??
    trimakasih…

  106. Kapan ya Pak/Ibu surat tanda registrasi (STR) kluar buat Angkatan thn 2012 yg diurus di MTKP SUMUT tahun 2012 kemarin?? trs bagaimana kami mendapat kabarnya… terimakasih

  107. eiyis berkata

    Saya lulusan thun 2011 telah ngrus str setelh saya lulus jadi str keluar
    dngan intitusi akper sehat binjai……………
    terimakasih

  108. angga berkata

    saya lulusan perawat 2011….tpi sampai detik ini saya dapat SIP apalgi STR…
    sbnernya ada massalah apa?

  109. Shinta berkata

    Kerja yg tanggungjawab yoo,,,adik-ku ngurus STR dah lama gak jadi2,,,..Denger2 instansi yg brani bayar akeh dudahulukan jadinya,,,,keprige kiyek,…..Marai ribet wae,….

  110. tesSoolecelen berkata

    test

  111. Tina simanjuntak berkata

    Saya lulusan ta.2001 smak jambi,skrg kerja dsalah satu RS pemerntah sumut,saya mau urus STR kemanaya?dr tmpat asal sekolah atau bs dr dns propinsi sumut?

  112. nia berkata

    hadow…..wong cilik korban percobaan RUU….yggak pernah memperjuangkan apapun…

  113. AlaysiaLogan berkata

    ПРЫВЕТТ

  114. puji sucihati berkata

    admin yang terhormat bagaimana cara mengurus bagi bidan yang lulus tahun 2012 dan diluar jawa sedangkan kami berasal dari jawa padahal kami belum daftar sebagai anggota ibi?
    bisakah kami daftar sebagai anggota ibi di daerah kami sekarang?
    lalu untuk persyaratan ijasah yang pernah ditempuh selama pendidikan apakah ijasah dar SD sampai perguruan tinggi?

  115. Elsa astrida lumbanraja
    selamat malam pak,,saya adik dari verawati lumbanraja kalau boleh tahu pak sudah keluar gk STR kakak saya itu? soalnya kakak saya sudah mengurusnya di tahun 2011,,kok sampai sekarang belum sampai ditangan ya pak.
    kakak saya tamatan tahun 2006 bidan henderson pematang siantar pak mohon kejelasannya ya pak.
    terimakasih sebelumnya ya pak.
    syaloom.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 35 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: