AKPER PEMKOT TEGAL

Hidup adalah Proses Belajar dan Berjuang Tanpa Batas

PERAN DAN FUNGSI PERAWAT

Posted by joe pada 09/09/2009

images20

A. Peran Perawat

Menurut konsorsium ilmu kesehatan tahun 1989 peran perawat terdiri dari :

1. Sebagai pemberi asuhan keperawatan

Peran ini dapat dilakukan perawat dengan memperhatikan keadaan kebutuhan dasar manusia yang dibutuhkan melalui pemberian pelayanan keperawatan. Pemberian asuhan keperawatan ini dilakukan dari yang sederhana sampai dengan kompleks.

2. Sebagai advokat klien

Peran ini dilakukan perawat dalam membantu klien & kelg dalam menginterpretasikan berbagai informasi dari pemberi pelayanan khususnya dalam pengambilan persetujuan atas tindakan keperawatan. Perawat juga berperan dalam mempertahankan & melindungi hak-hak pasien meliputi :

- Hak atas pelayanan sebaik-baiknya

- Hak atas informasi tentang penyakitnya

- Hak atas privacy

- Hak untuk menentukan nasibnya sendiri

- Hak menerima ganti rugi akibat kelalaian.

3. Sebagai educator

Peran ini dilakukan dengan membantu klien dalam meningkatkan tingkat pengetahuan kesehatan, gejala penyakit bahkan tindakan yang diberikan sehingga terjadi perubahan perilaku dari klien setelah dilakukan pendidikan kesehatan.

4. Sebagai koordinator

Peran ini dilaksanakan dengan mengarahkan, merencanakan serta mengorganisasi pelayanan kesehatan dari tim kesehatan sehingga pemberi pelayanan kesehatan dapat terarah serta sesuai dengan kebutuhan klien.

5. Sebagai kolaborator

Peran ini dilakukan karena perawat bekerja melalui tim kesehatan yang terdiri dari dokter, fisioterapi, ahli gizi dll dengan berupaya mengidentifikasi pelayanan keperawatan yang diperlukan.

6. Sebagai konsultan

Perawat berperan sebagai tempat konsultasi dengan mengadakan perencanaan, kerjasama, perubahan yang sistematis & terarah sesuai dengan metode pemberian pelayanan keperawatan

7. Sebagai pembaharu

Perawat mengadakan perencanaan, kerjasama, perubahan yang sistematis & terarah sesuai dengan metode pemberian pelayanan keperawatan

B. Fungsi Perawat

1. Fungsi Independen

Merupakan fungsi mandiri & tidak tergantung pada orang lain, dimana perawat dalam melaksanakan tugasnya dilakukan secara sendiri dengan keputusan sendiri dalam melakukan tindakan untuk memenuhi KDM.

2. Fungsi Dependen

Merupakan fungsi perawat dalam melaksanakan kegiatannya atas pesan atau instruksi dari perawat lain sebagai tindakan pelimpahan tugas yang diberikan. Biasanya dilakukan oleh perawat spesialis kepada perawat umum, atau dari perawat primer ke perawat pelaksana.

3. Fungsi Interdependen

Fungsi ini dilakukan dalam kelompok tim yang bersifat saling ketergantungan diantara tim satu dengan yang lainnya. Fungsi ini dapat terjadi apabila bentuk pelayanan membutuhkan kerjasama tim dalam pemebrian pelayanan. Keadaan ini tidak dapat diatasi dengan tim perawat saja melainkan juga dari dokter ataupun lainnya.

Keperawatan adalah bentuk pelayanan profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan didasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan, berbentuk pelayanan bio-psiko – sosial dan spiritual yang komprehensif, ditujukan kepada individu, kelompok dan masyarakat baik sehat maupun sakit yang mencakup seluruh daur kehidupan manusia.

Keperawatan merupakan ilmu terapan yang menggunakan keterampilan intelektual, keterampilan teknikal dan keterampilan interpersonal serta menggunakan proses keperawatan dalam membantu klien untuk mencapai tingkat kesehatan optimal.

Kiat keperawatan (nursing arts) lebih difokuskan pada kemampuan perawat untuk memberikan asuhan keperawatan secara komprehensif dengan sentuhan seni dalam arti menggunakan kiat – kiat tertentu dalam upaya memberikan kenyaman dan kepuasan pada klien. Kiat – kiat itu adalah :

1. Caring , menurut Watson (1979) ada sepuluh faktor dalam unsur – unsur karatif yaitu : nilai – nilai humanistic – altruistik, menanamkan semangat dan harapan, menumbuhkan kepekaan terhadap diri dan orang lain, mengembangkan ikap saling tolong menolong, mendorong dan menerima pengalaman ataupun perasaan baik atau buruk, mampu memecahkan masalah dan mandiri dalam pengambilan keputusan, prinsip belajar – mengajar, mendorong melindungi dan memperbaiki kondisi baik fisik, mental , sosiokultural dan spiritual, memenuhi kebutuhan dasr manusia, dan tanggap dalam menghadapi setiap perubahan yang terjadi.

2. Sharing artinya perawat senantiasa berbagi pengalaman dan ilmu atau berdiskusi dengan kliennya.

3. Laughing, artinya senyum menjadi modal utama bagi seorang perawat untuk meningkatkan rasa nyaman klien.

4. Crying artinya perawat dapat menerima respon emosional diri dan kliennya.

5. Touching artinya sentuhan yang bersifat fisik maupun psikologis merupakan komunikasi simpatis yang memiliki makna (Barbara, 1994)

6. Helping artinya perawat siap membantu dengan asuhan keperawatannya

7. Believing in others artinya perawat meyakini bahwa orang lain memiliki hasrat dan kemampuan untuk selalu meningkatkan derajat kesehatannya.

8. Learning artinya perawat selalu belajar dan mengembangkan diri dan keterampilannya.

9. Respecting artinya memperlihatkan rasa hormat dan penghargaan terhadap orang lain dengan menjaga kerahasiaan klien kepada yang tidak berhak mengetahuinya.

10. Listening artinya mau mendengar keluhan kliennya

11. Feeling artinya perawat dapat menerima, merasakan, dan memahami perasaan duka , senang, frustasi dan rasa puas klien.

13. Accepting artinya perawat harus dapat menerima dirinya sendiri sebelum menerima orang lain

Sebagai suatu profesi , keperawatan memiliki unsur – unsur penting yang bertujuan mengarahkan kegiatan keperawatan yang dilakukan yaitu respon manusia sebagai fokus telaahan, kebutuhan dasar manusia sebagai lingkup garapan keperawatan dan kurang perawatan diri merupakan basis intervensi keperawatan baik akibat tuntutan akan kemandirian atau kurangnya kemampuan.

Keperawatan juga merupakan serangkaian kegiatan yang bersifat terapeutik atau kegiatan praktik keperawatan yang memiliki efek penyembuhan terhadap kesehatan (Susan, 1994 : 80).

About these ads

26 Tanggapan to “PERAN DAN FUNGSI PERAWAT”

  1. YANG PENTING NAMANYA PERWAT MNGERJAKAN TUGAS YANG SESUAI DENGAN PEKERJAANYA

  2. anton said

    maju terus perawat indonesia,bersatu majukan indonesia sehat melalui nursing home care he.he.he………….

  3. risa said

    go nursing!!!!

  4. Salwa said

    Apa boleh perawat mberi nutrisi herbal pd pasienx?apakah tndakan itu tmasuk malpraktek tugas perawat?

    • joe said

      @salwa : pemberian obat herbal bukan termasuk tindakan mal praktek..tindakan malpraktek tu ketika seorang perawat memberikan obat medis/resep..justru sekarang yg di kembangkan di dunia barat adalah pemberian obat herbal (konsep Back the Nature)

      • raditya said

        Pemberian tindakan apapun harus melihat kemampuan kita, apakah kita sudah benar2 kompeten untuk melakukannya dan juga harus melihat peran dan fungsi kita sebagai perawat sesuai undang2 yang ada di Indonesia. Tk

  5. UNDERGROUND HACKING MUSLIM said

    perawat sekarang mata duitan soalnya di rumah sakit di daerahku pasien orang-orangyang tidak mampu secara finansial selalu di abaikan, tapi yang kaya di urus sedemkian rupa agar terlihat bagus pelayanannya. FUCK YOU PERAWAT, bayi bude saya meninggal gara-gara di tangani oleh perawat yang lagi PKLan

    • joe said

      Trimakasih masukanya……sy yakin tdk semua perawat seperti itu,tdk adil kalau menggeneralisasi semua perawat seperti itu. Terhadap adek-adek calon perawat sy selalu berkata hendaknya nanti setelah lulus mampu bersikap profesional baik kognitif,skill dan psikomotor serta memahami kiat dan ilmu keperawatan

      • amelia magdalena kawengian said

        selidiki dulu bayi budemu itu sakit apa,jangan asal maki dong…satu saat nanti kamu ato keluarga mu sakit toh yang ngerawat perawat juga..kecuali kedukun sih ngak akan ketemu perawat..

    • dede said

      saya setuju dengan mas joe… tidak baik juga memvonis perawat seperti itu… kasihan perawat-perawat yang melayani dengan sepenuh hati… barangkali hanya pihak-pihak tertentu saja yang seperti itu

      • saya setuju dengan pendapat Joe dan Dede,,,, tidak semua perawat seperti itu,,,,,,, buktinya saya sudah 4 tahun menjalani provesi sebagai seorang perawat dan puji TUHAN saya tidak pernah menyusahkan klien saya dan bahkan bahkan mereka senang dengan pelayanan yang saya berikan.
        Dan sekedar saran untuk UNDERGROUND HACKING MUSLIM jika anda tidak menerima atau merasa tidak senang dengan cara kerja petugas kesehatan/perawat yang ada di RS tempat tinggal anda,segera laporkan kepada pihak yang berwajib dan jangan mencac yang tidak-tidak tentang perawat.

  6. [...] PERAN DAN FUNGSI PERAWAT #gallery-1 { margin: auto; } #gallery-1 .gallery-item { float: left; margin-top: 10px; text-align: center; width: 33%; } #gallery-1 img { border: 2px solid #cfcfcf; } #gallery-1 .gallery-caption { margin-left: 0; } [...]

  7. salam kenal Ners..

  8. Maju terus nursing, ,,,,, jayalah kesehatan masyarakat……..

  9. bagaimana caranya mengatasi pasien HIV AIDS dengan konsep orem?trimakasih

  10. sayed said

    apakah seorang perawat harus mengetahui dan mengerti tentang pembacaan hasil lab,,??

  11. usmancs said

    apakah kesulitan yang dihadapi seorang perawat?? soalx aq mw daftar jadi perawat.. tolong penjelasanx yg sdang berprofesi perawat
    tq..

  12. berlin said

    tingkatkan fungsi dan peran perawat

  13. yohana said

    Makasih artikelnya, saya sangat membutuhkannya untuk merefresh ilmu keperawatan saya, terlalu rumit mencari kembali buku2 waktu kuliah, dan artikel ini mempermudah saya..

  14. hansar said

    pekerjaan perawat itu sangat mulia karna bisa menolong banyak nyawa

  15. hansar said

    perawat itu bagaikan tuhan ke dua bagi kita semua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 35 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: