AKPER PEMKOT TEGAL

Hidup adalah Proses Belajar dan Berjuang Tanpa Batas

ADA APA DENGAN AKPER PEMKOT TEGAL..?

Posted by joe pada 27/05/2010

Terkait dengan pemberitahuan di surat kabar suara merdeka pada hari selasa, 25 Mei 2010 tentang “DPRD segera cek perizinan Akper Pemkot”, berikut kami sampaikan kondisi real Akper pemkot tegal.

Akper Pemkot berdiri berdasarkan SK Menkes No. HK.20.06.1.3.02132 tanggal 18 Mei 1998, dan merupakan institusi Pendidikan Tinggi Diploma III Perawat, dengan status MILIK PEMERINTAH KOTA TEGAL, dan dikelola sepenuhnya oleh Pemerintah Kota Tegal.

Dalam pengelolaan pendidikan, Akper Pemkot dalam system penjaminan mutu pendidikan,, mengacu kepada BPPSDM Pusdiknakes Depkes RI, Bukan oleh Dirjen Dikti Depdiknas, sehingga segala perijinan mulai dari pendaftaran mahasiswa, akreditasi sampai dengan ijazah kelulusan dikeluarkan oleh Depkes RI.

Pada tahun 2009, dengan telah ditetapkanya Undang – Undang No. 9 tahun 2009 tentang Badan Hukum Pendidikan, maka bagi institusi diknakes pemda yang memiliki ijin penyelenggara dari Depkes, harus melakukan perubahan status menjadi Badan Hukum Pendidikan (BHP), dan Akper Pemkot pun dalam proses BHP

Namun Dengan adanya pembatalan Undang – Undang No. 9 tahun 2009 oleh Mahkama Konstitusi pada bulan maret 2010, maka institusi pendidikan tinggi kesehatan milik pemda kembali kepada Depkes, dan perijinan penerimaan mahasiswa diterbitkan oleh depkes melalui surat edaran kementerian kesehatan No. DM.01.04/H.III.545/2010 tentang penyelenggaraan pendidikan tinggi kesehatan milik Pemerintah Daerah tanggal 10 Mei 2010.

Dengan demikian Akper Pemerintah Kota Tegal dapat menerima mahasiswa baru tahun 2010 dengan sistim pelaksanaan mengacu kepada Sipenmaru Diknakes yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Kepada Masyaarakat yang ingin mendaftar di Akper Pemerintah Kota Tegal tidak usah bingung ataupun takut dengan gossip – gossip yang tidak bisa dipertanggungjawabkan atau terhadap pihak-pihak yang tidak menyukai keberadaan Akper Pemkot Tegal. Sampai saat ini Akper Pemkot Tegal tetap exsis. Dari tahun ke tahun terbukti pendaftar yang ingin kuliah di Akper Pemkot semangkin meningkat. Diulang tahunya yang ke – 12 kemarin Akper milik pemerintah kota tegal ini akan terus meningkatkan mutu pendidikan melalui pelatihan dosen dan kulaih ke S2 secara berkelanjutan.

2 Tanggapan to “ADA APA DENGAN AKPER PEMKOT TEGAL..?”

  1. alif said

    utk tahu benar atau tidak, baca aja UU sistem pendidikan nasional dan UU guru dan dosen, yg isinya antara lain : seluruh lembaga pendidikan izin di keluarkan oleh dikti, dan utk lembaga yg dibawah depkes diberi waktu hingga 2012 utk mengajukan alih bina.
    pengalaman kami lebih enak gabung ke dikti daripada depkes, gabung ke depkes cuma ambil uang kita aja, pembinaan, pelatihan dan pengembangan tdk pernah dilakukan apalagi beasiswa utk mhs, kalo dikti wah banyak keuntungan yg diperoleh, beasiswa dosen, beasiswa mhs, bantuan operasional, jabatan fungsional dosen, sertifikasi dosen, pelatihan2 dan lain sebagainya. Akreditasi dari depkes juga tdk diakui , sesuai uu akreditasi yg diakui adalah dari BAN-PT (Badan akreditasi Nasional Perguruan tinggi).

    • joe said

      Terima kasih atas kommentnya, institusi pendidikan tinggi milik “PEMDA” merupakan satu masalah tersendiri dari berbagai masalah tentang sisdiknas, karena permasalahan tersebut menyangkut kepentingan tiga kementrian, yaitu kementrian dalam negeri, kementrian kesehatan dan kementrian pendidikan.
      Saat ini memang dengan berlakunya UU sisdiknas nanti semua lembaga pendidikan tinggi, meskipun milik “PEMDA” memang harus beralih kepada dikti, dan mekanisme tentang pemindahan hal tersebut sedang diatur oleh 3 kementrian tersebut, atau akan dibuat Peraturan Pemerintah terkait pemindahan tersebut. Jadi tidak instan ketika terbit UU Sisdiknas, maka Akper Pemkot dikatakan tidak berijin.
      Dalam pertemuan antara Aptikesda (Asosiasi pendidikan tinggi kesehatan milik Daerah), (sebanyak 98 institusi milik pemda), maka ada kesepakatan antara 3 kementrian yang intinya disampaikan bahwa untuk sementara sambil menunggu proses pemindahan kepada dikti, maka proses perijinan dan lainnya berada di Pusdiknakes Depkes RI. Insya Allah sebelum tahun 2012 semua peraturan perundang-undangan telah selesai dibuat dan bisa beralih ke dikti

      Jadi Akper Pemda mendapatkan perlakuan yang khusus, berbeda dengan Akper Swasta yang harus beralih ke Dikti pada tahun 2010 ini, dengan toleransi waktu sampai dengan tahun 2012

      Terima kasih atas diskusinya, dan informasinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: