AKPER PEMKOT TEGAL

Hidup adalah Proses Belajar dan Berjuang Tanpa Batas

TRIK CEPAT CARA MENGHILANGKAN KARANG GIGI

Posted by joe pada 09/07/2010

Karang gigi atau “kalkulus” terbuat dari plak  dan zat kapur yang berada di air liur. Plak sendiri terdiri dari lapisan bening di gigi ( perikel ) dan kuman. Di dalam mulut kita terdapat lebih dari 350 jenis kuman yang dapat menyebabkan karies. Jika di gigi atau sela-sela gigi terdapat banyak makanan yang tidak di bersihkan maka kuman akan mencerna makanan tersebut, lama-kelamaan akan menyebabkan karang gigi.

Karang gigi melekat erat dengan gigi dan hanya bisa di bersihkan dengan scaller, atau alat ekstraktor oleh dokter gigi.

Warna karang gigi mula-mula kuning, lama-kelamaan dapat berwarna coklat atau kehitaman sesuai dengan kebiasaan seperti merokok atau minum kopi.

Karang gigi dapat menyebabkan gigi goyang dan mudah tanggal karena penurunan gusi, gusi bengkak, gusi berdarah terutama saat menyikat gigi, dan halitosis (bau mulut). bisa juga tangan kiri anda copot

Karang Gigi yang nama lainnya adalah kalkulus merupakan kotoran dalam mulut yang menempel di gigi dalam jangka waktu lama sehingga lama kelamaan akan mengeras dan membatu sehingga sulit untuk dibersihkan dengan gosok gigi. Dari segi penampilan karang gigi memang kurang sedap dipandang mata sehingga bagi yang memperhatikan penampilan sebaiknya membersihkannya dengan cara yang baik dan benar.

Setiap orang beda-beda dalam menghasilkan karang gigi di dalam mulutnya. Ada yang mudah terbentuk dan ada pula yang lama terbentuknya tergantung kondisi lingkungan dalam mulut, kandungan dalam air liur (ludah), makanan yang kita makan, kondisi gigi geligi, jenis kuman yang ada di mulut kita, dan lain-lain.

Untuk menghilangkan kalkulus atau karang gigi sebaiknya tidak dilakukan sendiri atau menggunakan suatu benda atau obat kimia yang tidak jelas. Untuk membersihkan karang gigi sebaiknya datang ke dokter gigi baik yang praktek di rumah, rumah sakit, klinik, puskesmas, dan lain sebagainya. Jika anda tidak punya banyak uang sebaiknya datang ke puskesmas atau pusat kesehatan lain yang bisa terjangkau. Mintalah dokter gigi untuk membersihkan karang gigi anda dengan teknik scaling maupun cara lainnya.

Menggunakan cara yang salah justru hanya akan memperparah keadaan yang tadinya baik-baik saja. Jika anda nekat membersihkan dengan batu, pisau, logam, benda tajam, dan lain-lain maka bisa jadi yang dikikis justru lapisan email gigi kita yang sangat penting atau bahkan bisa menyebabkan infeksi dan kantung kuman dalam gigi dan gusi. Agar lebih aman sebaiknya datang ke dokter gigi saja (bukan ahli gigi) agar gigi anda bisa kembali ke sedia kala serta tetap sehat dan kuat.

Agar kalkulus tidak kembali lagi ke gigi kita, kita bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan karang gigi sebagai berikut di bawah ini :

1. Rajin gosok gigi setelah makan dan sebelum tidur dengan pasti gigi / odol yang mencegah plak.

2. Rajin minum air putih yang bersih sambil kumur-kumur.

3. Rajin membersihkan bekas sisa makanan / jigong yang ada di pojok dan sela-sela gigi dengan benang gigi.

4. Rajin kumur-kumur dengan cairan pembersih mulut / dental floss yang bisa mencegah plak karang gigi.

5. Rajin makan buah dan atau sayur karena seratnya dapat membantu menghilangkan sisa makanan di gigi dan gusi kita.

About these ads

95 Tanggapan to “TRIK CEPAT CARA MENGHILANGKAN KARANG GIGI”

  1. Gigi putih sehat terawat adalah dambaan semua manusia tentunya……saya ingin selalu gigi saya terlihat putih bersih.

    Tetapi bagaimana menghilangkan karang gigi pada bagian dalam gigi….dan itu sangat mengganggu sekali buat saya. padahal saya rajin sekali sikat gigi dan setelah makan selalu sikat gigi. karena saya tidak mau gigi saya berlubang. thankz sudah berbagi informasi salam kenal.

    Bali Villa, Bali Villas, Bali Property

    • danang said

      anda cukup pergi ke dokter gigi….karang gigi hanya bisa dibersihkan pada ahlinya (dokter gigi)..biayanya tidak lebih dari 100rb Kok !

  2. makasih yah sarannya!
    Ntar aku coba ah.

  3. CAHYOKO said

    Kira2 kalau ke dokter harus ngeluarin duit berapa ya. . . Dan ada gak obat atau cairan yg dapat menghilangkan karang gigi. pleas jawab ya. aku dah kena karang gigi dah lama nih. .

  4. syalvia said

    bagaimana dengan tips pembersihan karang gigi untuk yg berbehel/kawat gigi ? apakah sama? thx

    • joe said

      Ada beberapa yg perlu dilakukan :Rajin2 lah membersihkan gigi setiap makan, selalu sediakan tusuk gigi. Serta jangan lupa untuk membawa sikat gigi untuk bersihkan sisa-sisa makanan yang nempel di bracket. Gunakan sikat gigi khusus untuk perawatan orthodonti atau sikat gigi anak-anak, yang bulu sikatnya lembut agar tidak merusak bracket. Kontrol gigi sesuai jadwal yang ditentukan dokter. Iris kecil-kecil semua makanan yang masuk dan kunyah secara perlahan-lahan. Bila memakai karet elastik atau head gear, pasang sesuai dengan petunjuk dokter gigi.

  5. lia said

    makasih sarannya.. ..

  6. nesa said

    duh, padahal saya rajin gosok gigi dan menggunakan mounthwash, tapi kenapa ya gigi saya ada karang giginya??? saya jadi gak pede kalo tertawa ato tersenyum lebar!!!! tolong donk, ada tips lain gak untuk menghilangkan karang gigi selain pergi ke dokter gigi.

    trimakasihhhh

  7. Oki Bimantara said

    Kata teman yang pernah perawatan / membersihkan karang gigi ke docter gigi ga ada efeknya/manfaatnya biasa aja tuh malah sakit semua gusinya waktu itu! BENERKAH?….

    • D'kom moetz said

      Bsa g mmbersihkn krang gigi tnpa hruz k doktr gigi??

      • ruby deviana said

        1. Menyikat gigi dengan benar minimal dua kali sehari.
        Bagian gusi juga mesti kita bersihkan. Gusi bagian atas dengan menggosoknya ke arah atas ke bawah, sedangkan untuk gusi rahang bawah dari arah bawah ke atas.
        2. Biji asam kawak bisa kita gunakan untuk menghilangkan karang gigi.
        Caranya sangrai biji asam kawak, kemudian haluskan dengan cara diblender atau ditumbuk. Bubuk dari biji asam kawak bisa kita gunakan untuk menggosok karang gigi dengan bantuan sikat gigi atau kapas.
        3. Cengkeh juga bisa kita gunakan untuk membersihkan karang gigi.
        Siapkan cengkeh sebanyak 7 buah. Tumbuk halus dan hasilnya kita gunakan untuk menggosok karang gigi. Bubuk cengkeh ini bisa pula kita gunakan untuk berkumur.

  8. ueki said

    thk

  9. putri said

    Thanks banget sarannya.

  10. viola said

    gimana caranya menghilangkan karang gigi pada orang yg giginya tidak rapi? kan susah,biarpun udah rajin sikat gigi

  11. riska said

    bagaimana ya cara menghilangkan karang gigi tanpa harus di dibawa ke dokter….

  12. Tips Cara Mencuci Pakaian Agar Awet Dan Tahan Lama said

    tips2nya sangat bermanfaat akan sya cba,,trima ksh dan slm kenl

  13. gigih said

    kira2 berapa biaya yang harus di keluarkan buat membersih karang gigi ke dokter gigi? :)

  14. aini rakha said

    kalau ke dokter gigi bisa gak pakai Askes PNS ?

  15. Anduro amugato he jemjangi nalro munasina alnaro mocinigi nichi hana

  16. Aldo said

    Saya ranjin gosok gigi tapi kenapa masih ada karang ya ?

  17. Lalu kenapa lama lama karang tersebut menyebar ?

  18. Chacha said

    q spendapat ma riska,aldo and nesa. tlong share tips lg, tnpa hruz ke dokter…. thanks…..

  19. ani said

    ok deh kalau gitu ntar Q coba pg k dktr gi2 n’ mksh u/ infox

  20. Misman said

    Masalah y yg ada karang gigi y yg gi2 sblh kiri yang tdk untk mengunyh

  21. noviana said

    kira-kiranya biayanya sampai berapa untuk mengatasi karang gigi dan gigi berlubang ?

    agar qh ada persiapan untuk menabung dan gigi berlubang agar tdk semakin melebar..

    balas ea ?
    thank’s

  22. ana said

    apa benar membersihkan karang gigi bisa membuat gigi kita cepat otek (gak kuat lg)??

  23. ass said

    mana trik’a nih … salah judul nih …
    ini sih cuma kiat sblum trjadi karang gigi ..
    mohon Judul segera di ralat …

  24. ODE said

    Kira2 bisah kambuh lagi gak plak..stelah kdokter gigi?

  25. ODE said

    Kira2 bisah kambuh lagi gak itu plak..stelah kdokter gigi?

  26. ITHA said

    APAKAH KARANG GIGI BISA HILANG DAN GIGI KITA KEMBALI BERSIH SEPERTI SEBELUMNYA,,,,?

  27. intan cute said

    mkce info’a .. y . plak di gi2 aQ bertumpuk nie. tp infony akn q coba

  28. jadi gak bisa hilang dengan obat kumur ya?

  29. yudi said

    makasih atas sarannya

  30. Bhaya ne, mksih infonya mdah2an cpat dpat duit

  31. Trm ksh.

  32. DAHSYAT said

    harus pergi ke dokter gigi setiap 3 bulan

  33. putri said

    apa ada cara lain menghilangkan karang gigi?

  34. clara said

    mana ni caranya kok ga ada sih?

  35. Tips-nya OK Banget,Terima Kasih & Sukses

  36. adhienk said

    ktae trik cepat,,,
    bukan malah ngasih trik malah nyruh pergi k dkter,,
    klo itu mah,,,smw orang dah tau,,,gk pas sm judulnya.

  37. viona said

    Karang gigi dapat menyebabkan gigi goyang dan mudah tanggal karena penurunan gusi, gusi bengkak, gusi berdarah terutama saat menyikat gigi, dan halitosis (bau mulut). bisa juga tangan kiri anda copot

  38. gyan said

    halo..saya penderita karang gigi yg udah tebal dan keras, bahkan gusi saya sering berdarah bhkan bernanah, udah lama gak sembuh, apa masih bsa dibersihkan truz gusi saya bsa gk sembuh.trims

    • Ayu said

      bagusnya ke doktr gigi aja.. coz di dktr gigi juga kan ada perawatan selain cabut gigi n bersihkan gigi. coba aja insya Allah ada obatnya. buruan deh sblum tmbah parah kawan…..

      • livhany said

        kalo udah parah , selain giginya harus di cabut masih bisa di bersihin ajh ga ? terus klo bersihin karang ke dokter itu sakit ga sih

  39. Yolanda mela ningsih said

    Mank gak adda cara tradisional bwt ilank-in nyaa ?

  40. nauval said

    kesehatan gigi iti penting sekali
    orang yang jarang sikat gigi , bisa jadi nanti dia akan menyesal karna , giginya akan rusak sebelum menjadi tua
    dan ternyata makanan yang ada sekarang juga berdampak besar pada kesehatan gigi, karna kasus gigi yang bermasalah pada zaman dahulu lebih sedikit dari pada dewasa ini
    itu karna makanan yang ada disekeliling kita mengandung zat zat yang ternyata bisa menjadikan gigi keropos

  41. Clara said

    Biaya tuk scaLLing thu kira2 brapa ea ? Mohon jwbn na d0nk. Thx be4 it.

    • joe said

      Biaya scaling yang dikenakan oleh dokter gigi kepada pasien sangat bervariatif. Namun umumnya perawatan scaling dikenakan biaya mulai dari Rp 150-200 ribu.

  42. ba_Ul said

    da gk cra mmbersihkn karang gigi scara alami cz uda nmpuk dn bau mulut jd gk pede,, low k dkter gigi gk pux uang neh blz

  43. luluvera said

    biasanya membersihkan karang gigi didokter gigi dikenakan pembayaran berpa?? thanks atas infonya.. bls

  44. dokter gigi di tegal tempat’y dimana saja?
    Kira kira biaya untuk membersihkan karang pada gigi nyampe berapa?
    Thanks

  45. Teguh said

    untuk membersihkan karang gigi ,biayanya brapa bwat ke dokter gigi?

  46. Wahyu said

    Bagus. Tapi kurang detil dg hal hal yg bisa dilakukan sendiri unt pembersihannya.

  47. Viecha said

    Kira” brapa biaya buat brsihn plak d dokter gigi

    • joe said

      Variatif, tergantung banyaknya plak dan tiap-tiap dokter berbeda dalam menentukan tarif. antara 150ribu-300 ribuan

  48. sanji asdi said

    gmna cra mnghilangkan plak pda gigi, tanpa harus k dokter
    dari kecil ku mengalami masalah ini,

  49. Hany Yany said

    makasih wat info nya,,,

  50. ada gak ya alat yg bisa dipake sendiri tanpa harus ke dokter gigi?

  51. Da gx sih obat herbal.a ?

  52. lllllaaaaaaaa side badak bae tan ite ape isik jak ilangan karang lek gigi ne,,,,,,,
    pri jok dokter gigi,,,,,,,
    badak ite maehhhhh,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    ta tunggu jawaban.a,,,,,,,,,,,,,,,,,,,???????????????????????

  53. asnal said

    kl di medan dimana….tmp dokter gg….biasan pakek apa mrk bersihkn selain scaling?????????

    dijamin ga gg ta kan rusak???????

  54. Intan Widora said

    Wah info keren nieh.. :)

  55. fuck said

    obat alaminya ada gak?

  56. ibuguru said

    Alhamdulillah saya rutin membersihkan karang gigi di Puskesmas murah hanya 50.000.Jadi ayo jangan ragu untuk menjaga kesehatan dan penampilan

  57. oxcell said

    klo misalnya karang giginya sudah nempel bgt di gigi geraham , gimana cara penanggulangannya?…

    thx:)

  58. rahma said

    malu aah qlo k dokter gigi

  59. Ayu said

    G. usah malu ke dkter gigi… itu kan demi kesehatan juga. kl karang gigi dah di bersihkan nafas jd segar dan keliatan gigi nampak putih bersih….cuma kadang agak ngilu dikit. tp ga sakit ko’ coba aja deh….

  60. admin said

    terima kasih ats infonya

  61. rina trisnawati said

    duh gua kena karang gigi nih,gua malu buat ke dokter gigi..
    .gmana ea bwt membasmi nya..slain hruz ke dokter gg.

  62. Irda said

    Ksih cara yg alaminya donk., mau ke dokter tp rasanya malu yaa..

  63. fan said

    gigi sya dah brlubang dibawahx akibat krang gigi,,pdhal rajin sikat gigi,,mouthwash,,kumur2,,eh yg ada malah retak2 trus rontok kecil2,,parahx terakhir dgosok malah goyang ni gigi,,bagusx ditambal ato diganti gigi palsu yah kalo ntar goyangx makin keras??

  64. wow jadi ngeri nih dengan yang namanya karang gigi…tips yang sangat bermanfaat dan wajib dicoba nih…terimakasih sudah memberikan ulasan menarik ini. Salam keanal semuanya :)

  65. wah ternyata ada cara yang bisa dipraktekkan ya buat ngehilangin kaarng gigi yang membandel …saatnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi biar sehat dan tampilan gigi yang bersih :)

  66. Ravi Sentosa said

    Nice Info , …

  67. Fattah said

    Kalau gigi berlubang gimana caranya..,? Please ya.. Di jawab..

  68. Fattah said

    Kalau gigi berlubang gimana caranya untuk mengobatinya..,? Please ya.. Di jawab..

  69. Ana said

    Ada info ga ktnya ini msh bln prwtn gigi gratis

  70. der said

    saya kuning di gigi depan kaya karang gigi, tpi kta dokter bkan tpi bawaan kandungan,, gmna yah membersihkannya .. ????

  71. sapta tony said

    Oooo gt

  72. daripada said

    gigi saya berkarang

  73. siti said

    harga menghilangkan karang digi2 kr2′brapa?please reply,,,thank u

  74. siti said

    harga menghlangkan krang digi2 kr2 barapa?please replay,,,,thang u,,,,!

  75. energetic said

    kira” sakit ndk kalau pas dibersihin..?
    minta jawaban yg pasti dan cepat..!

  76. linda said

    kl gigi qt berlubang di atas,itu bs di cabut ga?

  77. indah permata said

    gmna cara nya membersihkan flek hitam hitam di depan mulut tanpa harus di bwa ke dokter gigi?,,,apakah cara nya menggosok gigi min 2x sehari?

  78. ria said

    ducchh saya dh 2 x tu bersihin karang gigi,pertama diDr spesialis gigi,alamak biayanya 700 ribu termsuk obat,truz saya keklinik gigi biayanya 150 ribu tidak termasuk obat,gigi saya emank sensitif,sdah rajin gosok gigi,paka mouthwash jga,tpi masih aj karang gigi cepet banget datang lgi,ini rencana dlam blan ini mw k Dr gigi lgi uukhhhh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 35 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: