AKPER PEMKOT TEGAL

Hidup adalah Proses Belajar dan Berjuang Tanpa Batas

AKPER PEMKOT TEGAL ADAKAN PELATIHAN PPGD

Posted by joe pada 16/02/2010

Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPicImage and video hosting by TinyPic

Akademi Perawat (Akper) Pemkot Tegal mengadakan pelatihan penanggulangan penderita gawat darurat (PPDG) bekerjasama dengan team EMS 119 DKI Jakarta pada hari  Kamis – Minggu ( 11 – 14 Februari 2010 ) di Akper Pemkot Jalan Dewi Sartika nomor 1, Kota Tegal .

Pelatihan PPGD diikuti 109 peserta yang berasal dari mahasiswa Akper Pemkot Tegal tingkat III sebanyak 106 orang, dan 3 orang dari  RSUI Harapan Anda Tegal,. Sedangkan sebagai pelatih adalah dari Emergency Medical Services (EMS) 119 Jakarta.

Kegawatdaruratan adalah suatu kondisi mengancam jiwa, yang membutuhkan penanganan segera dan akurat yang karena ancaman A,B,C dan D berdampak kepada kecacatan tetap bahkan ancaman kematian.

Pengetahuan dan ketrampilan medis mutlak diperlukan bagi tenaga kesehatan dalam hal ini tenaga perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kebutuhan ini menjadi semakin penting ketika seorang perawat dihadapkan pada kasus-kasus gawat darurat. Dalam keadaan ini, langkah cepat dan tepat dari perawat dalam menangani pasien, sangat menentukan nasib kesakitan dan kematian pasien tersebut.

Untuk dapat melakukan pertolongan kegawatdaruratan maka perawat perlu mendapatkan ketrampilan dalam penanganan tersebut melalui pelatihan PPGD

Direktur Akper Pemkot Tegal, Wari Triasti SKp mengatakan, pelatihan PPGD merupakan program yang dilaksanakan sejak 2003 dan dilaksanakan setiap tahun sekali.

Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kualitas lulusan yang dihasilkan sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Dalam pelatihan tersebut, beberapa materi yang diberikan EMS 119 Jakarta antara lain Sistem penanggulangan gawat darurat terpadu (SPGDT), penaggulangan luka bakar, penatalaksanaan shock/pingsan, terapi cairan dan elektrolit, teknik pembalutan dan pembidaian korban dan evakuasi korban.

Pelatihan diawali dengan pretest kepada seluruh peserta dan diakhiri dengan postes, dalam pelatihan ini juga diadakan simulasi system triage pada penanganan teroris, kecelakaan mobil dan korban bencana alam.Keluar sebagai peserta terbaik pelatihan PPGD  berturut-turut adalah : Sucianastasia M, Sulastri dan Windawati Eka J.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: