AKPER PEMKOT TEGAL

Hidup adalah Proses Belajar dan Berjuang Tanpa Batas

PENDAFTARAN MHS BARU (New)

PENGUMUMAN

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU

AKADEMI KEPERAWATAN PEMERINTAH KOTA TEGAL

TAHUN AKADEMIK 2012 / 2013

Terakreditasi B

Ijin : SK Depkes RI no. HK. 00.06.1.3.02132 tgl 18 Mei 1998

Akreditasi : SK Ka. Pusdiknakes Depkes RI no. HK. 00.04.4.3.2.00674

Sekilas Akper

Akademi Keperawatan Pemerintah Kota Tegal merupakan Institusi Pendidikan Tinggi Keperawatan milik Pemerintah Kota Tegal dan telah terakreditasi B

Akper Pemerintah Kota Tegal dengan didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai serta dengan dukungan dari Pemerintah Kota Tegal, telah menghasilkan lulusan perawat yang profesional dan berkualitas.

Sebagian besar lulusan telah terserap sebagai Tenaga Keperawatan di Rumah Sakit dan Panti Jompo di Luar Negri, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di berbagai daerah, lembaga kesehatan TNI/Polri, serta di berbagai lembaga keperawatan lainnya

Tujuan Pendidikan

Menyiapkan tenaga Ahli Madya Keperawatan (AMK) yang trampil dan profesional yang dapat memenuhi kebutuhan akan pelayanan keperawatan baik di dalam maupun di luar negeri

Sistem pendidikan

Pendidikan AMK dilaksanakan dengan sistem pembelajaran kredit semester 120 SKS dengan waktu tempuh selama 6 semester, maksimal 10 semester. Gelar yang akan diberikan adalah AMK (Ahli Madya Keperawatan).

Fasilitas

A. Tenaga pengajar

Tenaga dosen berasal dari Perawat Spesialis, Magister Keperawatan, Magister Kesehatan, Ners yang berpengalaman dan berkualitas serta dari dokter spesialis dan  tenaga kesehatan lainnya yang kompeten.

B.  Sarana belajar

  1. Fasilitas gedung kuliah yang representative (dilengkapi dengan AC dan Audiovisual)
  2. Free Hotspot Area
  3. Laboratorium keperawatan terpadu
  4. Perpustakaan dengan koleksi buku keperawatan dan audio visual yang lengkap
  5. Laboratorium komputer dan bahasa terpadu

C. Program unggulan

  1. Pelatihan PPGD/BTCLS
  2. Kelas Komputer Terpadu
  3. Kelas Lab Ketrampilan Perawat (Skills Lab)
  4. English Conversation Class
  5. Bahasa Asing (Jepang,Arab)
  6. Pelaksanaan Uji untuk Surat STR

D. Lahan Praktek

  1. RSUD Kardinah Tegal
  2. RSUD dr. Soeselo Slawi
  3. RSUD Brebes
  4. RSU Bhakti Asih Brebes
  5. RSUD Kraton Kab. Pekalongan
  6. RSUD Kajen Kab. Pekalongan
  7. RSUD Bendan Kota Pekalongan
  8. RSUD dr. Ashari Pemalang
  9. RS Jiwa Daerah Surakarta
  10. Puskesmas di Kota Tegal dan sekitarnya
  11. Panti Sosial Tresna Wreda di Pemalang dan Brebes

Sarana kegiatan penunjang

Lapangan olahraga, Studio musik beserta penunjang lainnya tersedia untuk kegiatan kemahasiswaan

Metode Pendidikan

Pendidikan dengan menggunakan kurikulum KBK dengan pendekatan pembelajaran berdasarkan masalah, pembelajaran berdasarkan penyelesaian kasus, praktek lab ketrampilan keperawatan (skills lab), serta praktek klinik keperawatan

Beasiswa

Tersedia Banyak Program beasiswa  kepada mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu yang memenuhi kriteria dari Akper Pemerintah Kota Tegal

Persyaratan seleksi calon mahasiswa

Persyaratan untuk menjadi mahasiswa Akper Pemerintah Kota Tegal :

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Lulus SMU/MA/SMK semua jurusan
  3. Umur maksimal 24 tahun saat pendaftaran
  4. Tidak cacat mental serta tidak buta warna
  5. Tinggi badan min. pria 155 cm dan wanita 150 cm

Prosedur Pendaftaran

  1. Mengisi Formulir Registrasi Online di website : www.akperpemkottegal.ac.id
  • Tahap I    : Persetujuan mematuhi persyaratan
  • Tahap II  : Mengisi data utama formulir
  • Tahap III : Melengkapi data identitas dengan benar
  • Tahap IV : Konfirmasi data
  • Tahap V   : Cetak bukti registrasai

2.  Mempersiapkan kelengkapan berkas pendaftaran

  • Bukti registrasi online (print Out Hasil pengisian formulir registrasi) yang ditandatangano oleh pendaftar
  • Fotokopi ijazah yang dilegalisir atau Surat Keterangan Lulus dari Kepala Sekolah sebanyak 1 lembar
  • Fotokopi Danum atau NEM yang dilegalisir sebanyak 1 lembar
  • Pas foto berwarna uk. 3×4 sebanyak 4 lembar
  • Membawa biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000,-

3. Mengirim Berkas pendaftaran (Pendaftar wajib datang sendiri ) ke Bagian pendaftaran seleksi mahasiswa baru

Akper   Pemkot Tegal

Materi Ujian Tes Tulis

Materi

Jumlah Soal

MatematikaIPA (Biologi,Fisika,Kimia)Bahasa InggrisBahasa Indonesia 30 Soal30 Soal30 Soal10 Soal

Jumlah

100 Soal

Biaya pendidikan

perkiraan Biaya awal masuk Rp. 11.000.000.,- terdiri dari biaya IPP 1 smt, biaya SPI, biaya praktikum, seragam serta biaya kursus.

Pembayaran dapat dibayarkan 2 kali dalam 1 semester

Pendaftaran

pendaftaran mulai 1 April 2012
 Pemberitahuan waktu Tes tulis, psikotes dan kesehatan menyusul kemudian setelah mendaftar

Informasi dan Pendafaran

Informasi dan pendaftaran : Kampus Akper Pemerintah Kota Tegal, Jl. Dewi Sartika no. 1 Debong Kulon Kota Tegal, Ph. (0283) 323524 atau di web www.akperpemkottegal.ac.id

PENDAFTARAN ONLINE : CLIK DISINI

114 Tanggapan to “PENDAFTARAN MHS BARU (New)”

  1. Joeharu said

    Jurusan IPS c ada yg d akper ini ?

  2. eka septiyan said

    saya mau tanya pendaftarannya uda di tutup kalau belum tanggal berapa sampai tanggal berapa

    • joe said

      Pendaftaran blm ditutup…gelombang 1 sampai tanggal 10 juli. silakan ya kalau mau mendaftar…kami tunggu.tx

  3. m.warso said

    mohon informasi materi tes seleksi masuknya apa aja, saya dri jurusan IPS, daya tampung mahasiswa baru brapa orang?

    mkasih..

    • joe said

      Materi untuk tes seleksi : Matematika jumlah 30 butir, B inggris : 30 butir, IPA : 30 butir, B Indonesia : 10 butir. Silakan untuk soal2 tahun lalu bisa didapatkan di kampus akper tegal.Limit Edition.Daya tampung tahun ini adalah 100 mahasiswa

  4. yang gelombang 1 udah pernah test lum???

    • joe said

      Gelombang 1 belum tes..insyaallah sekitar tgl 12 an juli.nunggu keputusan pusat.Nanti klo sdh ada wkt pasti pendaftar akan dikasih tau lewat telpon.tx

  5. akhmad jailani said

    assalamualaikum pa joe…
    pa..sy mhswa akper pemkot..,mo tanya pa.. klo udah lu2s akper pemkot kita bsa nglanjutin S1 ke universitas2 di indonesia????
    truz tuk info loker2 baik cpns/swasta mohon lebih diperbanayak pa….

    • joe said

      walaikumsalam..Iya sangat bisa..Banyak sekali universitas 2 yang menyediakan jalur kusus dari akper.Ok..trim kunjunganya

  6. adnan said

    kapan donk ospeknya??????

  7. adnan said

    kapan ospek?

  8. onik said

    kalo saya dari jurusan ips ,apa bisa masuk akbid
    kemudian kira kira soal soal tesnya meliput apa saja
    tnx🙂

  9. windi said

    maaf mau tanya,kapan ada pendaftaran gelombang duanya ?
    makasih

    • joe said

      pendaftaran maba akper sdh lewat untuk tahun akademik 2010, Pendaftaran maba akan mulai lagi bulan juni/juli 2011

  10. maysaroh said

    materi untuk masuk mahasiswa baru akaper pemkot tegal
    yang di ujikan mengenai apa saja,dalam tes tertulis ea ??
    apakah materi dari sma/smu/smk ????

    • joe said

      kebetulan nanti tanggal 7-9 februari da pameran pendidikan dlm rangka tegal cerdas 2011 di GOR WISANGGENI, Akper Pemkot juga ikut andil disana,Silakan nanti datang ke stand kami ya, di stand no 19..Kami tunggu

  11. maysaroh said

    oea pak gimna saya bisa memperoleh soal” tauhun kemaren ??
    biar saya bisa mempunyai gambaran dan kapan saya bisa mengambil soal itu untuk pembelajaran di rumah.

  12. Dwi Apri said

    pak, kpan pendaftaran mahasiswa baru akper pemkot tegal tahun 2011???

  13. pak saya asli wong solo kra2 klo sya dftar dpersulit g

  14. mas, kalau jurusan ips bisa ikut daftar ke akper pemkot tegal, ga ?

  15. Indra said

    Pndftaran akper kota tegal kapan?

  16. nurjanah said

    pak klau lulusan tahun kemarin masih bza daftar?
    kapan tepatnya dan blan apa saya biza daftar?

  17. anggi said

    ka’
    di TU ada soal” seleksi tes tertulis taun kemaren gag?
    buat patokan blajarnya nannti’

  18. Ikhsan said

    Assalamu’alaikum,,
    bisa nda kalo mw ngcek nmr tlp/hp..???
    soalnya kemarin aku ragu,,
    trimz…

  19. maya said

    mas, maksudnya gelombang ekstra ittu apa?

    • joe said

      Gelombang ekstra adalah gelombang sebelem dilaksanakan ujian tulis gelombang 1. jadi seberapapun pendaftar yg sudah mendaftarkan diri sebelum tanggal 9 juni 2011 nantinya akan diikutkan dalam ujian tulis tanggal 9 juni 2011. ujian ini langsung di fasilitasi dinkes provinsi jawa tengah.Gelombang extra ini bertujuan untuk menjaring bibit-bibit unggul calon mahasiswa baru akper pemkot. Jika di gelombang ektra ini belom bisa lolos. Peserta/ calon mahasiswa bisa mendaftarkan lagi untuk mengikuti ujian di gelombang 1 atau 2. trims

  20. hani said

    untuk pendaftaran langsung ke kampus atau bagaimana??????
    daya tampung untuk mahasiswa baru berapa???

    • joe said

      iya langsung datang ke kampus akper pemkot tegal. jl dewi sartika no. 1 debong kulon kota tegal. daya tampung 100 mahasiswa.

  21. Teguh said

    apakah ada contoh soal tes seleksi masuk, untuk tahun-tahun sebelumnya yang bisa kami copi untuk dipelajari untuk persiapan tes seleksi bulan juni?

  22. rina Hartini said

    ada jurusan kebidanan engak anak saya mau saya daftrakan di sini?

  23. Danang Prasojo said

    maz joe,mo tanya nieh.
    saya dari jurusan IPS. kalo mau masuk terus dites,soalnya gmn mas??????
    msih ttp soal IPA kan?????

  24. Saputra said

    apa pendaftaran sekarang masih dibuka

  25. Noer Rakhim said

    assalamkm wr.wb..
    saya punya saudara di tegal… apa msh buka pendaftaran mhs baru,,, terus ijin pendirianya dari depkes… , saya pernah nanya-naya ke kopertis ,katanya ijin pendirian perguruan tinggi itu harus yang mengeluarkan Kemdiknas, mhn penjelasanya, terimakasih.

    • joe said

      Walaikumsalam, Maaf pendaftaran mhs baru sdh kami tutup, cm sampai gelombang 2. Sementara ini sambil menunggu proses alih bina dari kemenkes ke kemendiknas kami msh ikt pusdiknakes. iya pasti nantinya semua institusi pendidikan akreditasinya adalah BAN PT. dan yg melakukan pembinaan adalah kemendiknas

  26. Nisa Fitriana Hidayati said

    kalo di ips kan ga ada materi tentang ipanya ?? lhah nanti yang keterima disitu jurusan ipa semua dong

    sedangkan saya dari ips dan sangat berminat untuk masuk kesitu

    bagaimana ?

  27. sintawati said

    pak, saya mahasiswa akper pemkot tegal Tingkat III mau Tanya :
    Biaya PPGD sama Biaya Praktek Jiwa semuanya di total Berapa??
    Tolong dijawab secepatnya…karena 2 Bulan lagi…
    Supaya Saya bisa Memberitahukan orang tua saya secepatnyaa…
    TERIMA KASIH sebelumnya..

  28. Nisa Fitriana Hidayati said

    insya allah saya tahun depan melanjutkan ke Akper Pemkot Tegal, saya mohon bantuan tentang info apa saja , dan saya dari jurusn ips.
    apa bisa ketrima disitu??
    terimakasih

  29. vivi said

    asalamualaium wr.wb
    saya cuman cari info ada pendaftaran lagi tidak?
    selain tgl 4 juli-8 agustus ?
    maslahnya saya baru tau info ini ternyata sudah terlambat pendaftarannya .
    mohon infonya yah pak .
    sebelumnya terimakasih🙂
    wasalamualaikum wr.wb

    • joe said

      walaikumsalam, pendaftaran mahasiswa baru akan di buka lagi tahun depan, biasanya sekitar bln juni s/d agustus.

  30. vivi said

    ohh gituu ..
    terimakasiihh pak, kalau begitu slalu kasih infonya yah pakk

  31. Duwi pusriati said

    Info tentang beasiswa akper dan syarat-syarat pendaftarannya.penting sekali

  32. Ayu asmala said

    di akper yg melalui jalur PMDK/undangan ada apa gak ?? terus pndaftaran yg th 2012 mulai kapan?????
    makasih.

  33. boedy said

    untuk 1 semesternya tuh 2.5jt? tuh dapat di angsur kan?
    sama uang pangkal nya juga bisa di angsur juga?
    dan untuk pendaftaran tahun 2012 mulai kapan?

    • joe said

      pembayaran persemester aangkatan kemarin hanya 2jt.untuk pembayaran persemster, bisa diangsur. tp harus sdh lunas sebelum UTS/UAS. Uang IPP jg biasa diangsur selama satu tahun. Pendaftaran tahun 2012 sekitar bln mei/juni.

  34. putri aulia said

    pendaftaran mahasiswa baru tahun ajran 2012/2013 kapan pelaksanaanya ya?

  35. umi said

    pak kalo tinggi kurang dari 150cm masih bisa di terima pa tidak?

  36. kristin said

    klau blh tau di sini ada jurusan anastesi ga ya…dan pbyrn persemster brp duit?

  37. Kiki Natasya said

    selamat sore pak,,

    Terima kasih atas informasinya.
    Pak,saya sangat berminat sekali untuk melanjutkan sekolah ke akper pemkot tegal.
    sekarang ini saya sedang bekerja di malaysia trz insya Allah bulan july nanti kontrak kerja saya habis dan saya pulang k indonesia.

    yang jadi permasalahan bagi saya:
    –informasi di atas tertera tes seleksi untuk materi IPA(kimia,fisika,biologi). padahahal saya bukan dari jurusan IPA. saya dari SMK dan sewaktu di SMK sama sekali tidak ada pelajaran (fisika
    +kimia)
    –apakah saya bisa masuk tes seleksi tersebut..?? karena sama sekali saya tidak tahu tentang fisika dan kimia.
    –bagaimana caranya saya bisa mendapatkan materi kimia dan fisika untuk pembelajaran saya nanti..??
    –apakah di kampus akper ada kisi-kisi/contoh soal tes seleksi tahun lalu..?

    mohon jawaban dan solusi atas masalah saya dengan segera pak,karena buat tolak ukur saya nanti.

    terima kasih,,

    • joe said

      Trimakasish sudah mampir ke sini, salut buat anda krn sudah bekerja msh semangat untuk melanjutkan sekolah..betul sekali untuk materi tes tulis (matematika, IPA : biologi,fisika dan kimia. bahasa inggris serta bahasa indonesia)Syarat untuk masuk Akper tidak harus SMA ataupun harus Jurusan IPA, Tetapi bisa dari SMA semua jurusan termasuk SMK atau sederajat..Belum tentu yg SMK atau yang jurusan IPS tidak bisa mengerjakan tes tulis, asal ada niat dan kemauan untuk belajar..anda pasti bisa..krn semua Bisa dipelajari.
      Anda bisa belajar soal-soal tes seleksi masuk perguruan tinggi…untuk melihat contoh soal thn2 sebelumnya bisa dilihat di kampus AKper.trim

      • Kiki Natasya said

        terima kasih untuk jawaban dan solusi bpk atas masalah saya.

        pasti saya akan bersungguh-sungguh mempelajari contoh soal-soal thn sebelumnya.
        karena saya menginginkan sekali untuk masuk ke akper tegal.

        terus,,kira-kira kapan saya bisa melihat contoh soal-soal thn sebelumnya..?

        pak,di dalam informasi penerimaan calon mahasiswi baru, tertera “calon mahasiswi mengisi formulir pendaftaran onlline yang dimulai pada bulan april”. berarti sebelum kita datang ke kampus nutuk menyerahkan berkas lamaran, kita mesti daftar online terlebih dahulu..??

      • joe said

        betul mulai 1 april pendaftaran dibuka, dan calon mhs baru diwajibkan mengisi formulir pendaftaran secara online. bukti pendaftaran online berupa print out nanti silakan di bawa sendiri ke kampus akper pemkot tegal bersama persaratan yang lainya. untuk soal Bisa nanti di tanyakan di bagian pendaftaran

  38. puspita said

    Assalamualaikum,,,
    Pak sya mau tnya sya sdah mndftar di akper pemkot tegal Lewat jalur online, dan sudah mndaptkan data dan nomor pendaftarannya,,
    yg sya tnyakan prosedur selanjutnya bagaimana Pak,,?

    mohon penjelasannya.
    trims

    • joe said

      Walaikumsalam….Silakan lihat informasi pengumuman di halaman depan. Pendaftaran berlaku mulai 1 april. dan bukti pendaftaran berupa cetak(printout) bersama persaratan yang lainya dibawa langsung sendiri ke kampus akper pemkot tegal. ke bagian pendaftaran mahasiswa bari.

      • puspita said

        oowh begitu pak,,
        tapi bagaimana dengan pendafaran lewat online sebelum 1 april pak,,? brrti tdk berlaku pak..? brrti sya harus daftar lagi nanti tanggal 1 april pak? apa printout bukti pendaftaran saya yang sebelum tgl 1 april di bawa ke akper pemkot tegal tanggal 1 april nanti ,,?

      • joe said

        mhn maaf, harus mengisi data lagi secara online, krn data sebelum 1 april akan hilang.tx

      • puspita said

        yawdah terima kasih atas informasinya pak,,,

  39. Kiki Natasya said

    terima kasih..
    pak,,pendaftaran dimulai perkiraan pda bln apa..??

    trs,,setelah mengisi formulir pendaftaran online, bagi calon peserta mhs baru langkah selanjutnya menyerahkan berkas-berkas lainnya ke kampus.
    misalkan,saya sudah mendaftar secara online, tp berhubung saya pulang k indonesia pertengahan bln july..apakah pendaftarannya masih dibuka..??trs hasil printuotnya masih berlaku atau tidak..??

    • joe said

      pendaftaran mulai 1 april, stlah daftar inline, menyiapkan berkas dan dikirim sendiri ke kampus..klo kauta blm terpenuhi bulan juli msh dibuka pndaftaran gel 2…msh berlaku

  40. inggar asmara said

    pak saya mau tnya,,,,klo misalkan udh dftr online tgl 1………saya bwa bukti pndftrn dan berkas-berkasnya ke pemkot tegal tgl 3..bisa gak???

  41. izal f said

    ad ospeknya ga pak ?

  42. Pak saya mau tanya, apakah untuk jurusan akuntansi bisa masuk? karna waktu SMK saya tidak ada pelajaran fisika, terimakasih.

  43. assalamualaikum ,pak mw tny daya tmpung mhasiswa bru thn 2012 brp ?

    makasih

  44. liana said

    assalamualaikum pak

    pendaftaran terakhir buat gelombang 1 kapan?

  45. liana said

    assalamualaikum pak
    penutupan pendaftaran onlinenya tanggal berapa pak

    • joe said

      Gelombang I terakhir tanggal 8 juni 2012 karena tanggal 9 hari sabtu sudah dilaksanakan tes tulis..gel II dibuka lagi mulai tanggal 11 Juni 2012.tx

  46. 110509 said

    pak …
    kalo sya dftarin uang 250.000 nya langsung ke kampus ,,bisa kah ???
    soal nya sya kurang ngerti sihh ….
    sya akan bawa lngsng syarat2 nya …..

  47. richy said

    pengumuman lewat apa??

  48. danang jatmiko said

    ass.saya danang jatmiko..saya berniat mendaftar di akper pemkot,
    kira2 akper pemkot menerima banyak mahasiswa gk ya?makasih

  49. ashofiyah said

    assalamualaiKum pak

    ,begini saya mau nanya saya dulu sekolah tidak terlalu pintar tapi saya berminat u/ntuk melanjutkan kuliah ke pemkot tegal kira-kira ada nilai minimum untuk semester awal masuk SMA apa tidak ya pak ???…..

  50. Chintia E. Winandiani said

    , boleh tau kapan pendaftaran akper tp 2013/2014 dibuka ??
    trus syrat2 nha maceh sama gag ??

  51. pendaftaran untuk tahun 2013 mulai kapan? saya dari smk apakah bisa masuk ke akper [emkot tegal?

  52. rainda syukurillah fachri said

    pndaftaran tahun kpan di buka?

  53. rainda syukurillah fachri said

    gelombang 1 dri kpan sampai kpan?

  54. Prio said

    Saya mau tanya untuk tahun kmrn jumlah total pndftar brapa ya ?
    makasih….

  55. pak saya dari jurusan ips , saya mempunyai nilai rata2 diatas 7 .
    saya tidak mempunyai prestasi olahraga dsb . kira2 ditrima tidak pak ?

  56. pak saya dari jurusan ips , saya mempunyai nilai rata2 diatas 7
    \saaya tidak mempunyai prestasi olahraga dsb .kira2 dtrima tidak pak ?
    pendaftaran tahun ini banyak apa lumayan pak ? pesaingnya tinggi2 nilainya tidak pak ? sya mengkuti jalur pmdp

  57. Wiwit iryana hidayati said

    Kpn pendftrn d tutup?

  58. eti said

    pak gelombang satu tesnya yang pasti tanggal berapa sih??balas

  59. Miftahul Faizin said

    pak mau tanya?
    kalau sudah mengisi formulir pendaftaran dan sudah mencetak data pendaftaran’nya terus lanjutan’nya bagaimana?

  60. maaf pak saya mau tanya, kira2 gelombang II daya tampungnya tinggal berapa yah pak ? mksh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: