AKPER PEMKOT TEGAL

Hidup adalah Proses Belajar dan Berjuang Tanpa Batas

Microneedles: jarum suntik masa depan yang tidak sakit

Posted by joe pada 28/12/2010

Bagi sebagian besar anak kecil (bahkan orang dewasa) bila berhadapan dengan jarum suntik (needles) akan menjadi suatu “mimpi buruk” apalagi bila sudah membayangkan masuknya jarum ke dalam tubuh. Ihhhh . . . . . .

Tetapi mungkin ini akan menjadi masa lalu bila penemuan yang dilakukan oleh Institut Teknologi Kharagpur (Institute of Technology Kharagpur) dan Universitas Tokai, Jepang (Tokai University).

Mereka telah mengembangkan sebuah jarum suntik yang disebut jarum suntik mikro (microneedles) yang menjamin bahwa sama sekali tidak ada rasa sakit bagi siapaun bila disuntik dengan menggunkan jarum mickro yang satu ini.

 

Desain jarum ini sendiri diinspirasi oleh sengat yang ada di seekor nyamuk betina. Tahu kan, kebanyakan dari kita, tidak pernah merasakan apapun bila digigit nyamuk dan inilah yang menjadi inspirasi dari jarum mikro tersebut.

Berbicara mengenai ukuran, sebagai informasi jarum suntik yang ada saat ini mempunyai ukuran diameter sekitar 900 microns sedangkan microneedles mempunyai ukuran hanya 60 microns (15 kali lebih kecil).

Material dari jarum suntik mikro ini menggunakan titanium yang pada akhirnya akan menjadi kendala dalam masalah harganya (www.lintasberita.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: