AKPER PEMKOT TEGAL

Hidup adalah Proses Belajar dan Berjuang Tanpa Batas

SILABUS KEPERAWATAN ANAK I

Posted by joe pada 03/03/2010

SILABUS

1.      Identitas mata Kuliah

Nama Mata Kuliah            : KEPERAWATAN ANAK I

Kode                                                       : WAT. 3.03

Beban /Jumlah SKS                          : 4 sks (2 sks teori, 2 sks praktek)

Penempatan                                        : semester IV

Prasyarat                                              : KDM, KDK, KMB I, KMB II

Jumlah minggu / pertemuan        : 16 / 58 TM

Kordinator                                           : Suparjo, S.Kep. Ns

Pengampu                                             : dr. H. R. Setyadi, Sp.A

dr. Dwi Anik E.S, Sp.A

Catur Warih A, S.Kep. Ns

Maria Ulfa, S.Kep. Ns

Sri Lestari, S.Kep. Ns

2. Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar keperawatan anak, masalah kesehatan yang lazim terjadi pada anak dalam hubungannya dengan keluarga dan pemecahannya dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Penekanan asuhan keprawatan ditujukan pada upaya peningkatan, pemeliharaan dan pemulihan kesehatan dalam konteks keluarga.

Proses belajar mengajar dilaksanakan dengan metode ceramah, penugasan & praktikum di laboratorium secara individu maupun kelompok.

3. Garis Besar Mata Kuliah

a. Konsep dasar keperawatan anak

1)     Perspektif perawaan anak.

2) Pendekatan Family centre care.

3)     Atraumatic care

b. Pertumbuhan dan perkembangan anak.

c. Konsep hospitalisasi

d. Konsep bermain sebagai intervensi keperawatan anak

e. Sistem Perlindungan anak di Indonesia

f. Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS)

g. Masalah masalah kesehatan yang lazim terjadi pada anak

h. Konsep asuhan keperawaan pada anak sehat

i. Konsep asuhan keperawatan  pada anak sakit

j. Konsep asuhan keperawaan bayi resiko tinggi

k. Tindakan khusus pada anak sehat, anak sakit dan bayi resiko tinggi:

-Bimbingan antisipasi (anticipatory guidance)

-Aplikasi pendidikan kesehatan pada anak dan orang tua

-Tindakan hasil kolaborasi: pemberian imunisasi

-Bermain sebagai intervensi keperawatan

-Pencegahan infeksi silang

-Perawatan bayi dengan foto terapi

4.  Standar Kompetensi

a. Mampu melaksanakan asuhan keperawatan pada anak sehat                           (Kompetensi 17)

b. Mampu melaksanakan asuhan keperawatan pada anak sakit                             (Kompetensi 18)

c. Mampu melaksanakan asuhan keperawatan pada anak bayi resiko tinggi    (Kompetensi 19)

5.  Kompetensi dasar /Sub Kompetensi

a. Mampu melaksanakan asuhan keperawatan pada anak sehat

  • Melakukan pengkajian keperawatan pada anak sehat
  • Merumuskan diagnosa keperawatan pada anak sehat
  • Membuat perencanaan keperawatan pada anak sehat
  • Melakukan tindakan kolaboratif dalam pemberian imunisasi
  • Pendidikan kesehatan pada anak sehat
  • Melaksanakan bimbingan antisipasi
  • Melaksanakan evaluasi keperawatan pada anak sehat
  • Melaksanakan dokumentasi asuhan keperawatan pada anak sehat

b. Mampu melaksanakan asuhan keperawatan pada anak sakit

  • Melakukan pengkajian keperawatan pada anak sakit
  • Merumuskan diagnosa keperawatan pada anak sakit
  • Membuat perencanaan keperawatan pada anak sakit
  • Pendidikan kesehatan pada anak sakit
  • Melaksanakan program bermain
  • Melaksanakan evaluasi keperawatan pada anak sakit
  • Melaksanakan dokumentasi asuhan keperawatan pada anak sakit

c. Mampu melaksanakan asuhan keperawatan pada anak bayi resiko tinggi

  • Melakukan pengkajian keperawatan pada bayi resiko tinggi
  • Merumuskan diagnosa keperawatan pada bayi resiko tinggi
  • Membuat perencanaan keperawatan pada bayi resiko tinggi
  • Melaksanakan perawatan bayi dengan foto terapi
  • Melaksanakan pencegahan infeksi silang
  • Melaksanakan evaluasi keperawatan pada bayi resiko tinggi
  • Melaksanakan dokumentasi asuhan keperawatan pada bayi resiko tinggi

6.  Evaluasi

a. Observasi Penampilan / Sikap / Psikomotor : BOBOT 1

1)     Quis Harian

2)     Pengamatan Praktik Mahasiswa           

3)     Seminar

b. Observasi Kognitif :

1)     Mid Test   : BOBOT 2

2)     UAS          : BOBOT 3

7.  Sumber Kepustakaan                                      :

  1. Bagian Ilmu Kesehatan Anak Fak. Kedokteran UI, 1991, Buku Ajar Ilmu Kesehatan Anak, Jakarta
  2. Mayers, M., 1995, Clinical Care Plans : Pediatric Nursing, Mosby, St. Louis
  3. Muscari, Mary E, ………..Keperawatan Pediatrik, ……….
  4. Sacharin, Rosa M, 1995, Prinsip Keperawatan Pediatrik, EGC, Jakarta
  5. Supartini, Yupi, 2002, Konsep Dasar Keperawatan Anak, EGC, Jakarta
  6. Sutjiningsih, 2004, Pertumbuhan dan Perkembangan Anak, EGC, Jakarta
  7. Surasmi, Handayani, Kusuma, 2002, Perawatan Bayi Resiko Tinggi, EGC, Jakarta
  8. Whaley, Wong, D.L., 2000, Children’s Nursing, Mosby, St. Louis
  9. Whaley, Wong, D.L., Clinical Manual  of Pediatric Nursing, Mosby, St. Louis
  10. Whaley, Wong, D.L., 2000, Nursing Care of Infants and Children, Mosby, St. Louis

8. Jadwal Kegiatan Pembelajaran

Kompetensi No 17 : Mampu melaksanakan asuhan keperawatan pada anak sehat

No TM/ Hari / Tgl TIU / TPU / Sub kompetensi TIK / TPK / Kriteria Pencapaian / Indikator Materi

( Topik / Sub Topik )

Pengampu

Metode

Waktu Evaluasi Buku Sumber
1. 1 Melakukan pengkajian pada anak sehat Menjelaskan perspektif keperawatan anak dan kebijakan nasional tentang kesehatan anak Perspektif keperawatan Anak

  • Trend keperawatan anak
  • Mortalitas dan morbiditas anak
  • Prinsip keperawatan anak
  • Perbedaan keperawatan anak
  • Peran perawatan anak
  • Konsep Hospitalisasi
  • Atraumatic Care
Suparjo,Ns CTJ 100’ Lisan

Tulis

5
2. 1 Menjelaskankan konsep keluarga dalam ’family centre care; pada anak sehat Konsep family centre care dalam perawatan anak

-        Pengaruh budaya, social dan agama dalam perawatan anak

-        Pengaruh keluarga dalam perawatan anak

-        Kedudukan anak dalam keluarga

Catur Warih ,Ns CTJ 100’ Lisan

Tulis

4,5,8,9,10
3. 1 Mendemonstrasikan konsep & prinsip komunikasi pada anak & orang tua  dlm melakukan pengkajian pada anak sehat Komunikasi dalam pengkajian keperawatan anak

-        Pengertian komunikasi

-        Prinsip komunikasi pada anak

-        Faktor yang mempengaruhi

-        Tehnik komunikasi

-        Pendekatan komunikasi dalam pengkajian keperawatan anak sesuai tumbuh kembang

Maria Ufa,Ns Praktek 100′ Lisan

Prosedur tindakan

4,5,8,9,10
4. 2 Menjelaskan konsep penilaian

tumbuh kembang

Konsep pertumbuhan dan perkembangan. Catur Warih, Ns CTJ 100’ Lisan

Tulis

1,3,6,8,9,10
5. 3 Mendemonstrasikan penilaian tumbuh kembang Pengkajian tumbuh kembang anak

  • Pengukuran antropometri ( WHO NCHS dan IMT )
  • Penilaian kebutuhan nutrisi dan cairan
  • Pemeriksaan Denver
Catur Warih, Ns Praktek 100’ Lisan

Prosedur tindakan

1,3,6,8,9,10
6. 4 Merumuskan diagnosa keperawatan yang dapat terjadi pada anak sehat Mendemonstrasikan penggunaan konsep berpikir kritis dalam merumuskan diagnosa keperawatan pada kasus anak sehat Interpretasi hasil pemeriksaan tumbuh kembang anak Catur Warih,Ns Praktek 100’ Lisan

Prosedur tindakan

1,3,6,8,9,10
7 2 Membuat perencanaan keperawatan pada anak sehat Menjelaskan jenis intervensi keperawatan yang dapat dipilih:

-Melakukan tindakan kolaboratif dalam pemberian imunisasi

-Melaksanakan bimbingan antisipasi

Konsep Imunisasi Maria Ulfa,Ns CTJ 100’ Lisan

Tulis

1,5,9
8 3 Melakukan tindakan kolaboratif dalam pemberikan imunisasi pada bayi dan anak Mendemonstrasikan pemberian imunisasi pada bayi dan anak Memberikan imunisasi wajib dasar sesuai PD3I :

  • BCG
  • DPT
  • Polio
  • Hepatitis
  • Campak

Memberikan imunisasi anjuran

Maria Ulfa,Ns Praktek 100’ Lisan

Prosedur tindakan

1,5,9
9 4 Mengaplikasikan pendidikan kesehatan pada anak sehat Mendemonstrasikan  pendidikan kesehatan tentang gizi pada anak, stimulasi tumbuh kembang, toilet training dan imunisasi Pendidikan kesehatan :

  • Gizi
  • Imunisasi
  • Stimulasi tumbuh kembang dengan bermain
  • Toilet training
Maria Ulfa,Ns praktek 100’ Lisan

Prosedur tindakan

1,5,9
10

.

2 Melaksanakan bimbingan antisipasi ( anticipatory guidance) Mendemonstrasikan teknik bimbingan antisipasi pada anak dan orang tua Bimbingan antisipasi pada orang tua sesuai usia anak ( anticipatory guidance care ) Suparjo,Ns Praktek 100’ Lisan

Prosedur tindakan

8,9,10
11 3 Melaksanakan evaluasi dan dokumentasi keperawatan pada anak sehat Mendemonstrasikan  evaluasi pada anak sehat evaluasi dan dokumentasi asuhan keperawatan Rencana tindak lanjut pada anak sehat

Pendokumentasian asuhan keperawtan anak sehat

Suparjo,Ns Studi kasus/seminar 100’ Lisan

Tulisan

8,9,10

Kompetensi No 18 : Mampu melaksanakan asuhan keperawatan pada anak sakit

No TM/ Hari / Tgl TIU / TPU / Sub kompetensi TIK / TPK / Kriteria Pencapaian / Indikator Materi

( Topik / Sub Topik )

Pengampu

Metode

Waktu Evaluasi Buku Sumber
12 1 Melakukan pengkajian pada anak sakit Menjelaskan konsep penyakit :

  • Bronchitis
  • Pnemonia
Konsep Medis :

  1. Bronchitis
  2. Pnemonia

-       Pengertian

-       Etiologi

-       Tanda dan gejala

-       Patofisiologi

-       Pemeriksaan diagnosis

-       Pencegahan

-       Pengobatan

dr DWI ANIK E.S, Sp.A CTJ 100’ Lisan

Tulisan

5
13 2 Menjelaskan konsep penyakit :

  • Tuberkulosis
  • Difteri dan Pertusis
Konsep Medis :

1. Tuberkulosis

2. Difteri dan Pertusis

-       Pengertian

-       Etiologi

-       Tanda dan gejala

-       Patofisiologi

-       Pemeriksaan diagnosis

-       Pencegahan

-       Pengobatan

dr DWI ANIK E.S, Sp.A CTJ 100’ Lisan

Tulisan

5
14 3 Menjelaskan konsep penyakit :

  • Meningitis
  • Enchepalitis
Konsep Medis :

  1. Meningitis
  2. Enchepalitis

-       Pengertian

-       Etiologi

-       Tanda dan gejala

-       Patofisiologi

-       Pemeriksaan Diagnostik

-       Pencegahan

-       Pengobatan

dr DWI ANIK E.S, Sp.A CTJ 100′ Lisan

Tulisan

4,5,8,9,10
15 4 Menjelaskan konsep penyakit :

  • Hydrosefalus
  • Kejang Demam
Konsep Medis :

1. Hydrosepalus

2. Kejang Demam

-       Pengertian

-       Etiologi

-       Tanda dan gejala

-       Patofisiologi

-       Pemeriksaan Diagnostik

-       Pencegahan

-       Pengobatan

dr DWI ANIK E.S, Sp.A CTJ 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
16 5 Menjelaskan konsep penyakit :

  • Diare
  • KKP
Konsep Medis :

1. Diare

2. KKP

-       Pengertian

-       Etiologi

-       Tanda dan gejala

-       Pemeriksaan Diagnostik

-       Pencegahan

-       Pengobatan

dr DWI ANIK E.S, Sp.A CTJ 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
17 6 Menjelaskan konsep penyakit :

  • Morbili
  • Chicken pox
Konsep Medis :

1. Morbili

2. Chicken Pox/ varicela

-       Pengertian

-       Etiologi

-       Tanda dan gejala

-       Patofisiologi

-       Pemeriksaan Diagnostik

-       Pencegahan

-       Pengobatan

dr DWI ANIK E.S, Sp.A CTJ 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
18 7 Menjelaskan konsep penyakit :

  • Demam Typoid
  • DHF
Konsep Medis :

1. Demam Typoid

2. DHF

-       Pengertian

-       Etiologi

-       Tanda dan gejala

-       Patofisiologi

-       Pemeriksaan Diagnostik

-       Pencegahan

-       Pengobatan

dr DWI ANIK E.S, Sp.A CTJ 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
19 8 Menjelaskan konsep penyakit :

  • Hirschprung
  • Labiopalatoschizis
Konsep Medis :

1. Hirschprung

2. Labiopalatoschizis

-       Pengertian

-       Etiologi

-       Tanda dan gejala

-       Patofisiologi

-       Pemeriksaan Diagnostik

-       Pencegahan

-       Pengobatan

dr DWI ANIK E.S, Sp.A CTJ 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
20 9 Menjelaskan konsep penyakit :

  • Atresia Esophagus
  • Billiary Atresia
Konsep Medis :

1. Atresia Esophagus

2. Billiary Atresia

-       Pengertian

-       Etiologi

-       Tanda dan gejala

-       Patofisiologi

-       Pemeriksaan Diagnostik

-       Pencegahan

-       Pengobatan

dr DWI ANIK E.S, Sp.A CTJ 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
21 1 Menjelaskan konsep penyakit :

  • BBLR
  • Hiperbilirubinemia
Konsep Medis :

  1. BBLR
  2. Hiperbilirubinemia

-       Pengertian

-       Etiologi

-       Tanda dan gejala

-       Patofisiologi

-       Pemeriksaan Diagnostik

-       Pencegahan

-       Pengobatan

dr. H. R. SETYADI, Sp.A CTJ 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
22 2 Menjelaskan konsep penyakit :

  • ARDS
  • Sepsis
Konsep Medis :

  1. ARDS
  2. Sepsis

-       Pengertian

-       Etiologi

-       Tanda dan gejala

-       Patofisiologi

-       Pemeriksaan Diagnostik

-       Pencegahan

-       Pengobatan

dr. H. R. SETYADI, Sp.A CTJ 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
23 3 Menjelaskan konsep penyakit :

  • Leukemia
  • Anemia
Konsep Medis :

1. Leukemia

2. Anemia

-       Pengertian

-       Etiologi

-       Tanda dan gejala

-       Patofisiologi

-       Pemeriksaan Diagnostik

-       Pencegahan

-       Pengobatan

dr. H. R. SETYADI, Sp.A CTJ 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
24 4 Menjelaskan konsep penyakit :

  • ASD dan VSD
  • PDA
  • Tetralogi Fallot
Konsep Medis :

1. ASD dan VSD

2. PDA

3. Tetralogi Fallot

-       Pengertian

-       Etiologi

-       Tanda dan gejala

-       Patofisiologi

-       Pemeriksaan Diagnostik

-       Pencegahan

-       Pengobatan

dr. H. R. SETYADI, Sp.A CTJ 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
25 5 Menjelaskan konsep penyakit :

  • Wilm’s tumor
  • Femosis
Konsep Medis :

  1. Wilm’ s tumor
  2. Femosis

-       Pengertian

-       Etiologi

-       Tanda dan gejala

-       Patofisiologi

-       Pemeriksaan Diagnostik

-       Pencegahan

-       Pengobatan

dr. H. R. SETYADI, Sp.A CTJ 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
26 6 Menjelaskan konsep penyakit :

  • Cerebral Palsy
  • Spina Bifida
Konsep Medis :

  1. Cerebral Palsy
  2. Spina Bifida

-       Pengertian

-       Etiologi

-       Tanda dan gejala

-       Patofisiologi

-       Pemeriksaan Diagnostik

-       Pencegahan

-       Pengobatan

dr. H. R. SETYADI, Sp.A CTJ 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
27 7 Menjelaskan konsep penyakit :

  • Nefrotik Sindrom
  • Hipospadia
Konsep Medis :

1. Nefrotik Sindrom

2. Hipospadia

-       Pengertian

-       Etiologi

-       Tanda dan gejala

-       Patofisiologi

-       Pemeriksaan Diagnostik

-       Pencegahan

-       Pengobatan

dr. H. R. SETYADI, Sp.A CTJ 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
28 8 Menjelaskan konsep penyakit :

  • Sindrom Down
Konsep Medis :

1. Sindrom Down

-       Pengertian

-       Etiologi

-       Tanda dan gejala

-       Patofisiologi

-       Pemeriksaan Diagnostik

-       Pencegahan

-       Pengobatan

dr. H. R. SETYADI, Sp.A CTJ 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
29 9 Menjelaskan konsep penyakit :

  • Mental Retardation
Konsep Medis :

1. Mental Retardation

-       Pengertian

-       Etiologi

-       Tanda dan gejala

-       Patofisiologi

-       Pemeriksaan Diagnostik

-       Pencegahan

-       Pengobatan

Dr. H. R. SETYADI, Sp.A CTJ 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
30 5 Menjelaskan konsep MTBS Pengantar MTBS Catur Warih,Ns CTJ 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
31 4 Merumuskan diagnosa keperawatan yang dapat terjadi pada anak sakit Menjelaskan Asuhan keperawatan pada sistem pernafasan :

  • Asma
  • Pnemonia
  • TBC
  • Bronchitis
Asuhan keperawatan pada anak :

  1. Asma
  2. Pnemonia
  3. TBC
  4. Bronchitis

-       Konsep dasar

-       Pengkajian

-       Diagnosa keperawatan

-       Intervensi

-       Evaluasi

Suparjo,Ns Seminar 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
32 1 Menjelaskan Asuhan keperawatan pada sistem persyarafan :

  • Meningitis
  • Encephalitis
  • Hydrosepalus
Asuhan keperawatan pada anak :

  1. Meningitis
  2. Encephalitis
  3. Hydrosepalus

-       Konsep dasar

-       Pengkajian

-       Diagnosa keperawatan

-       Intervensi

-       Evaluasi

Sri Lestari,Ns Seminar 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
33 2 Menjelaskan Asuhan keperawatan pada sistem Pencernaan :

  • Diare
  • KKP
Asuhan keperawatan pada anak :

  1. Diare
  2. KKP

-       Konsep dasar

-       Pengkajian

-       Diagnosa keperawatan

-       Intervensi

-       Evaluasi

Sri Lestari,Ns CTJ 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
34 3 Menjelaskan Asuhan keperawatan pada sistem Perkemihan :

  • Nefrotik Sindrom
  • Hipospadia
Asuhan keperawatan pada anak :

  1. Nefrotik Sindrom
  2. Hipospadia

-       Konsep dasar

-       Pengkajian

-       Diagnosa keperawatan

-       Intervensi

-       Evaluasi

Sri Lestari,Ns CTJ 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
35 6 Menjelaskan Asuhan keperawatan pada sistem kardiovaskuler :

  • ASD dan VSD
  • PDA
  • Tetralogi Fallot
Asuhan keperawatan pada anak :

  1. ASD dan VSD
  2. PDA
  3. Tetralogi Fallot

-       Konsep dasar

-       Pengkajian

-       Diagnosa keperawatan

-       Intervensi

-       Evaluasi

Catur Warih,Ns Seminar 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
36 7 Menjelaskan Asuhan keperawatan pada sistem kardiovaskuler :

  • Anemia
  • Leukemia
Asuhan keperawatan pada anak :

  1. Anemia
  2. Leukemia

-       Konsep dasar

-       Pengkajian

-       Diagnosa keperawatan

-       Intervensi

-       Evaluasi

Catur Warih,Ns Seminar 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
37 4 Menjelaskan Asuhan keperawatan pada sistem kardiovaskuler :

  • Demam Typoid
  • DHF
Asuhan keperawatan pada anak :

  1. Demam Typoid
  2. DHF

-       Konsep dasar

-       Pengkajian

-       Diagnosa keperawatan

-       Intervensi

-       Evaluasi

Sri Lestari,Ns CTJ 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
38 5 Membuat perencanaan keperawatan pada anak sakit Mendemonstrasikan cara melakukan :

  • Pemasangan O2
  • Nebulezer
Praktek :

  1. Memasang O2
  2. Nebulezer
Suparjo,Ns Praktek Lab 100’ Lisan

Prosedur tindakan

1,5,9
39 5 Mendemonstrasikan cara melakukan :

  • · Rempelid (RL) pada DHF
Praktek :

  1. Rempelid (RL) pada DHF
Maria Ulfa,Na Praktek 100’ Lisan

Prosedur tindakan

1,5,9
40 6 Mendemonstrasikan cara melakukan :

  • Balance cairan
Praktek :

  1. Balance Caiiran pada anak
Suparjo,Ns Praktek 100’ Lisan

Prosedur tindakan

1,5,9
41 6 Mendemonstrasikan cara melakukan :

  • Memberi makan lewat NGT pada anak
Praktek :

  1. Memberi makan lewat NGT pada anak
Maria Ulfa,Ns Praktek 100’ Lisan

Prosedur tindakan

1,5,9
42 7 Mendemonstrasikan cara melakukan :

  • Water Tepid Sponge / kompres
Praktek :

  1. Water Tepid Sponge / kompres
Suparjo,Ns Praktek 100’ Lisan

Prosedur tindakan

1,5,9
43 7 Mendemonstrasikan cara melakukan :

  • Fisioterapi Dada
Praktek :

  1. Fisioterapi Dada pada anak
Maria Ulfa,Ns Praktek 100’ Lisan

Prosedur tindakan

1,5,9
44 5 Mendemonstrasikan cara melakukan :

  • Perawatan Kolostomi
Praktek :

1. Perawatan Kolostomi

Sri Lestari,Ns Praktek 100’ Lisan

Prosedur tindakan

1,5,9
45 8 Mengaplikasikan pendidikan kesehatan pada anak sakit Mendemonstrasikan pendidikan kesehatan tentang gizi pada anak, perawatan anak panas, pencegahan diare, pencegahan demam berdarah dengue, dampak kemoterapi,pencegahan trauma akibat kejang dan pencegahan infeksi silang Pendidikan kesehatan :

  1. Gizi pada anak
  2. Perawatan anak panas
  3. Pencegahan diare
  4. Pencegahan DHF
  5. Dampak Kemoterapi
  6. Pencegahan trauma akibat kejang / Restrain
  7. Pencegahan infeksi Silang
Maria Ulfa,Ns praktek 100’ Lisan

Prosedur tindakan

1,5,9
46 8 Melaksanakan program bermain Mendemonstrasikan konsep bermain sebagai intervensi keperawatan pada anak yang dirawat dirumah sakit Konsep terapi bermain :

-         Pengertian

-         Klasifikasi

-         Kategori bermain

-         Fungsi bermain

-         Jenis permainan

-         Asuhan keperawatan

Catur Warih,Ns CTJ / Praktek 100’ Lisan

Prosedur tindakan

8,9,10
47 8 Memahami evaluasi dan dokumentasi asuhan keperawatan pada anak dengan penyakit infeksi, non infeksi, pembedahan dan anak bermasalah Menjelaskan evaluasi dan dokumentasi asuhan keperawatan pada anak dengan penyakit infeksi, non infeksi, pembedahan dan anak bermasalah Rencana tindak lanjut pada anak sakit

Pendokumentasian asuhan keperawatan anak sehat

Suparjo,Ns CTJ / seminar 100’ Lisan

Tulisan

8,9,10

Kompetensi No 19 : Mampu melaksanakan asuhan keperawatan pada bayi resiko tinggi

No TM/ Hari / Tgl TIU / TPU              / Sub kompetensi TIK / TPK / Kriteria Pencapaian / Indikator Materi

( Topik / Sub Topik )

Pengampu

Metode

Waktu Evaluasi Buku Sumber
48 6 Melakukan pengkajian dan diagnose keperawatan pada bayi resiko tinggi Melakukan pengkajian keperawatan pada bayi resiko tinggi ;

  • BBLR
  • Hiperbiliruinemia
  • ARDS
  • Tetanus Neonatorum
Asuhan keperawatan pada bayi resiko tinggi

  1. BBLR
  2. Hiperbilirubinemia
  3. ARDS
  4. Sepsis
  5. Tetanus Neonatorum
Sri Lestari,Ns Seminar 100’ Lisan

Tulisan

5
49 9 Melaksanakan intervensi keperawatan pada bayi resiko tinggi Mendemonstrasikan prosdur perawatan bayi dalam inkubator Praktek :

-         Perawatan bayi dalam inkubator

Catur Warih,Ns CTJ 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
50 9 Mendemonstrasikan prosdur pembuatan susu formula Praktek :

-          Pembuatan Susu formula

Suparjo,Ns Praktek 100’ Lisan

Prosedur tindakan

1,3,6,8,9,10
51 10 Mendemonstrasikan pertolongan bayi tersedak Praktek :

-          Pertolongan bayi tersedak

Catur Wari,Ns Praktek 100’ Lisan

Prosedur tindakan

1,3,6,8,9,10
52 7 Mendemonstrasikan Suction pada anak Praktek :

-          Suction

Sri Lestari,Ns Praktek 100’ Lisan

Prosedur tindakan

1,3,6,8,9,10
53 8 Mendemonstrasikan pemberian nutrisi parenteral dan enteral pada anak Praktek :

Pemberian nutrisi parenteral dan enteral pada anak (pasang infuse,syringe pump)

Sri lestari,Ns Praktek 100’ Lisan

Prosedur tindakan

1,3,6,8,9,10
54 9 Melaksanakan perawatan bayi dengan fototerapi Menjelaskan konsep Perawatan bayi dengan foto terapi Konsep fototerapi :

-          Pengertian

-          Tujuan

-          Indikasi

-          Efek samping

-          Prosedur pelaksanaan

Sri Lestari,Ns CTJ 1 00’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
55 10 Mendemonstrasikan Perawatan bayi dengan foto terapi Praktek pengelolaan bayi dengan foto terapi Sri lestari,Ns Praktek 100’ Lisan

Prosedur tindakan

1,3,6,8,9,10
56 9 Melaksanakan pencegahan infeksi silang Menjelaskan konsep pencegahan infeksi silang pada bayi rsiko tinggi Konsep pencegahan infeksi silang pada bayi resiko tinggi :

-          Jenis

-          Prosedur pelaksanaan

Maria Ulfa,Ns Teori 100’ Lisan

Tulisan

1,3,6,8,9,10
57 10 Mendemonstrasikan cara pencegahan infeksi silang Praktek prosedur pencegahan infeksi silang Maria Ulfa,Ns Praktik 100’ Lisan

Prosedur tindakan

1,5,9
58 10 Melaksanakan evaluasi dan dokumentasi keperawatan pada bayi resiko tinggi Mengaplikasi cara membandingkan tujuan dan hasil serta melakukan validasi hasil evaluasi pada bayi dengan resiko tinggi Rencana tindak lanjut pada bayi dengan resiko tinggi

Pendokumentasian asuhan keperawatan pada dengan resiko tinggi

Suparjo,Ns CTJ 100’ Lisan

Tulisan

1,5,9

Direktur Akper Pemkot Tegal                                                                                                                      Kordinator Keperawatan Anak I


Wari Triastri,S.Kp ……………………………………………………………………………………………………..Suparjo, S.Kep.Ns

Penata Tk I                                                                                                                                                NIP. 19820420 200903 1 005

NIP. 19610304 198310 2 001

About these ads

6 Tanggapan to “SILABUS KEPERAWATAN ANAK I”

  1. mobil88 said

    wuih…….Nice Info kawan…
    http://mobil88.wordpress.com mohon ijin komentar
    Sukses terus OK !! :D

  2. Nida said

    good dech..sukses terus yaa

  3. Seno Andrianto said

    LANJUTKAN,,,,,!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  4. BeIbZt said

    Keep Spirit 4 Nursind Profesi>>>>>>>>>.
    Cayo3x>>>>>>>>>>>

  5. Crystal X Apakah ini berlaku untuk para suster?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 35 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: