AKPER PEMKOT TEGAL

Hidup adalah Proses Belajar dan Berjuang Tanpa Batas

INILAH KESIAPAN PENDIDIKAN KEPERAWATAN INDONESIAN DALAM RANGKA PERAWAT GO INTERNATIONAL

Posted by joe pada 08/12/2010

Institusi pendidikan keperawatan di Indonesia harus menyadari bagaimana dia bisa menghasilkan lulusan yang memenuhi syarat kredensial dari Negara lain sehingga lulusanya bisa diterima bekerja di semua tatanan dan diseluruh dunia. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah para lulusan harus memperoleh pengetahuan teoritis dan pengalaman praktek klinik yang memadai, dengan mengacu konsep pendidikan keperawatan yang berpusat pada pemenuhan kebutuhan klien ddan hubungan perawat klien.

Beberapa peraturan telah ditetapkan oleh Negara-negara maju sesuai dengan system akreditasi mereka. Misalnya Amerika Serikat memiliki badan yang akan memeriksa kualifikasi pendidikan yang telah ditempuh dinegara asal. Ada beberapa Negara bagian yang menggunakan “the Commission on Graduate of Foreign Nursing School” (CGFNS) yang akan mengevaluasi transkip dan kualifikasi perawat yang akan bekerja di USA. Untuk dapat bekerja di USA, seorang perawat yang telah menyelesaikan pendidikan keperawatan diluar USA harus menjalankan beberapa macam test, antara lain test akreditasi dari institusi pendidikan.

Dua macam akrditasi yang diharuskan adalah akreditasi institusional dan akreditasi professional atau krditasi ,khusus. Badan akreditasi institusi melihat kualitas dan integritas institusi secara keseluruhan menilai hasil institusi didalam pencapaian misi, tujuan institusi dan hasil yang diharapkan. Akreditasi profesional melihat program study dalam lingkup professioonal atau occupational.

Badan akreditasi professional mengkaji program tertentu tentang apa yang telah dicapai sesuai dengan misi, tujuan dan hasil yang diharapkan oleh program tersebut. Sebagai tambahan yang juga peenting dalam akreditasi ini adalah menetapkan kualitas program dan persiapan pendidikan sebgai anggota dari profesi.

Ujian dibuat untuk menilai perawat yang memperoleh pendidikan internasional yang kualified untuk bekerja di amerika. Apabila kita lulus berarti kredensial kita abash/valid dan standard pendidikan yang ditempuh oleh yang bersangkutan memenuhi program keperawatan di Amerika Serikat.

Mengacu hal-hal tersebut maka sistim pendidikan tinggi keperawatan di Indonesia mlakukan brbagai persiapan dalam penerapan kurikulum pada proses belajar mengajarnya yaitu dengan cara :

 

  • Melakukan kolaborasi dengan organisasi profesi keperawatan di Indonesia untuk menetapkan standard kompetensi pendidikan.
  • Melakukan perbaikan dalam sistim pembelajaran yang berfokus pada pelajar (Student Center Learning), sehingga mahasiswa keperawatan dilatih untuk belajar mengambil keputusan berfikir kritis
    • Menggunakan kurikulum yang berdasarkan kompetensi
    • Berorientasi pada perkembangan kebutuhan pelayanan keperawatan secara global
    • Mengikuti perkembangan pendidikan dan pelayanan keperawatan dunia
  • Mempersiapkan lulusan untuk bisa bekerja secara nasional dan global misalnya dengan kemampuan bahasa inggris, arab dan jepang

Perawat Indonesia sudah menyadari pentingnya persiapan menghadapi globalisasi, segala usaha sudah dilakukan untuk meningkatkan kualitas perawat dan menetapkan sertifikasi dan lisensi bagi perawat Indonesia. Usaha-usha organisasi keperawatan Indonesia telah menghasilkan ketentuan-ketentuan seperti lisensi bagi perawat dari SIP,SIK,SIPP yang merupakan gambaran bahwa perawat Indonesia juga harus teregistrasi dengan tingkat atau jenjang-jenjang kompetensi yang harus ditempuh.

PPNI juga telah mempersiapkan instrument untuk mengukur kemampuan masing-masing kompetensi yang ditetapkan dalam jenjang tersebut. Pemerintah dalam hal ini departemen tenaga kerja dan departemen kesehatan sera Dpartemen pendidikan talah mempersiapkan wadah-wadah serta sistim yang lebih professional.

Departemen pendidikan sudah menggalakan akreditasi institusi pendidikan dengan bekerjasama dengan PPNI sehingga semua institusi pendidikan melaksanakan program pendidikan yang sejalan dan sesuai dengan kompetensi yang telah ditetapkan oleh profsi

 

Kompetensi yang harus dimiliki perawat Indonesia untuk dapat bekerja diluar negri

Kompetensi utama yang harus dimiliki oleh perawat Indonesia sesuai dengan konsep pendidikan adalah bisa memberikan asuhan keperawatan dan pelayanan keperawatan yang komprehensif dalam pelayanan kesehatan, hal ini akan diukur dan dievaluasi dengan NCLEX/CGFNS untuk USA atau tes kemampuan klinik yang ditetapkan oleh Nursing Council pada masing-masing Negara yang ditunjuk untuk melakukan test, misalnya untuk Amerika Serikat menunjuk Filipina atau Hongkong untuk melakukan Test, sedangkan Australia, Canada, atau Inggris dll lebih banyak melakukan tes dinegaranya. Ujian English language training for TOEFL/IELTS dilakukan dinegara peserta.

Kompetensi lain yang diharapkan adalah orientasi tentang keperawatan secara teoritical dan philosophical dari Negara yang dituju.

Satu Tanggapan to “INILAH KESIAPAN PENDIDIKAN KEPERAWATAN INDONESIAN DALAM RANGKA PERAWAT GO INTERNATIONAL”

  1. tri mutiara said

    mohon jika ada info tentang perekrutan atau beasiswa perawat ke luar negri harap hubungi sy.thank’s b4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: